EVALUASI PROGRAM PELATIHAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA UNTUK PENINGKATAN KEWASPADAAN KARYAWAN

Authors

  • Eka Cempaka Putri Universitas Esa Unggul
  • Decy Situngkir Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.21111/jihoh.v8i1.9907

Keywords:

belajar, hasil, reaksi, tingkah laku

Abstract

Pelatihan internal yang dilakukan memerlukan evaluasi untuk melihat apakah pelatihan yang dilakukan sudah efektif untuk meningkatkan kewaspadaan karyawan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meninjau pelaksanaan pelatihan K3 internal dan mengetahui kekurangan dalam setiap tahapan pelatihan sehingga perusahaan dapat membuat pelatihan internal dengan lebih efektif. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan desain study cross sectional. Populasi penelitian ini adalah seluruh karyawan yang mengikuti pelatihan internal di perusahaan dengan jumlah 72 orang dan metode penarikan sampel adalah total sampling. Hasil penelitian pada dimensi reaksi memiliki skor 79%, hasil ini menunjukan reaksi yang baik dari peserta pelatihan. Dimensi belajar mengalami peningkatan pengetahuan sebesar 18%. Dimensi perubahan tingkah laku mengalami peningkatan sebesar 77%. Hasil penelitian pada dimensi hasil menunjukan masih terjadi peningkatan insiden, penurunan pencapaian program HSE dan peningkatan ketidaksesuaian hasil audit di tahun 2022. Hasil ini menunjukan pelatihan internal sudah berjalan dengan baik dibuktikan pada dimensi reaksi, belajar dan perubahan tingkah laku memiliki hasil yang baik namun pelatihan internal belum efektif hal ini dibuktikan dengan masih terdapat kenaikan angka kecelakaan, peningkatan jumlah ketidaksesuaian audit eksternal dan penurunan pencapaian program K3 oleh karena itu pelatihan yang baik dan efektif dapat dilakukan jika Perusahaan menyusun modul sesuai dengan SKKNI. Penyelenggaraan pelatihan dilakukan secara profesional jika dinilai dari segi waktu dan jadwal belajar. Pelatihan internal harus ditunjang dengan sarana dan prasarana yang baik dan berkualitas. Terakhir, pelatih harus dibekali dengan pelatihan TOT (Training of Trainer). Saran untuk penelitian selanjutnya melihat pengaruh hasil evaluasi pelatihan dengan tingkat budaya keselamatan di perusahaan.

References

Indonesia. Undang-Undang No. 1 Tahun 1970 Tentang Keselamatan Kerja. Jakarta: Sekertariat Negara; 1970. p. 1–20.

Sidauruk S. Komitmen Manajemen, Pengetahuan K-3 & Sikap K-3 Dengan Penerapan Smk-3 Pada Pekerja. J Media Kesehat. 2018;7(2):177–84.

Widyanty W. Budaya Keselamatan Kerja Sebagai Faktor Kunci Kinerja Karyawan Pada Perusahaan Tambang Emas. J Dr Manaj. 2020;2(1):129.

Asamani L. Promote Safety Culture and Enhance Safety Performance through Safety Behaviour. Eur J Bus Manag Res. 2020;5(4):1–11.

Darmayanti N. PENGARUH PENERAPAN PROGRAM K3 DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP PRODUKTIVITAS KERJA KARYAWAN. JOM FISIP. 2017;4(2).

Alayyannur PA. Correlation of Management Commitment and K3 Training With Knowledge in Hospital “X.” J Ind Hyg Occup Heal. 2018;2(2):102.

Terok, Y. C., Diana, V. D. D., Hilman A. Hubungan Antara Pengetahuan Tentang Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Dan Tindakan Tidak Aman Dengan Kejadian Kecelakaan Kerja Pada Kelompok Nelayan Di Desa Tambala. Kesmas. 2020;9(1):114–21.

Rukmi HS, Novirani D, Ahmad S. Evaluasi training dengan menggunakan model Kirkpatrick (Stadi kasus Training Foreman Development Program di PT. Krakatau Industrial Estate Cilegon). 5th Natl Ind Eng Conf. 2014;131–8.

Utomo, AP. dan Priskila K. Evaluasi Pelatihan dengan Metode Kirkpatrick Analysis. J Telemat. 2014;9(2).

EL Hajjar ST, Alkhanaizi MS. Exploring the Factors That Affect Employee Training Effectiveness: A Case Study in Bahrain. SAGE Open. 2018;8(2).

Nurhayati Y. Penerapan model kirkpatrick untuk evaluasi program diklat teknis subtantif materi perencanaan pembelajaran di wilayah kerja provinsi kepulauan riau. 2018;(2):170–87.

Effendi M, Zainuddin Z. Implementasi evaluasi model kirkpatrick terhadap kualitas sistem pembelajaran. 2022;8(1):1–8.

Ritonga R, Saepudin A, Wahyudin U. PENERAPAN MODEL EVALUASI KIRKPATRICK EMPAT LEVEL DALAM MENGEVALUASI PROGRAM DIKLAT DI BALAI BESAR PELATIHAN PERTANIAN (BBPP) LEMBANG. J Pendidik Nonform. 2019;

Rahmadani. Effectiveness of Long-Distance Training Using Kirkpatrick Evaluation. J 12 Waiheru. 2022;8(1).

Du J. Research and Practice of Training Effect Evaluation System Based on Kirkpatrick Model—Taking Teacher Training System of Zhejiang Open University as an Example. Chinese Stud. 2021;10(02):123–46.

Pateda SA, Badu RW, Isa AH, Rahmat A. Evaluation of the Kirkpatrick model program on towards class at the Gorontalo District. JournalNX - A Multidiscip Peer Rev J. 2020;6(7):40–7.

Acquaye ADK. A Study of the Awareness of Security and Safety Culture Among Employees Across Organizations. Texila Int J Manag. 2020;2(2001):115–28.

Published

2023-10-18