The Effectiveness Of Inquiry Learning Communication On Student Learning Outcomes At Smpn 2 Makassar

Penulis

  • Evi Nurfawali Asbar Hasanuddin university
  • Tuti Bahfiarti Hasanuddin University
  • Muhammad Farid Hasanuddin University

DOI:

https://doi.org/10.21111/sjic.v4i2.7923

Kata Kunci:

Learning Communication, Learning Effectiveness, Inquiry Learning, Learning Outcomes, Komunikasi Pembelajaran, Efektivitas Pembelajaran, Pembelajaran Inkuiri, Hasil Belajar

Abstrak

AbstractThetransition from onlineto offlinelearning occurred during the covid-19 pandemic; this madestudents need time to adapt to the learning process. Therefore, innovation in learning is needed, especially in science subjects, where teachers can choose the suitable learning method; one method that can be used is the inquiry learning method. Thisstudy aimsto: (1) analyzetheeffectiveness of inquiry learning communication on student learning outcomes in science subjects in public junior high school 2 Makassar, and (2) analyze the effect of inquiry learning communication on student learning outcomes in science subjects in secondary schools. The first istheland of 2 Makassar cities. The method used in thisstudy is quantitative with a descriptive correlation approach. The sample in this study amounted to 144 class VIII students with the cluster random sampling technique. The data collection technique used a closed questionnaire with a Likert scale. The results showed that (1) the effectiveness of inquiry learning communication affected student learning outcomes in science subjects at public junior high school 2 Makassar. There is a change in student behavior due to the stimulus carried out by the teacher during the learning process, and (2) There is a positive and significant influence of inquiry learning communication on student learning outcomes. The simple linear regression analysis results show the R Square value of 0.380. This shows that the effect of variable X (effectiveness of inquiry learning communication) on variable Y (student learning outcomes) is 38.0%. AbstrakMasa transisi pembelajaran daring menjadi luring terjadi saat pandemi covid-19, hal ini membuat peserta didik membutuhkan waktu untuk beradaptasi kembalidalam prosespembelajaran. Maka dari itu, dibutuhkan adanya inovasi dalam pembelajaran terutama pada pelajaran IPA (Ilmu pengetahuan Alam), dimana guru bisa memilih metode pembelajaran yang sesuai, salah satunya yaitu metode pembelajaran inkuiri.Adapun tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk: (1) menganalisis efektivitas komunikasi pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPA di SMPN. 2 kota Makassar, dan (2) menganalisis pengaruh komunikasi pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPA di SMPN. 2 kota Makassar. Adapun Metode yang dapat digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif correlation. Sampel penelitian ini berjumlah 144 siswa kelas VIII dengan teknik cluster random sampling. Teknik dalam mengumpulkan data menggunakan angket tertutup dengan skala likert. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Efektivitas komunikasi pembelajaran inkuiri berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPA di SMPN 2 kota Makassar. Dapat dilihat bahwa terdapat perubahan perilaku peserta didik yang diakibatkan karena adanya stimulus yang dilakukan oleh komunikator(guru) pada proses pembelajaran yang berlangsung, dan (2) ada pengaruh positif dan signifikan komunikasi pembelajaran inkuiri terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil uji analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa nilai R Square adalah sebesar 0,380. Hal ini menunjukkan ada pengaruh efektivitas komunikasi pembelajaran inkuiri (Variabel X) terhadap hasil belajar siswa (variabel Y) dengan nilai sebesar 38,0%.

Referensi

Al- Tabany, T. I. B. (2017). mendesain model pembelajaran inovatif, progresif, dan kontekstual: konsep, landasan, dan implementasinya pada kurikulum 2013 (kurikulum tematik integrafik/ KTI). Kencana.Basori, B. (2017). Efektifitas Komunikasi Pembelajaran Online Dengan Menggunakan Media E-Learning Pada Perkuliahan Body Otomotif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, 7(2).Eleazar, R. K., & Irwandy, D. (2021). Komunikasi Persuasif dan Sikap Pada Perundungan dalam Serial Film 13 Reasons Why. Jurnal Lugas, 50(1), 50–57. http://ojs.stiami.ac.idHeksa, A. (2020). Pembelajaran INkuiri di Masa Pandemi. Deepublish.HikmahRamadani, N.(2021). PENGARUH METODE PEMBELAJARAN I N K U I R I T E R B I M B I N G TERHADAP HASIL BELAJAR P E S E R TA D I D I K PA D A PELAJARAN IPA KELAS V SD ISLAM KHALIFAH PALU. In Jurnal Pembelajaran Matematika dan Sains (Vol. 2, Issue 1).Iriantara,Y.(2014). Komunikasi Pembelajaran. Simbiosa Rekatama Media.Iriantara, Y., & Syaripudin. (2018). Komunikasi Pendidikan. Simbiosa Rekatama Media.Kurniawan, A. W. (2016). Metode penelitian kuantitatif. Pandiva Buku. Made Ayu Suryantari, N., Pudjawan, K., Made Citra Wibawa, I., & Pendidikan Guru Sekolah Dasar,J. (2019). LOGO Jurnal Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Media Benda Konkret Terhadap Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar IPA. International Journal of Elementary Education, 3(3), 316–326. https:// ejournal.undiksha.ac.id/index. php/IJEE Masdul, M. R. (2018). Komunikasi pembelajaran. IQRA Jurnal Ilmu Kependidikan Dan Keislaman, 13(2), 1–9.Morissan. (2018). Teori Komunikasi: Individu hingga Massa. Prenadamedia Group.Nahar, N. I. (2016). Penerapan teori belajar behavioristik dalam proses pembelajaran. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(1).Naway, D. F. A. (2017). Komunikasi Dan Organisasi Pendidikan. Ideas Publishing.Putra, I. K. D. A. S., Margunayasa, I. G., & Wibawa, I. M. C. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Peta Pikiran terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD. Mimbar PGSD Undiksha, 5(2).Ruhimat, T. (2017). Kurikulum dan Pembelajaran. PT. Rajagrafindo Persada.Sanjaya, W. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran: Teori dan Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat SatuanPendidikan(KTSP).Kencana.Sanjaya, W. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran. Kencana.Siregar, S. (2019). Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kuantitatif Dilengkapi Dengan Perhitungan Manual Dan Aplikasi SPSS Versi 17. Bumi Aksara.Suryadi, E., Darmawan, D., & Mulyadi, A. (2019). Metode Penelitian Komunikasi: Dengan Pendekatan Kuantitatif. PTRemajaRosdakarya.Wayan Juniati, N., & Wayan Widiana, I. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. In Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar (Vol. 1, Issue 1)

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-08-08