Internalisasi Kultur Keislaman dalam Kegiatan Kehumasan Perguruan Tinggi Berbasis Pesantren

Penulis

  • Sofiyanto Sofiyanto Megister Ilmu Komunikasi Universitas Jenderal Soedirman

DOI:

https://doi.org/10.21111/sjic.v5i2.8527

Kata Kunci:

1, Internalisasi 2, kultur 3, Islam 4, Humas

Abstrak

Hubungan Masyarakat memiliki tanggung jawab sebagai penghubung atau perpanjangan lidah dari organisasi kepada publik ataupun sebaliknya. Sehingga dengan keberadaan seorang Humas kepentingan organisasi dan publik bisa terpenuhi. Universitas Sains Al Qur’an adalah pendidikan tinggi yang lahir tumbuh dan berkembang dalam lingkungan pesantren yang senantiasa berupaya mengembangkan pola pendidikan yang memberikan pemahaman dan transformasi pengetahuan dan nilai yang terkandung dalam Al Qur’an serta pesantren. Terkait praktek dan keilmuan public relations maka menarik untuk dikontruksi bagaimana syariat Islam memandang prinsip kinerja PR. Menjadi penting bagi UNSIQ sebagai Perguruan Tinggi Islam dalam menginternalisasikan kultur keislaman dalam kegiatan kehumasanya sebagai bentuk upaya mewujudkan visi universitas yang Transformatif, Humanis dan Qur’’ani. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan menganai benruk-bentuk internalisasi kultur keislaman dalam kegiatan kehumasan UNSIQ. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara terhadap informan terpilih secara purposive. Hasil penelitian ini menunjukan Universitas Sains Al-Qur’an sudah menunjukkan komitmen untuk menginternalisasikan prinsip-prinsip Islam pada aktivitas manajemen humas atau Public relations mangement based on Islamic principles. Dari hasil penelitian dapat dipahami bahwa terdapat prinsip ajaran Islam yang terkandung di dalamnya sebagai nilai- nilai luhur yang terinternalisasi dalam menjalankan peran tersebut.

Biografi Penulis

Sofiyanto Sofiyanto, Megister Ilmu Komunikasi Universitas Jenderal Soedirman

Saya adalah mahasiswa Megister Ilmu Komunikasi Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto sekaligus tim Digital Marketing Universitas Sains Al-Qur'an Jawa Tengah di Wonosobo.

