The Effectiveness Of Inquiry Learning Communication On Student Learning Outcomes At Smpn 2 Makassar
DOI:
https://doi.org/10.21111/sjic.v4i2.7923Kata Kunci:
Learning Communication, Learning Effectiveness, Inquiry Learning, Learning Outcomes, Komunikasi Pembelajaran, Efektivitas Pembelajaran, Pembelajaran Inkuiri, Hasil BelajarAbstrak
Referensi
Al- Tabany, T. I. B. (2017). mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual: konsep, landasan, dan implementasinya pada kurikulum 2013 (kurikulum tematik integrafik/ KTI). Kencana.Basori, B. (2017). Efektifitas Komunikasi Pembelajaran Online Dengan Menggunakan Media E-Learning Pada Perkuliahan Body Otomotif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, 7(2).Eleazar, R. K., & Irwandy, D. (2021). Komunikasi Persuasif dan Sikap Pada Perundungan dalam Serial Film 13 Reasons Why. Jurnal Lugas, 50(1), 50–57. http://ojs.stiami.ac.idHeksa, A. (2020). Pembelajaran INkuiri di Masa Pandemi. Deepublish.HikmahRamadani, N.(2021). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN I N K U I R I T E R B I M B I N G TERHADAP HASIL BELAJAR P E S E R TA D I D I K PA D A PELAJARAN IPA KELAS V SD ISLAM KHALIFAH PALU. In Jurnal Pembelajaran Matematika dan Sains (Vol. 2, Issue 1).Iriantara,Y.(2014). Komunikasi Pembelajaran. Simbiosa Rekatama Media.Iriantara, Y., & Syaripudin. (2018). Komunikasi Pendidikan. Simbiosa Rekatama Media.Kurniawan, A. W. (2016). Metode penelitian kuantitatif. Pandiva Buku. Made Ayu Suryantari, N., Pudjawan, K., Made Citra Wibawa, I., & Pendidikan Guru Sekolah Dasar,J. (2019). LOGO Jurnal Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 3(3), 316–326. https:// ejournal.undiksha.ac.id/index. php/IJEE Masdul, M. R. (2018). Komunikasi pembelajaran. IQRA Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 13(2), 1–9.Morissan. (2018). Teori Komunikasi: Individu hingga Massa. Prenadamedia Group.Nahar, N. I. (2016). Penerapan teori belajar behavioristik dalam proses pembelajaran. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(1).Naway, D. F. A. (2017). Komunikasi Dan Organisasi Pendidikan. Ideas Publishing.Putra, I. K. D. A. S., Margunayasa, I. G., & Wibawa, I. M. C. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Peta Pikiran terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2).Ruhimat, T. (2017). Kurikulum dan Pembelajaran. PT. Rajagrafindo Persada.Sanjaya, W. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat SatuanPendidikan(KTSP).Kencana.Sanjaya, W. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Kencana.Siregar, S. (2019). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perhitungan Manual Dan Aplikasi SPSS Versi 17. Bumi Aksara.Suryadi, E., Darmawan, D., & Mulyadi, A. (2019). Metode Penelitian Komunikasi: Dengan Pendekatan Kuantitatif. PTRemajaRosdakarya.Wayan Juniati, N., & Wayan Widiana, I. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. In Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar (Vol. 1, Issue 1)