PEMETAAN DAN ANALISIS KEBISINGAN LALU LINTAS BERDASARKAN JUMLAH KENDARAAN DI PERSIMPANGAN TABEK GADANG, KOTA PEKANBARU

Authors

  • Aryo Sasmita Universitas Riau
  • Muhammad Reza Program Studi Teknik Lingkungan, Universitas Riau
  • Wahyu Akmal Program Studi Teknik Lingkungan, Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.21111/jihoh.v8i1.7238

Keywords:

jam puncak, kebisingan lalu lintas, persimpangan, kota pekanbaru

Abstract

Tingginya mobilitas penduduk menyebabkan keramaian lalu lintas yang berdampak berdampak ke lingkungan di sepanjang jalan yang dilewati kendaraan. Salah satunya adalah peningkatan intensitas kebisingan lalu lintas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengukur intensitas kebisingan, memetakan intensitas kebisingan, dan menganalisis pengaruh antara volume lalu lintas terhadap kebisingan transportasi pada Simpang Tabek Gadang Kota Pekanbaru. Pengumpulan data berupa tingkat kebisingan dan volume kendaraan. Pengambilan nilai kebisingan menggunakan Sound Level Meter (SLM) selama 2 hari, yaitu pada hari Senin pukul 5 hingga 6 sore yang mewakili jam puncak dan pada hari Minggu pukul 6 hingga 7 pagi yang mewakili jam sepi kendaraan. Hasil penelitian menunjukkan tingkat kebisingan pada jam puncak didapatkan sebesar 78,17 dBA – 94,60 dBA. Sedangkan pengukuran kebisingan pada jam sepi kendaraan yaitu sebesar 76,53 dBA – 86,67 dBA. Pola penyebaran kebisingan pada area kebisingan tertinggi yang ditandai dengan warna merah yang memiki rentang kebisingan >90 berada pada titik 2 dan 13. Pengaruh volume lalu lintas pada tingkat kebisingan adalah berbanding lurus, yaitu dengan dengan meningkatnya volume kendaraan akan meningkatkan tingkat kebisingan, Pada jam puncak volume kendaraan terdapat 10.535 unit menghasilkan kebisingan 86,04 dbA, sedangkan pada jam sepi kendaraan dengan jumlah kendaraan 3.246 unit menghasilkan kebisingan 79,96 dbA.

References

Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Pekanbaru. Pekanbaru dalam angka tahun 2020. Des 2021. 350 hal.

Setiawan A. Pengaruh Kecepatan dan Jumlah Kendaraan Terhadap kebisingan (Studi Kasus Kawasan Kos Mahasiswa di Jalan Raya Prabumulih-Palembang Km 32 Indralaya Sumatera Selatan). Jurnal Teknik Sipil dan Lingkungan, Desember 2014; 2(4):609-614.

Iswahyudi. Pengaruh Volume Lalu Lintas Terhadap Kebisingan Yang Ditimbulkan Oleh Angkutan Umum dan Non Angkutan Umum. Jurnal Rekayasa Sipil, Desember 2014; 3(2):1-15.

Saputra RB, dan Indrawati. Profil Pedagang Kaki Lima (PKL) yang Berjualan di Badan Jalan (Studi di Jalan Teratai dan Jalan Seroja Kecamatan Senapelan). Jurnal Oleh Mahasiswa FISIP UNRI, Oktober 2014; 1(2): 1-15.

Sasmita A, dan Osmeiri B. Pemetaan Tingkat Kebisingan dan Analisis Waktu Pemaparan Maksimum pada Industri Pengolahan Karet. Journal of Industrial Hygiene and Occupational Health, Oktober 2021; 6(1):35-48. DOI: http://dx.doi.org/10.21111/jihoh.v6i1.6120.

Asmardayanti SA, Nisa FS, Wardani TL. Hubungan Beban Kerja Fisik Dan Tingkat Kelelahan dengan Stres Kerja Petugas Kebersihan Jalan Kota Madiun. Journal of Industrial Hygiene and Occupational Health, April 2021; 6(1):49-60. DOI: http://dx.doi.org/10.21111/jihoh.v6i1.6181

Nasution, M. Ambang Batas Kebisingan Lingkungan Kerja Agar Tetap Sehat dan Semangat Dalam Bekerja. Buletin Utama Teknik, Sept 2019;15(1): 87-90

Firdaus, Asteriani F, Ramadhani A. Karakteristik, Tipologi, Urban Sprawl. Jurnal Saintis, Oktober 2018; 18(2): 89-108. DOI: https://doi.org/10.25299/saintis.2018.vol18(2).3191.

SNI 8247:2017 tentang Pengukuran tingkat kebisingan lingkungan.

Fazlurrahman MI, dan Susilo BH. Analisis Kemacetan Lalu Lintas Pada Simpang Bersinyal (Studi Kasus: Simpang Ir. H. Juanda – Raya Bogor). Prosiding Seminar Intelektual Muda #1, Inovasi Ilmu Pengetahuan, Teknologi Dan Seni Dalam Perencanaan dan Perancangan Lingkungan Terbangun;11 April 2019: 284-289.

Hartono R, Sylviana R, Nuryati S. Kajian Sinyal dan Geometrik Jalan Persimpangan Jalan MT. Joyomartono Dengan Jalan Tarum Barat –Jalan Chairil Anwar di Kota Bekasi. Jurnal BENTANG, Januari 2017;5(1):62-81.

Rahmatunnisa FG, Sudarwati SG, Sufanir AMS. Analisis Pengaruh Volume dan Kecepatan Kendaraan Terhadap Tingkat Kebisingan Pada Jalan dr. Djunjunan di Kota Bandung. Proceeding Industrial Research Workshop and National Seminar, Juli 2017;8:42-51. DOI: https://doi.org/10.35313/irwns.v8i3.697.

Mahmud AKR, Adisasmitha SA, Hustim H. Prediksi Kebisingan Lalu Lintas di Kota Makassar Menggunakan Model ASJ-RTN 2008. Jurnal Transportasi, Desember 2017; 17 (3): 193-202. DOI:https://doi.org/10.26593/jtrans.v17i3.2865.%25p.

Satoto HF. Analisis Kebisingan Akibat Aktifitas Transportasi pada Kawasan Pemukiman Jalan Sutorejo-Mulyorejo Surabaya. Jurnal Teknik Industri HEURISTIC, April 2018; 15(1): 49-62. DOI: https://doi.org/10.30996/he.v15i01.1519.

Prasetyo PH, dan Assomadi AF. Analisis Pola Kebisingan Akibat Transportasi di Sekitar Area Fasilitas Kesehatan Kota (Studi Kasus: RSUD dr. Soetomo Surabaya). Jurnal Teknik ITS, 2018; 7(1):54-57. DOI: 10.12962/j23373539.v7i1.29148.

Liono MCB, Pelealu OCP, Mengko SK. Tingkat Kebisingan pada Angkutan Umum Jalur Teling-Pusat Kota Manado. Jurnal e-CliniC, Juni 2020;8(1):15-20. DOI: https://doi.org/10.35790/ecl.v8i1.26929.

Published

2023-10-18