PENDIDIKAN ISLAM DALAM KEPUNGAN GLOBALISASI

Authors

  • Mohammad Muslih Fakultas Tarbiyah Universitas Darussalam Gontor

DOI:

https://doi.org/10.21111/at-tadib.v4i1.575

Keywords:

absurditas, konservasi nilai, proteksi, proyeksi

Abstract

Globalisasi sebenarnya merupakan sebutan untuk “duniayang telah lepas kendali” (runaway world), yaitu perkembangandunia yang jauh dari perkiraan dan tak terprediksikan. Artikelini menguraikan sejumlah tantangan yang mesti dihadapi olehpendidikan Islam sebagai akibat dari perkembangan kehidupandunia yang disebut dengan globalisasi. Globalisasi merombaktradisi dan budaya dengan segala kekayaannya, mulai modelpakaian, gaya hidup (life style) hingga budaya pragmatisme,materialisme dan hedonisme. Budaya mental instan dan serbamencukupkan formalitas merupakn akibatnya yang lain. Strategiyang bisa dilakukan pendidikan Islam adalah proteksi dansekaligus proyeksi. Proteksi adalah prinsip konservasi nilai.Strategi ini untuk membentengi nilai-nilai luhur dari ancamannilai dan budaya luar yang destruktif. Sementara proyeksi adalahprinsip progresivitas. Strategi ini mengharuskan lembagapendidikan Islam dan dunia pendidikan pada umumnya untukterus meningkatkan kualitasnya, meletakkan visi-misi yang jelassesuai hasil pembacaannya terhadap masa depan.

Downloads

Published

2016-08-27

How to Cite

Muslih, M. (2016). PENDIDIKAN ISLAM DALAM KEPUNGAN GLOBALISASI. At-Ta’dib, 4(1). https://doi.org/10.21111/at-tadib.v4i1.575