Konsep Ilmu Pendidikan Menurut Imam Al-Ghazali

Authors

  • Nu'tih Kamalia Fakultas Tarbiyah Universitas Darussalam Gontor

DOI:

https://doi.org/10.21111/at-tadib.v10i1.335

Keywords:

Ilmu, Pendidikan Kontemporer, Imam Al-Ghazali.

Abstract

Ilmu merupakan kewajiban muslim untuk membuka cakrawala dunia Islamyang bersumber pada wahyu Al-Qur’an dan Sunnah dengan didukung oleh ‘Aql untuk perkembangan pendidikan Islam. Kehidupan Islam sangat erat hubungannya dengan Tarbiyah, demi meneruskan generasi muda yang Intelek dan tahu agama. Seorang tokoh Islam Al-Imam Al-Ghazali merupakan ahli filosof masyhur dengan karyanya kitab Ihya’ Ulumuddin (menghidupkan kembali pengetahuan Agama). Dalam kitab Ihya’ Ulumuddin dijelaskan tentang konsep keilmuan yang dapat ditarik sebagai rujukan ilmiah seorang muslim. Dalam karya Al-Imam Al-Ghazali dijelaskan secara detail tentang makna konsep keilmuan yang sangat penting demi perkembangan pendidikan agama Islam, yaitu dengan prinsip menggabungkan ‘Aql dan Dhauq yang akan diolah secara rasio dan intuisi.

Downloads

Published

2016-01-26

How to Cite

Kamalia, N. (2016). Konsep Ilmu Pendidikan Menurut Imam Al-Ghazali. At-Ta’dib, 10(1). https://doi.org/10.21111/at-tadib.v10i1.335