PENANAMAN NILAI KEAGAMAAN (Perspektif Psikologi Pendidikan)

Authors

  • Abdul Hafidz bin Zaid Fakultas Tarbiyah Universitas Darussalam Gontor

DOI:

https://doi.org/10.21111/at-tadib.v4i2.588

Keywords:

psikologi, Agama, pendidikan nilai

Abstract

Jika di dalam diri manusia terdapat aspek internal yangbernama kecemasan (anxiety), maka pada dasarnya, menguatatau melemahnya kecemasan itu banyak bergantung kepadafaktor lingkungan. Dalam lingkungan fisik yang penuh pesonakeindahan, kecemasan manusia bisa berkurang atau bahkan polusi,pencemaran dan sebagainya. Di tengah lingkungan sosial yangdiwarnai persahabatan, keramahtamahan, dan kasih sayang,kecemasan seseorang akan berkurang dan tumbuhlah perasaanbahagia dan sebaliknya adanya ancaman pembunuhan, perampok-an, peperangan, dan penipuan, maka kecemasan seseorang akanmeningkat pula dengan drastis. Problem-problem lingkunganyang berkaitan dengan aspek kejiwaan ini banyak terjadi dalammasyarakat kota yang padat, sesak, dan bising. 1Mungkin sudah saatnya bagi setiap individu untuk melihatberbagai persoalan yang ada sekarang sebagai sebuah persoalanyang berpengaruh besar dan berkaitan langsung dengankehidupan kejiwaan individu dan sekaligus kehidupan masyarakatsecara umum. Untuk itulah, tulisan ini mencoba untuk menge-tengahkan kembali hubungan harmonis yang terjadi antaraagama dan psikologi, sekaligus menjelaskan kerjasama yangdilakukan oleh keduanya dalam menyelesaikan berbagaiproblema sosial yang terjadi di tengah masyarakat.

Downloads

Published

2009-12-01

How to Cite

bin Zaid, A. H. (2009). PENANAMAN NILAI KEAGAMAAN (Perspektif Psikologi Pendidikan). At-Ta’dib, 4(2). https://doi.org/10.21111/at-tadib.v4i2.588