MENGENAL ANDRAGOGY

Authors

  • Akrim Mariyat Fakultas Tarbiyah Universitas Darussalam Gontor

DOI:

https://doi.org/10.21111/at-tadib.v5i1.580

Keywords:

Perkembangan Ilmu, Konsep Pendidikan, Andragogy, Pedagogy

Abstract

Dewasa ini, pendidikan memiliki peran ganda dalammengatur ilmu pengetahuan. Pendidikan tidak hanya sebagaibentuk usaha transferisasi ilmu saja tetapi sudah pada tataranmengatur perkembangan ilmu pengetahuan yang akan selalumengalami perubahan dari masa ke masa. Mengatur dalam artimengolah, mengontrol, dan mengembangkan pendidikan secaramenyeluruh baik dari segi konsep, materi, sistem, kualitaspengajar dan lain sebagainya.Salah satu bentuk usaha mengatur pendidikan secarauniversal adalah dengan melakukan evaluasi secara periodikterhadap sistem pendidikan yang diterapkan. Di antaranya adalahkonsep pendidikan andragoy yang diharapkan mampu menjadipenyeimbang dan sekaligus upaya menutupi kekurangankekuranganyang ada dalam konsep pendidikan kuno. Andragogysebagai bentuk konsep pendidikan yang menjadikan siswasebagai subyek dalam pendidikan dan pengajaran. Konsep inimenawarkan suatu konsep pendidikan yang lebih demokratis.Hal tersebut tidak lepas dari adanya penekanan konseppendidikan terdahulu kepada objektivisasi anak didik yangcenderung menjadikan anak didik sebagai robot.

Downloads

Published

2010-06-28

How to Cite

Mariyat, A. (2010). MENGENAL ANDRAGOGY. At-Ta’dib, 5(1). https://doi.org/10.21111/at-tadib.v5i1.580