Persepsi Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Orang Tua Siswa pada Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatul Islam Tabanan

Authors

  • Afdal Afdal LSPR Communication & Business Institute
  • Yackie Yackie LSPR Communication & Business Institute
  • A.A. Istri Putri Dwi Jayanti LSPR Communication & Business Institute

DOI:

https://doi.org/10.21111/sjic.v3i1.4607

Keywords:

Perception, Service Quality, Parent Satisfaction, Persepsi, Kualitas Pelayanan, Kepuasan Orang Tua

Abstract

Abstrak Pendidikan merupakan jasa yang dalam hal ini adalah jasa yang diberikan oleh pihak pengelola jasa pendidikan kepada pihak yang menerima secara langsung sesuai dengan standar mutu tertentu. Kualitas dari jasa dalam artian relatif adalah kualitas pelayanan yang sesuai dengan harapan pihak-pihak yang memerlukan dan kepentingan dengan jasa tersebut. Penelitian bertujuan untuk mengetahui persepsi orang tua siswa terhadap kualitas pelayanan yang diberikan oleh Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatul Islam Tabanan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Responden dalam penelitian ini sebanyak 47 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Aapaun teknik analisis data tiap indikator pertanyaan menggunakan Important Performance Analysis. Hasil penilitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan persepsi orang tua siswa terhadap kualitas pelayanan Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatul Islam Tabanan adalah memuaskan. Ini ditunjukkan dari rata-rata nilai item pertanyaan sebesar 3,82. Adapun prioritas utama yang perlu ditingkatkan oleh Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatul Islam Tabanan  adalah ruang belajar yang nyaman, mushola yang memadai, dan peralatan belajar mengajar yang memadai.  AbstractEducation is a service which in this case is a service provided by the management of education services to those who receive it directly according to certain quality standards. The quality of services in the relative sense is the quality of services in accordance with the expectations of those who need them and the interests of these services. The purpose of this study was to determine students 'perceptions of students' quality of service provided by Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatul Islam Tabanan. This research method uses a quantitative approach. Respondents in this study were 47 people. Data collection using a questionnaire. Any data analysis technique for each question indicator uses Important Performance Analysis. The results of this study indicate that overall the perception of parents of students towards the quality of service in Madrasah Tsanawiyah Tarbiyatul Islam Tabanan is satisfactory. This is indicated by the average value of the question items of 3.82. The main priorities that need to be improved by the Tabanan Tsbiawiyah Tarbiyatul Islam Madrasah are a comfortable study room, adequate prayer rooms, and adequate teaching and learning equipment.

References

e.d, e.l. Daftar Satuan Pendidikan Madrasah Tsanawiyah Kec.Tabanan. Diambil tanggal 20 Januari 2020 dari https://referensi.data.kemdikbud.go.id/index11.php?level=3&kode=220303&id=10e.d, e.l. Data Guru, Tendik dan Siswa Mts. Al Amin Tabanan. Diambil tanggal 20 Januari 2020 dari http://emispendis.kemenag.go.id/dashboard/index.php?content=data-statistik&action=lbg_bc&nss=121251020003Gamble, T & Gamble, M (2013). Communication Work. (11th ed.). New York, NY: McGraw-HillKotler, Philip (2006). Manajemen Pemasaran. (1st ed.). Indonesia: PT. Indeks Kelompok Gramedia Kotler, P. and Keller, K. (2016). Marketing Management. (15th ed.). Pearson Education,IncKotler, Philip Dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. (13th ed.) Jilid satu. Jakarta, Indonesia: ErlanggaKotler, Philip & Keller, Kevin Lane. 2009. Manajemen Pemasaran. (13th ed.) Jilid Dua. Jakarta, Indonesia: ErlanggaRakhmat. J. (2005). Psikologi Komunikasi. Bandung, Indonesia: Remaja Rosdakarya.Schiffman, L. dan Kanuk, L. (2007). Perilaku Konsumen. (2nd ed.). Jakarta, Indonesia: PT. Indeks GramediaSolomon, M., Bamossy, G., Askegaard, S., Hogg, M. (2006). Consumer Behaviour: A European Perspective. (3rd ed.). Harlow, England: Prentice HallSupranto, J. (2001). Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan Untuk Menaikkan Pangsa Pasar. Jakarta, Indonesia: Rineka Cipta.Swastha, B., & Handoko, T. H. (2000). Manajemen Pemasaran: Analisis Perilaku Konsumen. Jogjakarta, Indonesia: BPFE. Tjiptono, F., & Diana, A. (2015). Pelanggan Puas? Tak Cukup!. Yogyakarta, Indonesia: AndiTjiptono, F., & Chandra, G. (2016). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta, Indonesia: Andi.Wood, J. (2011). Communication Mossaics. An Introduction to The Field of Communication. Boston, MA: WadsworthZethaml, V., Bitner, M., & Gremler, D. (2013). Service Marketing. New York, NY: McGraw-Hill International Edition

Downloads

Published

2020-07-30