Mendudukkan Makna Jihad: Studi Analitis-Komparatif Pandangan Fundamentalis dan Modernis

Authors

  • Muhammad Rasyid Ridlo Ma‘had Aly Darusy Syahadah li Ta’hil al-Mudarrisin

DOI:

https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v14i1.2299

Keywords:

Jihad, Fundamentalis, Modernis, Muslim, Peradaban Barat, Peradaban Islam

Abstract

Makalah ini mengkaji lebih dalam tentang makna jihad dalam perspektif kelompok fundamentalis dan modernis dengan studi analitis komparatif. Semenjak dunia Islam dihegemoni Barat, ada usaha pengaburan terhadap syariat jihad, khususnya dalam pemaknaannya. Itu tampak pada pengelompokan Muslim menjadi dua kecenderungan yang kontradiktif dalam memaknai jihad. Pertama, kelompok fundamentalis Muslim. Jihad fundamentalis diidentikkan dengan perang fsik. Kedua, kelompok modernis Muslim. Berbeda dengan fundamentalis, kelompok ini dipandang positif oleh Barat, karena mampu mengadaptasikan Islam dengan nilai-nilai modern. Sehingga tidak terjadi clash antara Islam dan Barat. Kelompok ini juga mengecam jihad fundamentalis. Jihad kalangan modernis diklaim sebagai jawaban terhadap stigmatisasi umat Islam dengan terorisme. Dengan demikian, makna jihad menjadi kabur dan kontroversial. Sebenarnya, fundamentalisme dan modernisme merupakan term yang berasal dari Barat. Kedua term tersebut dimunculkan kalangan akademisi Barat dalam konteks histori keagamaan masyarakat mereka. Tujuannya untuk membedakan dua kecenderungan pemikiran yang kontradiktif dalam agama Kristen. Oleh sebab itu, defnisi fundamentalisme dan modernisme inheren dengan peradaban Barat. Pada hakikatnya, jihad adalah syariat Islam yang memiliki makna komprehensif. Setiap usaha atau jerih payah yang ditanggung orang beriman dalam menghadapi berbagai kesulitan untuk menundukkan hawa nafsunya, dan menegakkan kebenaran, serta melawan kebatilan, adalah jihad. Termasuk di dalamnya jihad berperang melawan musuh Islam. Kalangan yang diklaim sebagai fundamentalis Muslim juga memaknai jihad secara komprehensif tidak hanya perang fsik semata. Klaim Barat bahwa jihad menurut kelompok fundamentalis identik dengan perang fsik dan kekerasan adalah propaganda Barat untuk membendung kejayaan peradaban Islam.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Aziz, dkk. 2013. Jihad Kontekstual. Pekalongan: STAIN Pekalongan Press.

Abdul Baqi, Muhammad Fuad. 1992. Al-Mu‘jam al-Mufahras li al-Fâẓ al-Qur’ân al-Karîm. Beirut: Dâr al-Fikr.

Abdul Mun’im, Abdurrahman. Mu‘jam al-Musṭalaḥât wa al-Fâẓ al Fiqhiyyah. Kairo: Dâr al-Faḍlah.

Abu Dawud. Sunan Abi Dawud, tahkik Muhammad Muhyiddin. Beirut: al-Maktabah al-‘Aṣriyyah.

Al-Adnani, Abu Fatiah dan Abu Laila Abdur Rahman. 2008. Menanti Kehancuran Amerika dan Eropa. Solo: Granada Mediatama.

Ahmed, Akbar S. 1993. Posmodernisme: Bahasa dan Harapan bagi Islam, terj. M. Sirozi. Bandung: Mizan.

Ali, A. Mukti. 1987. Beberapa Persoalan Agama Dewasa Ini. Jakarta: Rajawali.

Al-Ashbahani, Abu Nu’aim. 1409. Ḥilyat al-Awliyâ’ wa Ṭabaqât al-Aṣfyâ’. Beirut: Dâr al-Kutub al-‘Ilmiyyah.

Al-Asymawi, Muhammad Said. 1987. Al-Islâm al-Siyâsiy. Kairo: Sina li Nasyr.

Al-Azdi, Ibnu al-Manashif. T.Th. Al-Injâd fî Abwâb al-Jihâd. T.K.: Dâr Imam Mâlik.

Azra, Azyumaardi, dkk. 2017. Reformasi Ajaran Islam: Jihad, Khilafah dan Terorisme. Bandung: Mizan.

