The Zero as a Revolutionary Concept
Islam's Contribution to the Modern Mathematics Development
DOI:
https://doi.org/10.21111/injas.v1i1.10439Kata Kunci:
Zero, Islamic Contributions, Mathematics, Muslim ScientistsAbstrak
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi modern menjadi pusat dari peran dan kontribusi Islam. Tercatat banyak dari kalangan muslim yang turut serta dalam perkembangan matematika modern dan menyusun kontribusi revolusioner yang membentuk dasar-dasar matematika modern. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode studi literatur (library research), adapun analisis datanya menggunakan content analysis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) memberikan informasi kepada para pembaca mengenai kontribusi Islam dalam perkembangan matematika modern, 2) memotivasi para pembaca agar memiliki semangat belajar seperti halnya para ilmuwan muslim pada masa itu. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa dengan ditemukannya angka nol oleh oleh Al Khawarizmi menjadi sebuah konsep revolusioner dalam berbagai bidang ilmu eksakta. Hal ini juga menjadi pertanda bahwa kontribusi para ilmuwan muslim banyak membawa dampak berkelanjutan bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di era modern terutama pada bidang matematika modern. Kata Kunci: Nol, Kontribusi Islam, Matematika, Ilmuwan MuslimReferensi
Arrifada, Yuni, Dewi Rofiqoh, and Kusaeri Kusaeri. “Dinamika Perkembangan Matematika Abad Pertengahan Hingga Munculnya Gerakan Renaissance (Implikasinya Terhadap Pembelajaran Matematika Di Sekolah).†Jurnal Fourier 5, no. 2 (2016). https://doi.org/10.14421/fourier.2016.52.49-56.
Bella, Cinthya. “Peran Ilmu Matematika Dalam Sejarah Peradaban Islam.†Jurnal Pendidikan Matematika 1, no. 3 (2021).
Jailani, Imam Amrusi. “KONTRIBUSI ILMUWAN MUSLIM DALAM PERKEMBANGAN SAINS MODERN.†Jurnal THEOLOGIA 29, no. 1 (2018). https://doi.org/10.21580/teo.2018.29.1.2033.
Khotimah, Husnul. “PERKEMBANGAN LITERASI MATEMATIKA DI INDONESIA.†Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Mulawarman 1 (2021).
Lispika, Lispika. “Sejarah Perkembangan Matematika Dalam Dunia Pendidikan.†Journal of Arts and Education 2, no. 2 (2022). https://doi.org/10.33365/jae.v2i2.67.
Lusiana, Restu, Vera Dewi Susanti, and Tri Andari. “AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika PENGARUH PROJECT BASED LEARNING BERBASIS MEDIA INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS.†Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika 8, no. 3 (2019).
Majid, M. Kharis. “Angka Nol Sebagai Kontribusi Muslim Terhadap Matematika Modern.†Kalimah: Jurnal Studi Agama Dan Pemikiran Islam 17, no. 1 (2019). https://doi.org/10.21111/klm.v17i1.2938.
Maula, Ishmatul, Ani Setyaning Pambudi, and Zahrotur Rohmah. “Perkembangan Matematika Dalam Sejarah Peradaban Islam.†Prosiding Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam Dan Sains 1, no. September (2018).
Parnabhhakti, Lily, and Marchamah Ulfa. “Perkembangan Matematika Dalam Filsafat.†Jurnal Ilmiah Matematika Realistik 1, no. 1 (2020).
Putri, Dini Palupi. “Peran Dan Kontribusi Ilmuwan Muslim Dalam Pembelajaran Matematika.†ARITHMETIC: Academic Journal of Math 1, no. 1 (2019). https://doi.org/10.29240/ja.v1i1.822.
Setiawan, Hasrian Rudi. “Kontribusi Al-Khawarizmi Dalam Perkembangan Ilmu Astronomi.†Al-Marshad: Jurnal Astronomi Islam Dan Ilmu-Ilmu Berkaitan 1, no. 1 (2017).
Shofari, Mohammad Ali. “Kontribusi Ibn Al-Haytham Dalam Ilmu Pengetahuan (Sains).†Jurnal THEOLOGIA 29, no. 1 (2018).
Simanjuntak, Jonathan. “Perkembangan Matematika Dan Pendidikan Matematika Di Indonesia.†Sepren 2, no. 2 (2021). https://doi.org/10.36655/sepren.v2i2.512.
Syah Aji, Rizqon Halal. “KHAZANAH SAINS DAN MATEMATIKA DALAM ISLAM.†SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I 1, no. 1 (2014). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v1i1.1534.
Tarigan, Robin. “PERKEMBANGAN MATEMATIKA DALAM FILSAFAT DAN ALIRAN FORMALISME YANG TERKANDUNG DALAM FILSAFAT MATEMATIKA.†Sepren 2, no. 2 (2021). https://doi.org/10.36655/sepren.v2i2.508.
Wiriani, Wayan Tunti. “Sejarah Serta Perkembangan Matematika Dalam Dunia Pendidikan.†Dunia Ilmu 1, no. 2 (2021).
##submission.downloads##
Telah diserahkan
Diterima
Diterbitkan
Versi
- 2024-01-01 (2)
- 2023-08-29 (1)
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Ala' Annajib Asyatibi Asyatibi, Fabilla Nimas Wedhari Ungu, Thohiroh Afifah

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) License Agreement
Authors retain full copyright to their work while granting the Indonesian Journal of Islamization Studies (INJAS) the right of first publication under the Creative Commons Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) License. By submitting their work, authors give the Journal a non-exclusive, worldwide, royalty-free license to reproduce, distribute, display, perform, and adapt the work for lawful purposes in accordance with the CC BY 4.0 terms. Any use of the work must include proper attribution to the author and reference to the license. Authors also affirm that their submission is original, does not infringe on third-party rights, and that they have full authority to grant these rights, while retaining all rights not explicitly transferred to the Journal.

