Analisis Pola Perilaku Individual Stage Mahasiswi STAIN Ponorogo
DOI:
https://doi.org/10.21111/at-tadib.v9i2.319Keywords:
Individual Stage, Pola Perilaku, Aurat, MahramAbstract
Penelitian sederhana ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan
menjelaskan tiga hal pokok, (1) pola perilaku mahasiswi STAIN Ponorogo,
(2) konsep ke-Tuhanan yang berkaitan dengan aurat dan mahram, dan (3)
faktor yang mempengaruhi pola perilaku mahasiswi tersebut.
Untuk menjawab permasalah di atas, peneliti menggunakan metode
kualitatif dengan pendekatan fenomonologis. Data dikumpulkan dengan
wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Sedangkan
analisis datanya mengacu pada konsep analisis data kualitatif yang
diadopsi dari Miles & Hubberman yang meliputi tiga kegiatan reduksi data
(data reduction), pemaparan data (data display, dan simpulan/verifikasi
(conclusion/verification).
Dari hasil analisis data ditemukan bahwa pertama, pola perilaku
mahasiswi adalah pola perilaku yang berproses, dibentuk, dan dipelajari
melalui interaksi sosial dan nonsosial di lingkungan rumah, sekolah/
pesantren/kampus, maupun masyarakat atas dasar alternatif pilihan yang
memberi manfaat bagi diri dan lingkungannya yang dilengkapi perilaku
atribusi dengan atau tanpa disertai perilaku insentif sesuai peran yang mereka
jalankan sebagai mahasiswi PTAIN. Kedua, konsep keagamaan terkait
mahram dan aurat pada tingkat individual stage ada yang bersifat
konvensional cenderung modern, yakni perilaku yang didasarkan pada
konsep kehidupan modern yang membuat individu lebih nyaman. Pada
mereka, dimensi keagamaan ideologis ada yang cukup tinggi dan ada yang
sedang, begitu juga dengan dimensi intelektual. Dimensi ritualistik mayoritas
tinggi, dimensi konsekuensial rata-rata tergantung kebutuhan, begitu pula
dengan dimensi eksperensial. Ketiga, pembentuk perilaku mahasiswi terkait
mahram dan ’aurat adalah keteladanan keluarga, keteladanan guru, interaksi
sosial, support sahabat dekat, peraturan/kebijakan/budaya sekolah/pesantren
tempat mereka menimba ilmu sebelumnya, juga kebijakan kampus, dan ada
juga yang disertai dengan pemahaman/pengertian dalam menjalaninya.
Downloads
Published
2016-01-26
How to Cite
Mukhlas, M., & Rochmah, E. Y. (2016). Analisis Pola Perilaku Individual Stage Mahasiswi STAIN Ponorogo. At-Ta’dib, 9(2). https://doi.org/10.21111/at-tadib.v9i2.319
Issue
Section
Articles
License
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).