Konstruksi Dakwah Berbasis Media Teknologi dan Informasi
DOI:
https://doi.org/10.21111/sjic.v4i2.7753Keywords:
Dakwah, Media Sosial, Konstruksi DakwahAbstract
Penyampaian dakwah di media sosial seperti facebook dan youtube membutuhkan beragam cara agar dakwah tersebut menjadi layak untuk dikonsumsi publik. Mulai dari isi dan konsep audio visual diatur sedemikian rupa dengan tujuan untuk membangun sebuah pesan mampu dipahami dengan baik. Melalui proses ekternalisasi, objektivikasi, dan internalisasi, Ust. Khaliel Anwar melakukan dakwah di Media Sosial yaitu dengan: 1. Sasaran dakwah yang lebih tertuju pada kalangan pelajar, intelektual, kampus, dan perumahan; 2. Isi Pesan dakwah yang disampaikan terkait dengan Tasawuf: Islam cinta kasih; 3. Metode Dakwah yang digunakan adalah Ceramah pendek melalui Facebook (NU Jepang TV) dan Youtube (Taman Cinta); Strategi dakwah yang digunakan beliau adalah Sentimentil dan Rasional, dimana dakwah yang disampaikan mampu menyentuh hati maad’u karena selalu berbicara kedamaian dan dikolaborasi dengan dalil-dalil dan fakta yang mendorong mad’u untuk berpikir, merenungkan, dan mengambil pelajaran.
Downloads
Published
2022-03-09
Issue
Section
Articles