Al-Bajirimi, Sulaiman bin Muhammad. 1995. Tuḥfat al-Habîb ‘alâ Syarḥ al-Khathîb—Ḥâsyiyat al-Bajirimi ‘ala al-Khatîb. Beirut: Dâr al-Fikr.

Al-Banna, Hasan, dkk. 2009. Penggetar Iman di Medan Jihad, Terj. Mahmud H. Muchtarom. Yogyakarta: Uswah.

Bannerman, Patrick. 1988. Islam and Perspective: A Guide to Islamic Society, Politics, and Law. London: Routledge.

Beyer, Peter. 1994. Religion and Globalization. London: SAGE Publications.

Binder, Leonard. 1963. Religion and Politics in Pakistan. California: University of California Press & England: Cambridge University Press.

Borchert, Donald M. 2006. Encyclopedia of Philosophy. USA: Thomson Gale.

Brekke, Torkel. 2011. Fundamentalism: Prophecy and Protest in an Age Globalization. Inggris: Cambridge University Press.

Bruce, Steve. 2003. Fundamentalis Pertautan Sikap Keberagamaan dan Modernitas, terj. Herbhayu A. Noerlambang. Jakarta: Erlangga.

Caplen, Lionel. 1987. Studies in Religious Fundamentalism. London: SUNY Press.

Chehabi, Houchang E. 1989. Iranian Politics and Islamic Modernism: The Liberation Movement of Iran Under Shah and Khomeini. London: I.B. Tauris and Co. Ltd.

Chirzin, Muhammad. 2006. Kontroversi Jihad di Indonesia: Modernis vs Fundamentalis. Yogyakrta: Pilar Media.

Al-Darimi, Abu Muhammad. 2000. Sunan al-Darimi, Tahkik: Husain Salim al-Darani. KSA: Dâr al-Mughny.

Denny, Frederick M. 1987. Islam and the Muslim Community. New York: Herper & Row.

Al-Dhahabi, Syamsudin Abu Abdillah. 1985. Siyâr A‘lâm al-Nubalâ. Beirut: Muassasah al-Risâlah.

Echols, John M. dan Hassan Shadily. 1979. Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Esposito, John L. 1994. Ancaman Islam: Mitos atau Realitas. Bandung: Mizan.

Al-Hakim, Abu Abdullah. 1990. Al-Mustadrak ‘ala al-Ṣaḥîḥayn, Tahkik Mushthafa Abdul Qadir ‘Atha. Beirut: Dâr al-Kutub al-‘Ilmiyyah.

Al-Hasani, ‘Alami Zadah Faidhullahi. 2006. Al-Mu‘jam al-Mufahras li Kalimât al-Qur’ân al-Musammâ bi Fatḥ al-Raḥmân. Damaskus: Dâr Ibn Katsîr.

Hassan, Ahmad. 1976. The Doctrine of Ijma’ in Islam. Islamabad: Islamic Research Institute.

Hjarpe, Jan. 1983. Politic Islam. Stockholm: Skeab Forlag.

Hornby. 1987. Oxford Advance Learner’s of Current English. Oxford: Oxford University.

Huntington, Samuel P. 1996. The Clash of Civilizations and the Remaking of World Order. New York: Simo & Schuster.

Hurras, Muhammad bin Khalil. 1415. Syarḥ al-‘Aqîdah al-Wasaṭiyyah. Al-Khabar: Dâr al-Hijrah li al-Nasyr wa al-Tawzi’.

Husaini, Adian. 2005. Wajah Peradaban Barat: Dari Hegemoni Kristen ke Dominasi Sekular-Liberal. Jakarta: Gema Insani.

Ibnu Abi Syaibah, Abu Bakar. 1409. Al-Kitâb al-Muṣannif fî al-Aḥâdîts wa al-Âtsâr, Tahkik: Kamal Yusuf al-Hut. Riyadh: Maktabah al-Rusyd.

Ibnu Abidin. 1421. Radd al-Mukhtâr ‘ala al-Dûr al-Mukhtâr. Beirut: Dâr al-Fikr.

Ibnu Anas, Malik. 1412. Muwaṭṭa’ Imâm Mâlik, Tahkik: Basyar ‘Iwad & Mahmud Khalil. Beirut: Muassasah al-Risâlah.

Ibnu Karim, Muhammad. 1994. “Wasaṭiyyah Ahl al-Sunnah bayna al-Firaq”, Risalah Doktoral. T.K.: Dâr al-Rayah li al-Nasyr wa al-Tawzi’.

