PEMBELAJARAN TEMATIK PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI

Authors

  • Joni . Fakultas Tarbiyah Universitas Darussalam Gontor

DOI:

https://doi.org/10.21111/at-tadib.v4i1.571

Keywords:

PAUD, Intelligence Quotient, Emotional Quotient, Spiritual Quotient

Abstract

Menyikapi perkembangan anak pada usia dini, perluadanya suatu program yang sesuai dengan tingkat perkembangannya.Karena usia dini merupakan masa kritis dan sangatpenting atau sering kita sebut dengan golden age untuk perkembangananak untuk memperoleh pendidikan. Oleh karena itudiperlukan adanya materi atau metodologi yang sesuai dengantingkat perkembangannya untuk mendukung perkembanganintelegensi, emosional dan spiritual anak pada usia tersebut.Pembelajaran tematik merupakan bentuk pembelajaranyang dirancang berdasarkan tema-tema tertentu. Pembelajaranini secara tidak langsung memberikan keluasaan dan kedalamanimplementasi kurikulum dan menawarkan kesempatan yangsangat banyak pada siswa untuk memunculkan dinamika dalampendidikan. Pembelajaran ini memberikan keluasaan kepadasiswa secara produktif untuk menjawab pertanyaan yangdimunculkan sendiri dan memuaskan rasa ingin tahu merekaterhadap alam sekitar melalui proses penghayatan.Bagaimanakah bentuk pembelajaran tematik pada anakusia dini? Tulisan ini mencoba mengkaji bentuk pembelajarantematik yang cenderung memberikan keleluasaan pada anakuntuk lebih kreatif dalam belajar dan mengenal alam sekelilingnyaserta penerapaanya pada anak usia dini.

Downloads

Published

2016-08-27

How to Cite

., J. (2016). PEMBELAJARAN TEMATIK PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI. At-Ta’dib, 4(1). https://doi.org/10.21111/at-tadib.v4i1.571