Pengembangan Model Sistem Dinamik untuk Meningkatkan Kinerja Distribusi Pupuk Urea (Studi Kasus: PT Petrokimia Gresik)

Syauqi Saswatata Nawal Abadi, Erma Suryani, Rully Agus Hendrawan

Abstract

Sektor agraris atau pertanian merupakan salah satu sektor yang dijadikan andalan untuk menggerakan perekonomian indonesia. Untuk menciptakan hasil pertanian yang berkualitas, pupuk menjadi salah satu komponen penting yang dapat meningkatkan kuantitas serta kualitas panen. Agar pupuk tersebut dapat tersalurkan dengan baik hingga sampai ketangan para petani, diperlukan adanya sistem distribusi pupuk yang optimal. Namun, terdapat beberapa permasalahan yang menghambat proses distribusi pupuk tersebut salah satunya adalah pengeluaran biaya distribusi yang cukup tinggi. Mengacu kepada permasalahan tersebut, maka diusulkan penelitian berbentuk tugas akhir ini yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kinerja distribusi pupuk urea pada Kabupaten Mojokerto. Peningkatan kinerja distribusi ini dikhususkan untuk dapat mengurangi biaya distribusi. Penelitian ini menggunakan metode sistem dinamik, yang dipilih karena mampu mendefinisikan sistem distribusi pupuk yang ada dengan baik, serta mampu melakukan simulasi terhadap variabel-variabel yang berkaitan dengan sistem tanpa mengubah jalannya sistem. Setelah model sistem dinamik terbentuk, akan dilakukan tahap penyusunan skenario dengan melakukan pengujian terhadap beberapa input yang berbeda untuk mengetahui dampak pada outputnya. Skenario yang dihasilkan pada penelitian ini adalah skenario untuk menyesuikan jumlah buruh angkut dengan kapasitas produksi dan skenario untuk meminimalkan jumlah pupuk yang rusak. Dengan dilakukannya kedua skenario tersebut, biaya distribusi pupuk urea ke Kabupaten Mojokerto oleh PT Petrokimia Gresik dapat berkurang sebesar Rp143.110.984,00. Dilakukannya penelitian ini sekaligus dapat dijadikan acuan bagi PT Petrokimia Gresik untuk menurunkan biaya distribusi pupuk agar dapat berjalan dengan lebih optimal.

Keywords

Distribusi; Pupuk; Kinerja; Biaya; Sistem Dinamik;

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

References

R. Z. Y. Lasindrang dan A. F. H, “Hubungan Distribusi Terhadap Penjualan (Studi pada Distribusi Pupuk NPK Non Subsidi Area Pemasaran Kalimantan di PT Pupuk Kalimantan Timur),” Jurnal Administrasi Bisnis, vol. 54, pp. 197-206, 2018.

Watiha, A. H. Yusra dan D. Kurniati, “Analisis Saluran Distribusi dan Efisiensi Pemasaran Pupuk Bersubsidi di Kecamatan Selakau Kabupaten Sambas,” Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian, vol. 1, pp. 37-48, 2012.

D. Susilowati, “Efektivitas Sistem Distribusi Pupuk di Kabupaten Malang,” Jurnal Ekonomika-Bisnis, vol. 2, pp. 409-430, 2010.

S. Zdenko, J. Mesarić dan D. Dujak, “Imporance of Distribution Channels - Marketing Channels - for National Economy,” pp. 785-809, 2011.

R. H. Ramadhani, M. Roviq dan M. D. Maghfoer, “Pengaruh Sumber Pupuk Nitrogen dan Waktu Pemberian Urea pada Pertumbuhan dan Hasil Tanaman Jagung Manis (Zea mays Sturt. var. saccharata),” Jurnal Produksi Tanaman, vol. 4, pp. 8-15, 2016.

K. Siregar, Simulasi dan Pemodelan (Aplikasi Untuk Keteknikan Pertanian), Yogyakarta: Deepublish, 2016.

F. Sugiarto dan J. L. Buliali, “Implementasi Simulasi Sistem untuk Optimasi Proses Produksi pada Perusahaan Pengalengan Ikan,” Jurnal Teknik ITS, vol. 1, pp. 236-241, 2012.

J. D. Sterman, Business Dynamics Systems Thinking and Modeling for a Complex World, New York: The McGraw-Hill Companies, 2000.

H. V. Haraldsson, “Introduction to system thinking and causal loop diagrams,” Lunds Universitet, Lund, 2004.

T. Binder, A. Vox, S. Belyazid, H. Haraldsson dan M. Svensson, “Developing System Dynamics Model from Causal Loop Diagram,” vol. 1, pp. 1-21, 2004.

D. C. Lane, “Diagramming conventions in system dynamics,” Journal of the Operational Research Society, vol. 51, pp. 241-245, 2000.

Y. Barlas, “Multiple tests for validation of system dynamics type of simulation models,” European Journal of Operational Research, vol. 42, pp. 59-87, 1989.

L. A. Tavasszy, Logistics Families – A Short Introduction, Delft: TNO Inro, 1999.

O. A. Salman, “Polyethylene-Coated Urea. 1. Improved Storage and Handling,” Industrial & Engineering Chemistry Research, vol. 28, pp. 630-632, 1989.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.