Manajemen Pendidikan Pesantren Dalam Perspektif Dr. KH. Abdullah Syukri Zarkasyi, M.A

Authors

  • Awaluddin Faj Fakultas Tarbiyah Universitas Darussalam Gontor

DOI:

https://doi.org/10.21111/at-tadib.v6i2.558

Keywords:

Manajemen, Pendidikan Pesantren, Pengawalan, Pengembangan, Kepemimpinan

Abstract

Dewasa ini, salah satu persoalan yang sedang dihadapi oleh lembaga pendidikan Islam adalah persoalan peningkatan mutu pendidikan dan pengelolaan manajemen yang efektif dan efisien. Berbagai usaha telah dilakukan untuk meningkatan mutu pendidikan baik melalui pembinaan, pelatihan, peningkatan kompetensi guru, pengadaan bahan ajar dan pelajaran, memperbaiki sarana dan prasarana. Namun demikian, indikator dalam meningkatkan mutu pendidikan belum menunjukkan peningkatan yang berarti. Maka dari itu perlu adanya sebuah manajemen yang baik dan pemimpin lembaga yang berpengetahuan luas dan berpengalaman. Untuk itu, manajemen dan model kepemimpinan merupakan suatu hal yang sangat penting di dalam lembaga pendidikan, yakni sebagai sarana pokok bagi suatu lembaga dalam meningkatkan dan mengoptimalkan sumberdaya manusia untuk mencapai suatu tujuan yang diharapkan. Dalam sejarah Islam, kekalahan ummat Islam pada perang Uhud dan kemenangan pada perang Badar merupakan bukti bagaimana manajemen yang baik mampu berperan dalam mengoptimalkan sumber daya manusia menuju satu tujuan bersama.

References

AS. Hornby. Oxford Edvanced Dictionary of English. (London: Oxford University Press. 1990)

Daradjat, Zakiah. Ilmu Pendidikan Islam. (Jakarta: PT Bumi Aksara. 2009).

Departemen pendidikan dan kebudayaan, kamus besar bahasa

indonesia

Elmest, Dale. Manajemen: Theory And Practice. (Tokyo: Mc Graw Hill kogakhusa. 1973).

Fananie, Zainuddin. Pedoman Pendidikan Modern, Penerangan

Islam. (palembang 1934).

Giegold, William C. Management by Objective. (New York: Mc.Graw Hill Book Company. 1978).

Halim, Rr. Suhartini. Manajemen Pesantren. (Yogyakarta: Pustaka

Pesantren. 2005).

Heady, Public Administration: A Comparative Perspective

Hani Handoko. Manajemen. (edisi kedua. 1999).

Nurkolis. Manajemen Berbasis Sekolah. (Jakarta: PT.Grasindo. 2005). cet.ke-3,

Pidarta, Made. Manajemen Pendidikan Indonesia. edisi Revisi (Jakarta: Rineka Cipta. 2004)

Richard A. Johnson, Richard A. et al, The Theory and Management of systems, mc Graw Hill Kogakhusa. Ltd, Tokyo.

Sagian. Sistem Informasi Untuk Mengambil Keputusan. (Jakarta: Gunung agung. 1979).

Thoha, Miftah. Kepemimpinan Dalam Manajemen. (Jakarta: Rajawali Pers, 1990). cet. Ke-4,

Zarkasyi, Abdullah Syukri. Gontor & Pembaharuan Pendidikan Pesantren, Cet, Ke-I , (Jakarta: Raja Grafindo. 2005).

———.Bekal Untuk Pemimpin, Pengalaman Memimpin Gontor. (Ponorogo: trimurti press. 2011). cet I.

———.2003 “Pendidikan Pesantren di Era Modern” disampaikan

dalam halaqoh pengasuh pondok Pesantren se-Jawa Tengah konstribusi Pondok Pesantren dalam pengembangan pendidikan nasional, kantor gubernur Jawa tengah.

———.2009 Pendidikan di Pondok Modern Darussalam Gontor, disampaikan pada Laporan Sidang Badan Wakaf, ahad/14 Dzulqo’dah 1430/01 November 2009. File Sekretaris Pimpinan,

makalah tidak diterbitkan

———. 2009 Strategi Menyikapi Perubahan. File Sekretaris Pimpinan tidak diterbitkan.

———. 2003, Pengelolaan Pendidikan dan pengajaran di Pondok Modern Darussalam Gontor, disampaikan pada Musyawarah Besar Daerah I, Forum Silaturrahmi Pondok Pesantren (FSPP), kabupaten Lebak.

Yacub, Muhammad. Pondok pesantren dan pembangunan

Masyarakat Desa, cetakan pertama. (Bandung: Penerbit

Angkasa. 1993).

Downloads

Published

2011-12-26

How to Cite

Faj, A. (2011). Manajemen Pendidikan Pesantren Dalam Perspektif Dr. KH. Abdullah Syukri Zarkasyi, M.A. At-Ta’dib, 6(2). https://doi.org/10.21111/at-tadib.v6i2.558