Ibnu Katsir, Isma’il bin Umar. 1419 H. Tafsîr al-Qur’ân al-‘Aẓîm. Beirut: Dâr al-Kutub al-‘Ilmiyyah.

Ibnu Majah. 2009. Sunan Ibnu Mâjah, Tahkik: al-Arnauth, et al. Beirut: Dâr al-Risâlah al-‘Âlamiyyah.

Ibnu Mandzur. 1119. Lisânu al-‘Arab. Kairo: Dâr al-Ma‘ârif.

Ibnu Muhammad, Abu Ishaq Ibrahim. 1997. Al-Mubdi’ fî Syarḥ al Muqni‘. Beirut: Dâr al-Kutub al-‘Ilmiyyah.

Ibnu Rusyd, Abu Walid bin Muhammad bin Ahmad. 1988. Al Muqaddimât al-Mumahhidât li Bayân mâ Iqtaḍahu Rusûm al Mudâwanah min al-Aḥkâm al-Syar‘iyyah. T.K.: Dâr al-Gharb al-Islâmiy.

Ibnu Taimiyyah, Taqiyyuddin. 1995. Majmû‘ Fatâwâ, Tahkik: Abdurrahman bin Muhammad. Madinah: Majma‘ al-Malik Fahd li Ṭibâ‘ah al-Muṣḥaf al-Syarîf.

______. 1999. Al-‘Aqîdah al-Wasîṭiyyah: I‘tiqâd al-Firqah al-Najiyyah al Manṣûrah ilâ Qiyâm al-Sâ‘ah Ahl al-Sunnah wa al-Jamâ‘ah, Tahkik: Abu Muhammad Asyraf. Riyaḍ: Aḍwa’ al-Salaf.

Imran, Abdurrahman bin Hamad Ali. 1390. Al-Jihâd. Riyadh: al-Qâṣim.

Al-Kasani, Ibnu Ahmad. 1986. Badâ’i‘al-Sanâ’i‘ fî Tartîb al-Syarâ’i‘. Beirut: Dâr al-Kutub al-‘Âlamiyah.

Khadhar, Lathifah Ibrahim. 2005. Ketika Barat Memftnah Islam, Terj. Abdul Hayyie Al-Katani. Jakarta: Gema Insani.

Lewis, Bernard. 1988. The Political Language of Islam. Chicago: The University of Chicago Press.

Madjid, Nurcholish. 1987. Islam Kemodernan dan Keindonesiaan. Bandung: Mizan.

Al-Magribi, Abu Abdullah Muhammad bin Muhammad. T.Th. Mawâḥ ib al-Jalîl li Syarḥ Mukhtaṣar al-Khalîl. Beirut: Dâr ‘Âlimi al-Kutub.

Mahendra, Yusril Ihza. 1999. Modernisme dan Fundamentalisme dalam Politik Islam: Perbandingan Partai Masyumi (Indonesia) dan Partai Jama’at al-Islami (Pakistan). Jakarta: Paramadina.

Al-Maraghi, Ahmad Musthafa. 2006. Tafsîr al-Marâghiy. Beirut: Dâr al-Fikr.

Marsden, George M. 2006. Fundamentalism and American Culture. UKA: Oxford University Press.

Al-Nashir, Muhammad Hamid. 2004. Menjawab Modernisasi Islam, Terj. Abu Umar Basyir. Jakarta: Darul Haq.

Nasution, Harun. 1996. Islam Rasional: Gagasan dan Pemikiran. Bandung: Mizan.

Nasution, Harun. 1996. Pembaharuan dalam Islam: Sejarah Pemikiran dan Gerakan. Jakarta: Bulan Bintang.

Oxford University. 1991. The New Oxford Encyclopidic Dictionary. Oxford: Oxford University Press & Syidney: Librex Press.

Oxford University. 1995. Oxfeord Advanced Learner’s Dictionary. Oxford: Oxford University Press.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Al-Qahthani, Sa’id bin Ali. T.Th. Al-Jihâd fî Sabîlillah: Mafûmuhu wa Ḥukmuhu wa Marâtibuhu wa Ḍawâbiṭuhu wa Anwâ‘uhu wa Ahdâfuhu wa Faḍluhu wa Asbâb al-Naṣr ‘ala al-A‘dâ’ fî Ḍaw’ al-Kitâb wa al Sunnah. Riyadh: Maṭba‘ Safîr.