Referensi

Amilda. (2019). Internalisasi Prinsip-Prinsip Islam dalam Pelaksanaan Manajemen Humas untuk Meningkatkan Reputasi SMK Negeri 2 Palembang. Journal of Islamic Education Management, 53(9), 1–18. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/El-idare/article/download/1907/1787 Bungin, B. (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Rajawali Pers. DetikEdu. (2021). 10 Perguruan Tinggi NU Terbaik Versi Webometrics 2021. Detik.Com. https://www.detik.com/edu/perguruan-tinggi/d-5666161/10-perguruan-tinggi-nu-terbaik-versi-webometrics-2021. Fitriyani. (2012). ISLAM DAN KEBUDAYAAN. Fitriyani, 12, 129–140. Guntoro, G. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Keteladanan dalam Pendidikan Generasi Muda Muslim di Era Global. Sukma: Jurnal Pendidikan, 4(1), 53–72. https://doi.org/10.32533/04104.2020 Hasibuan, S. . M. (2005). Manajemen Sumber Daya manusia. Bumi Aksara. Hudah, N. (2019). Penanaman Nilai-Nilai Islam Dalam Membentuk Akhlak Mulia Melalui Kegiatan Mendongeng di TK Terpadu Nurul Amal Buyuk Bringkang Menganti Gresik. Fikroh: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 12(2), 113–129. https://doi.org/10.37812/fikroh.v12i2.49 Morissan. (2008). Manajemen Public Relations : Strategi Menjadi Humas Profesional. Kencana. Patrianti, T. (2020). Mengelola Citra dan Membangun Reputasi: Studi atas Peran Public Relations di Universitas Muhammadiyah Jakarta. Kais, 1(1), 44–55. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/kais/article/view/6289 Pratiwi, A. N. (2019). Evaluasi Strategi Kehumasan Dalam Mengelola Reputasi Universitas Jenderal Soedirman Sebagai Pusat Pengembangan Sumberdaya Perdesaan Berkelanjutan. Journalism, Public Relations, Media and Communications Studies Journal, 1(1), 50–61. https://journal.unsika.ac.id/index.php/JPRMEDCOM/article/view/3034/1785 Rizal, S. (2019). Humas dalam Perspektif Manajemen Pendidikan Islam. Idarah (Jurnal Pendidikan Dan Kependidikan), 3(1), 16–36. https://doi.org/10.47766/idarah.v3i1.610 Sari, K. (2019). Peran Public Relations dalam Mempertahankan Reputasi Lembaga Penyiaran Sebagai Media Dakwah. Mawa’Izh: Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan, 8(1), 140–159. https://doi.org/10.32923/maw.v8i1.702 Setyaningsih, R., & Subiyantoro. (2013). KEBIJAKAN INTERNALISASI NILAI-NILAI ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KULTUR RELIGIUS MAHASISWA. 12(1), 57–86. Setyanto, Y., Anggarina, P. T., & Valentina, A. (2017). Branding yang Dilakukan Humas pada Perguruan Tinggi Swasta. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, Dan Seni, 1(1), 171. https://doi.org/10.24912/jmishumsen.v1i1.347 Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alafabeta. Sukarna. (2011). Dasar-Dasar Manajemen. Mandar Maju. Sumpena, D. (2014). Islam dan Budaya Lokal: Kajian terhadap Interelasi Islam dan Budaya Sunda. Jurnal Ilmu Dakwah, 6(1), 101. https://doi.org/10.15575/jid.v6i1.329 Syakur, A., & Panuju, R. (2020). Peran Strategis Public Relation dalam Pengembangan Reputasi Pendidikan Tinggi: Studi Kasus Promosi di Akademi Farmasi Surabaya. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 5(1), 128. https://doi.org/10.28926/briliant.v5i1.439 Wulur, M. B., & Pratama, S. (2021). PENERAPAN KOMUNIKASI EFEKTIF BERBASIS ISLAM DALAM PENGEMBANGAN KARIR. 01(01), 26–34. Yusuf, A. M. (2016). Metode Penelitian : Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan. Prenadamedia Group. Z. Sukawi. (2020). Transformasi UNSIQ Dalam Membangun Peradaban Harmonis, Sinergis, dan Integratif. UNSIQ Press. Karunia, Indhira Hari dkk. (2013). Strategi Humas dalam Meningkatkan Reputasi Sekolah (Studi Kasus SMA Negeri 1 Surakarta. Surakarta : Pendidikan Ekonomi-BBK Admisnistrasi Perkantoran FKIP Universitas Sebelas maret. 1 (2). Purwindra, Margono Benny. (2016). Peran Humas Badan Pusat Statistik Sebagai Pengelola Manajemen Reputasi Di Era Keterbukaan Informasi Publik. Padang : Ilmu Komunikasi Universitas Andalas. Vol 7 (1). Priandono, Tito Edy. (2014). Kepercayaan Klien Terhadap Konsultasi Hubungan Masyarakat. Bandung : Departemen Ilmu Komunikasi SISIP UPI Qoimah. (2018). Membangun Pelayanan Publik Yang Prima: Strategi Manajemen Humas Dalam Penyampaian Program Unggul di Lembaga Pendidikan. Probolinggo : Universitas Nurul Jadid Sung, M., & Yang, S. U. (2008). Toward the model of university image: the influence of brand personality, external prestige, and reputation. Journal of Public Relations Research, 20(4), 357–376. Trimanah. (2012). Reputasi Dalam Kerangka Kerja Public Relations. Semarang: Fakultas Ilmu Komunikasi Unissula. 3 (1). Van Riel, C. B., & Fombrun, C. J. (2007). Essentials of Corporate Communication: Implementing Practices for Effective Reputation Management. New York: Routledge. Wulandari, Retno Ayu. (2012). Strategi Humas dalam Membangun Reputasi Universitas Brawijaya menuju World Class Entrepreneurial University. Malang: Universitas Brawijaya. Yanuar & Deasy. (2021). Kajian Reputasi Organisasi – Studi Kasus RS Omni 2008 – 2009 dan Eiger 2020-2021. Jakarta: Universitas Sahid. Yulista, Year. (2019). Peran Public Relations Dalam Membangun Reputasi Perguruan Tinggi. Bangka Belitung: IAIN Syaikh Abdurrahman Siddik. 2 (1).

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-03-07