Strategi Komunikasi Perpustakaan Perguruan Tinggi Pesantren dalam Meningkatkan Literasi Informasi Mahasantri

Penulis

  • Saepul Burhan Universitas Darussalam Gontor
  • Yoka Pradana Universitas Darussalam Gontor

DOI:

https://doi.org/10.21111/sjic.v4i2.7898

Kata Kunci:

Strategi Komunikasi, Literasi Informasi, Mahasantri, Perpustakaan UNIDA Gontor, Communication Strategy, Information Literacy, Students, UNIDA Gontor Library

Abstrak

AbstrakPerpustakaan Univeristas Darussalam (UNIDA) Gontor merupakan perguruan tinggi pesantren memiliki peran penting dalam meningkatkan literasi informasi kalangan mahasantri. Data Perpustakaan UNIDAGontor menunjukkan bahwa literasi informasi di kalangan Mahasantri masih rendah, padahal telah dilakukan berbagai program untuk meningkatkan literasi informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi Perpustakaan UNIDA Gontor dalam meningkatkan literasi informasi di kalangan mahasantri. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif, desain studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara pada informan penelitian yang dipilih secara purposive sampling. Selain itu, data dikumpulkan dari observasi dan dokumentasi.Analisis data penelitian dilakukan dengan analisis data interactive model. Hasil penelitian menujukan bahwa strategi komunikasi Perpustakaan UNIDA Gontor dilakukan dengan mengenal khalayak, menentukan tujuan, mendesain pesan dan menentukan metode serta media yang digunakan. Mengenal khalayak dilakukan dengan menganalisis rendahnya kunjungan mahasantri ke perpustakaan. Tujuan komunikasi untuk meningkatkan literasi informasi, pesan yang digunakan mengunakan poster tokoh ulama’ penulis buku dengan sifat pesan persuasi. Saluran komunikasi yang digunakan adalah saluran komunkasi publik dalam bentuk seminar literasi dan sosialisasi literasi informasi di kegiatan OSPEK. Adapun media yang digunakan Perpustakaan menggunakan media cetak buletin dan media sosial instagram. Beberapa aspek dalam startegi komunikasi dilakukan dengan tepat, namun artikel ini menawarkan beberapa aspek yang perlu ditingkatkan dalam strategi komunikasi peningkatan literasi informasi dikalangan mahasantri.AbstractThe Darussalam University Library (UNIDA) Gontoris a boarding school that has an importantrolein improving information literacy among students. UNIDAGontor Library data showsthat information literacy among students is still low, even though various programs have been carried out to improve information literacy. Thisstudy aimsto determinethe communication strategy of the UNIDA Gontor Library in improving information literacy among students. The research method used is qualitative with case study design. Data collection techniques were carried out by interviewing research informants who were selected by purposive sampling. Data were collected from observation and documentation. Analysis of research data was carried out with interactive model data analysis. The results of the study indicate that the communication strategy of the UNIDA Gontor Library is carried out by knowing the audience, determining goals, designing messages and determining the methods and media used. Getting to know the audience is done by analyzing the low number of student visits to the library. The purpose of communication is to improve information literacy, the message used is to use posters of ulama figures, book authors with the nature of persuasive messages. The communication channel used is a public communication channel in the form of literacy seminars and information literacy socialization in OSPEK activities. The media used by thelibrary uses bulletin print media and Instagram social media. Some aspects of the communication strategy are carried out properly, but this article offers several aspects that need to be improved in the communication strategy to increase information literacy among students.

Biografi Penulis

Yoka Pradana, Universitas Darussalam Gontor

Program Studi Ilmu Komunikasi

Referensi

Abidin, Y. Z. (2015). Manajemen Komunikasi: Filosofi, Konsep, dan Aplikasi. In Bandung: Pustaka Setia. CV Pustaka Setia.Admin Sevima. (2020). Pengertian Literasi Menurut Para Ahli, Tujuan, Manfaat, Jenis dan Prinsip.Alam, F. (2013). Kemampuan Literasi InformasiMahasiswaDanPeranan Perpustakaan Dalam Proses Belajar Mengajar Di Perguruan Tinggi. Pustakalika, 5, 92–105.Arifin,A.(1982).strategi komunikasi.Armiko Bandung. Cangara, H. (2013). perencanaan dan strategi komunikasi. PT Raja Grafindo Persada.Cresswell, J. W. (2014). Research Design ; Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches (4th ed.). SAGE Publications.Creswell, J. W. (2015). Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, danMixed (Ketiga). PustakaPelajar.Deden, H. (2014). Pengantar Literasi Informasi. LIterasi Informasi , Ilmu Perpustakaan, Literasi Informasi, 18.Eni Kustanti. (2013). Menyelaraskan Fungsi Perpustakaan Dalam Pengembangan Koleksi Dengan Peraturan Perundangan. Media Pustakawan, 20.Farida Nur Hayati. (2020). Strategi Komunikasi Dinas dan Perpustakaan daerah Kanupaten Karangenyar dalam meningkatkan Pengunjung. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.Gontor, P. U. (2021). Data Kunjungan Perpustakaan UNIDA Gontor. Harmayani. (2018). Strategi Pustakawan Dalam Meningkatkan Literasi InformasiMahasiswa di Perpustakaan B.J. Habibie Politeknik Negeri Ujung Pandang. Alaudin Makasar.Herwatin,A. (2017). Promosi Perpustakaan sebagai Upaya Meningkatkan Literasi Informasi Masyarakat Lua r Kampus Unive r s it a s M u h a m m a d i y a h M a l a n g . LIBRARIA:JurnalIlmuPerpustakaan Dan Informasi, 6(2), 37–52.Holtzhausen, D., Fullerton,J.A., Kay Lewis, B., & Shipka, D. (2021). Principles of Strategic Communication. Taylor and Francis.Imran, B. (2012). Mengenal lebih dekat perpustakaan perguruan tinggi. Iqra’: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi,Kriyantono, R. (2016). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Kencana Prenada Media.Marlina,A.(2019). PeranPerpustakaanDalam Meningkatkan Literasi Informasi Mahasiswa di UPT. Perpustakaan Umat (Issue Agustus). Universitas Muhammadiyah Mataram.Murahman.(2020).StrategiKomunikasiDinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau Dalam Mensosialisasikan Program Pekan Aksi (Aktualisasi Informasi dan Literasi). Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.Rohana, & Ridwan. (2020). Reoientasi Pengembangan Perpustakaan di Era Milenial. JIPER: Jurnal Ilmu Perpustakaan, 2(2), 104–114.Yin, R. K. (2013). Studi Kasus ; Desain & Metode (Terjemahan). PT. Raja Grafindo Persada

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-08-08