Filsafat Ilmu dan Problem Metodologi Pendidikan Islam
DOI:
https://doi.org/10.21111/at-tadib.v9i2.318Keywords:
Filsafat Ilmu, Pendidikan Islam, Ilmu Fardhu ‘ain, Ilmu Fardhu KifayahAbstract
Salah satu tantangan dunia pendidikan saat ini adalah model
pengajaran Filsafat Ilmu yang masih belum tampak berwarna Islam. Hal
ini bisa dipahami dari fenomena minimnya buku-buku teks Filsafat Ilmu
dengan menggunakan perspektif pandangan hidup Islam. Di samping itu,
pendekatan pendidikan yang digunakan oleh mayoritas lembaga
pendidikan di Indonesia masih menggunakan pendekatan orientalis, yaitu
historis antropologis. Dalam pendekatan tersebut ditekankan pada
pemahaman keagamaan berdasarkan sudut pandang sosial keagamaan
yang bersifat multidisipliner.
Dalam perspektif Islam, studi keilmuan akan lebih baik apabila
dipahami dengan merujuk pada sumber utamanya yaitu al-Qur’an dan al-
Hadits. Sebab, kedua sumber tersebut merupakan sumber utama suatu
konsep ilmu pengetahuan. Hal itu dapat dianalisa dari berbagai bentuk
derivasi kata ‘ilm yang diulang sebanyak 750 kali dalam berbagai konteks.
Pada dasarnya, ilmu pengetahuan sangat terkait dengan akidah.
Sebab, hakekat ilmu bukanlah sekedar ilmu itu sendiri. Lebih dari itu,
penguasaan ilmu seharusnya berdampak secara langsung perilaku atau
akhlak seseorang tersebut. Atas dasar inilah Imam al-Ghazali membagi
ilmu ke dalam dua klasifikasi utama yaitu ilmu fardhu ‘ain dan ilmu fardhu
kifayah. Sebagai umat Islam yang memperhatikan hakekat ilmu pengetahuan
melalui dunia pendidikan tentu pemahaman tentang klasifikasi tersebut
tidak dapat diabaikan.
Untuk itu, dalam konteks pendidikan sekarang, diperlukan segera
desain kurikulum pendidikan Islam yang berasaskan dinamisasi konsep
fardhu ‘ain dan fardhu kifayah. Dinamisasi demikianlah yang akan membentuk
karakter secara kuat terhadap pribadi anak didik.
Downloads
Published
2016-01-26
How to Cite
Hasib, K. (2016). Filsafat Ilmu dan Problem Metodologi Pendidikan Islam. At-Ta’dib, 9(2). https://doi.org/10.21111/at-tadib.v9i2.318
Issue
Section
Articles
License
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).