The Zero as a Revolutionary Concept

Islam's Contribution to the Modern Mathematics Development

Penulis

  • Ala' Annajib Asyatibi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Fabilla Nimas UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Thohiroh Afifah Universitas Al Azhar Kairo

DOI:

https://doi.org/10.21111/injas.v1i1.10439

Kata Kunci:

Zero, Islamic Contributions, Mathematics, Muslim Scientists

Abstrak

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi modern menjadi pusat dari peran dan kontribusi Islam. Tercatat banyak dari kalangan muslim yang turut serta dalam perkembangan matematika modern dan menyusun kontribusi revolusioner yang membentuk dasar-dasar matematika modern. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode studi literatur (library research), adapun analisis datanya menggunakan content analysis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) memberikan informasi kepada para pembaca mengenai kontribusi Islam dalam perkembangan matematika modern, 2) memotivasi para pembaca agar memiliki semangat belajar seperti halnya para ilmuwan muslim pada masa itu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan ditemukannya angka nol oleh oleh Al Khawarizmi menjadi sebuah konsep revolusioner dalam berbagai bidang ilmu eksakta. Hal ini juga menjadi pertanda bahwa kontribusi para ilmuwan muslim banyak membawa dampak berkelanjutan bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era modern terutama pada bidang matematika modern. Kata Kunci: Nol, Kontribusi Islam, Matematika, Ilmuwan Muslim

Referensi

Arrifada, Yuni, Dewi Rofiqoh, and Kusaeri Kusaeri. “Dinamika Perkembangan Matematika Abad Pertengahan Hingga Munculnya Gerakan Renaissance (Implikasinya Terhadap Pembelajaran Matematika Di Sekolah).†Jurnal Fourier 5, no. 2 (2016). https://doi.org/10.14421/fourier.2016.52.49-56.

Bella, Cinthya. “Peran Ilmu Matematika Dalam Sejarah Peradaban Islam.†Jurnal Pendidikan Matematika 1, no. 3 (2021).

Jailani, Imam Amrusi. “KONTRIBUSI ILMUWAN MUSLIM DALAM PERKEMBANGAN SAINS MODERN.†Jurnal THEOLOGIA 29, no. 1 (2018). https://doi.org/10.21580/teo.2018.29.1.2033.

Khotimah, Husnul. “PERKEMBANGAN LITERASI MATEMATIKA DI INDONESIA.†Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Mulawarman 1 (2021).

Lispika, Lispika. “Sejarah Perkembangan Matematika Dalam Dunia Pendidikan.†Journal of Arts and Education 2, no. 2 (2022). https://doi.org/10.33365/jae.v2i2.67.

Lusiana, Restu, Vera Dewi Susanti, and Tri Andari. “AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika PENGARUH PROJECT BASED LEARNING BERBASIS MEDIA INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS.†Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 8, no. 3 (2019).

Majid, M. Kharis. “Angka Nol Sebagai Kontribusi Muslim Terhadap Matematika Modern.†Kalimah: Jurnal Studi Agama Dan Pemikiran Islam 17, no. 1 (2019). https://doi.org/10.21111/klm.v17i1.2938.

Maula, Ishmatul, Ani Setyaning Pambudi, and Zahrotur Rohmah. “Perkembangan Matematika Dalam Sejarah Peradaban Islam.†Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains 1, no. September (2018).

Parnabhhakti, Lily, and Marchamah Ulfa. “Perkembangan Matematika Dalam Filsafat.†Jurnal Ilmiah Matematika Realistik 1, no. 1 (2020).

Putri, Dini Palupi. “Peran Dan Kontribusi Ilmuwan Muslim Dalam Pembelajaran Matematika.†ARITHMETIC: Academic Journal of Math 1, no. 1 (2019). https://doi.org/10.29240/ja.v1i1.822.

Setiawan, Hasrian Rudi. “Kontribusi Al-Khawarizmi Dalam Perkembangan Ilmu Astronomi.†Al-Marshad: Jurnal Astronomi Islam Dan Ilmu-Ilmu Berkaitan 1, no. 1 (2017).

Shofari, Mohammad Ali. “Kontribusi Ibn Al-Haytham Dalam Ilmu Pengetahuan (Sains).†Jurnal THEOLOGIA 29, no. 1 (2018).

Simanjuntak, Jonathan. “Perkembangan Matematika Dan Pendidikan Matematika Di Indonesia.†Sepren 2, no. 2 (2021). https://doi.org/10.36655/sepren.v2i2.512.

Syah Aji, Rizqon Halal. “KHAZANAH SAINS DAN MATEMATIKA DALAM ISLAM.†SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I 1, no. 1 (2014). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v1i1.1534.

Tarigan, Robin. “PERKEMBANGAN MATEMATIKA DALAM FILSAFAT DAN ALIRAN FORMALISME YANG TERKANDUNG DALAM FILSAFAT MATEMATIKA.†Sepren 2, no. 2 (2021). https://doi.org/10.36655/sepren.v2i2.508.

Wiriani, Wayan Tunti. “Sejarah Serta Perkembangan Matematika Dalam Dunia Pendidikan.†Dunia Ilmu 1, no. 2 (2021).

##submission.downloads##

Telah diserahkan

2023-07-15

Diterima

2023-08-19

Diterbitkan

2023-08-29 — Diperbaharui pada 2024-01-01

Versi

Cara Mengutip

Asyatibi, A. A., Wedhari Ungu, F. N., & Afifah, . T. (2024). The Zero as a Revolutionary Concept: Islam’s Contribution to the Modern Mathematics Development. Indonesian Journal of Islamization Studies, 1(1), 1–19. https://doi.org/10.21111/injas.v1i1.10439 (Original work published 29 Agustus 2023)