Qardhawi, Yusuf. 2010. Fiqih Jihad: Sebuah Karya Monumental Terlengkap Tentang Jihad Menurut al-Qur’an dan Sunnah, Terj. Irfan Maulana Hakim, dkk. Bandung: Mizan.

Al-Qodhi, Hazem A. 1991. Jihad Wanita Muslimah. Jakarta: Gema Insani Press.

Al-Qurthubi, Muhammad bin Ahmad. 1964. Al-Jâmi‘ li Ahkâm al-Qur’ân. Kairo: Dâr al-Kutub al-Miṣriyyah.

Qutb, Sayyid. 1992. Fî Ẓilâl al-Qur’ân. Beirut: Dâr al-Syurûq.

Rahman, Fazlur. 1979. Islam and Modernity: An Intellectual Transformation. Minneapolis: Bibiliotheca.

Al-Razi, Muhammad bin Abi Bakar bin ‘Abd al-Qadir. 1986. Mukhtâr al-Ṣaḥâh. Beirut: Maktabah Lubnân.

Riff, Michael A (Ed.). 1995. Kamus Ideologi Politik Modern, Terj. Bahasa M. Miftahudin dan Hartian Silawati. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Scruton, Roger. 2013. Kamus Politik, Terj. Ahmad Lintang Lazuardi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Shadily, Hasan, et al. 1980. Ensikopedia Indonesia. Jakarta: Ichtiar Baru–Van Hoeve.

Shepard, William. 1991. Fundamentalism Christian and Islamic, dalam Religion 17. New York: E.J. Brill.

Shihab, Muhammad Quraish. 2009. Tafsir al-Misbah. Ciputat: Lentera Hati.

Singh, Bilveer dan Abdul Munir Mulkhan. 2013. Teror dan Demokrasi dalam I‘dad (Persiapan) Jihad (Perang) Sudut Pandang Kaum Radikal. Kotagede: Metro Episteme.

Smith, S. Stephenson. 1996. The New International Webster’s Comprehensive Dictionary of The English Languange. UK: Trident Press International.

Al-Suyuti, Mushthafa. 1961. Maṭâlib Uli al-Nuhâ fî Syarḥ Ghâyat al Muntahâ. Damaskus: al-Maktab al-Islâmiy.

Al-Syirazi, Ibrahim bin Ali. T.Th. Al-Muhâdhab fî Fiqh al-Imâm al-Syafî‘i. Beirut: Dâr al-Kutub al-‘Ilmiyyah.

Tamam, Abas Mansur. 2017. Islamic Worldview: Paradigma Intelektual Muslim. Jakarta: Spirit Media Press.

Tambayong, Yapy. 2013. Kamus Isme-Isme: Filsafat, Teologi, Seni, Sosial, Politik, Hukum, Psikologi, Biologi, Medis. Bandung: Nuansa Cendekia.

Taylor, Allan R. 1988. The Islamic Question in Middle East Politics. London: Westview.

Al-Thabary, Ibnu Jarir. 2000. Jâmi‘ al-Bayân fî Ta’wîl al-Qur’ân. Beirut: Muassasah al-Risâlah.

Al-Tirmidhi, Muhammad bin ‘Isa. T.Th. Sunan al-Tirmidziy. Mesir: Maktabah al-Halabi.

Uman, Muhammad Nuroddin. 2003. Menanti Detik-Detik Kematian Barat. Solo: Era Intermedia.

Wora, Emanuel. 2010. Perenialisme: Kritik Keras atas Modernisme dan Postmodernisme. Yogyakarta: Pustaka Filsafat.

Al-Zabidi, Muhammad Murtadha al-Husni. 1965. Tâj al-‘Arûs. Kuwait: Pemerintah Kuwait.

Zarkasyi, Amal Fathullah. 2013. “Tajdid dan Modernisasi Pemikiran Islam”, Tsaqafah, Vol. 9, No. 2.

Zarkasyi, Hamid Fahmy. 2008. Liberalisasi Pemikiran Islam. Ponorogo: Center for Islamic and Occidental Studies.

Al-Zuhaili, Wahbah. 1418 H. Al-Tafsîr al-Munîr fî al-‘Aqîdah wa al-Syarî‘ah wa al-Manhaj. Damaskus: Dâr al-Fikr.

______. 2010. Wasaṭiyyat al-Islâm wa Samâḥatuhu. Arab Saudi: Wizârah al-Awqâf al-Sa‘ûdiyyah.Aribusae.

Downloads

Submitted

2018-07-20

Published

2018-05-31