Quo Vadis Supervisi Pendidikan

Authors

  • Ahmad Saifulloh Fakultas Tarbiyah Universitas Darussalam Gontor

DOI:

https://doi.org/10.21111/at-tadib.v8i2.503

Keywords:

Quo vadis, supervisi, supervisi pendidikan, pendidikan Islam

Abstract

Supervisi sebagai salah satu pilar penting dalam sistem pendidikanmengalami perkembangan seiring dengan perkembangan zaman. Sehinggamuncullah beberapa model dengan karakternya masing-masing. Hal iniharus diperhatikan oleh supervisor, selain tentunya mereka harusmemahami konsep supervisi itu sendiri. Sebagai bagian dari sistempendidikan, supervisi juga mengikuti perubahan kondisi sosial masyarakat.Keterkaitan supervisi dengan lingkungan sosial masyarakat, bahkan jugadengan kondisi politik yang sedang berkembang, memunculkan model dancorak supervisi dengan karakteristiknya masing-masing. Denganmencermati perkembangan karakteristik supervisi pendidikan dan melihatkondisi kekinian dan kedisinian, supervisi yang diperkenalkan Glickmandkk. kelihatannya akan terus menjadi trend di Indonesia. Hal ini seiringdengan perkembangan teknologi informasi yang meniscayakan kemandiri-an para guru dan murid dalam proses pembelajaran.

Downloads

Published

2013-12-14

How to Cite

Saifulloh, A. (2013). Quo Vadis Supervisi Pendidikan. At-Ta’dib, 8(2). https://doi.org/10.21111/at-tadib.v8i2.503