Aktualisasi Konsep Pendidikan Akhlak Al-Ghazali dalam Pembinaan Remaja

Authors

  • Moh. Mukhlas Fakultas Universitas Darussalam Gontor

DOI:

https://doi.org/10.21111/at-tadib.v3i1.491

Keywords:

akhlak, pendidikan akhlak, remaja.

Abstract

Al-Ghazali adalah salah seorang pemikir ulung yang tidakhanya menyoroti hal-hal yang berkaitan dengan filsafat dantasawuf, akan tetapi beliau juga mengupas eksistensi akhlakdalam kehidupan manusia. Pelaksanaan pendidikan akhlak,terutama di kalangan remaja akhir-akhir ini masih dianggapkurang memadai dan kurang berpedoman pada ketentuanketentuanyang berlaku, seperti norma-norma hukum yangberlaku di suatu tempat. Hal ini dapat dibuktikan denganbanyaknya dekadensi moral dalam berbagai bentuk, sepertipenyalahguunaan obat-obat terlarang, pergaulan bebas yangdilakukan oleh remaja, dan lain-lain. Untuk itu, tulisan iniberusaha mengungkap secara konseptual aktualisasi pendidikanakhlak al-Ghazali pada remaja dengan menggunakan pendekatandeskriptif afialistis. Dari hasil analisis diketahui bahwa aktualisasikonsep pendidikan akhlak al-Ghazali pada remaja yang memilikiberbagai macam perkembangan adalah dengan caramenanamkan keimanan dan akhlak yang baik dengan metodeyang sesuai dengan perkembangan individunya.

Downloads

Published

2008-06-13

How to Cite

Mukhlas, M. (2008). Aktualisasi Konsep Pendidikan Akhlak Al-Ghazali dalam Pembinaan Remaja. At-Ta’dib, 3(1). https://doi.org/10.21111/at-tadib.v3i1.491