KURIKULUM TERSEMBUNYI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR

Authors

  • Hafid Hardoyo Fakultas Tarbiyah Universitas Darussalam Gontor

DOI:

https://doi.org/10.21111/at-tadib.v4i2.590

Keywords:

kurikulum tersembunyi, indigenous, generalisasi, examplication, modeling, imbalan dan hukuman

Abstract

Kurikulum tersembunyi merupakan istilah yang dipakaiuntuk menyebutkan semua hal yang dipelajari anak didik disekolah namun tidak tertulis secara jelas dalam program sekolah.Termasuk di dalamnya transformasi akhlak, nilai dan moralkepada anak didik. Kurikulum tersembunyi terdapat dalam setiapinteraksi sosial yang terjadi di kelas maupun di luar kelas.Pengalaman yang anak didik peroleh sarat akan kurikulumtersembunyi. Berbagai pengalaman dalam kurikulum ter-sembunyi memang tidak tertulis, namun secara tidak langsungikut mempengaruhi anak didik.Tulisan ini mengungkap kurikulum tersembunyi dipondok pesantren, dalam konteks ini Pondok ModernDarussalam Gontor. Pesantren yang merupakan pendidikanindigenous sangat memungkinkan diterapkannya kurikulumtersembunyi. Dengan sistem asrama, dimana santri selama 24jam berada di dalam pondok transformasi nilai, akhlak dan moraldapat terlaksana secara maksimal. Interaksi sosial di pesantrenpun cenderung lebih lama di banding sekolah umum sepertiSLTP dan SLTA. Interaksi sosial dalam kurikulum tersembunyidibagi menjadi empat, generalisai, modeling, examplication danimbalan serta hukuman.

Downloads

Published

2009-12-01

How to Cite

Hardoyo, H. (2009). KURIKULUM TERSEMBUNYI PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR. At-Ta’dib, 4(2). https://doi.org/10.21111/at-tadib.v4i2.590