Filsafat Ilmu dan Problem Metodologi Pendidikan Islam

Kholili Hasib

Abstract


Salah satu tantangan dunia pendidikan saat ini adalah model
pengajaran Filsafat Ilmu yang masih belum tampak berwarna Islam. Hal
ini bisa dipahami dari fenomena minimnya buku-buku teks Filsafat Ilmu
dengan menggunakan perspektif pandangan hidup Islam. Di samping itu,
pendekatan pendidikan yang digunakan oleh mayoritas lembaga
pendidikan di Indonesia masih menggunakan pendekatan orientalis, yaitu
historis antropologis. Dalam pendekatan tersebut ditekankan pada
pemahaman keagamaan berdasarkan sudut pandang sosial keagamaan
yang bersifat multidisipliner.
Dalam perspektif Islam, studi keilmuan akan lebih baik apabila
dipahami dengan merujuk pada sumber utamanya yaitu al-Qur’an dan al-
Hadits. Sebab, kedua sumber tersebut merupakan sumber utama suatu
konsep ilmu pengetahuan. Hal itu dapat dianalisa dari berbagai bentuk
derivasi kata ‘ilm yang diulang sebanyak 750 kali dalam berbagai konteks.
Pada dasarnya, ilmu pengetahuan sangat terkait dengan akidah.
Sebab, hakekat ilmu bukanlah sekedar ilmu itu sendiri. Lebih dari itu,
penguasaan ilmu seharusnya berdampak secara langsung perilaku atau
akhlak seseorang tersebut. Atas dasar inilah Imam al-Ghazali membagi
ilmu ke dalam dua klasifikasi utama yaitu ilmu fardhu ‘ain dan ilmu fardhu
kifayah. Sebagai umat Islam yang memperhatikan hakekat ilmu pengetahuan
melalui dunia pendidikan tentu pemahaman tentang klasifikasi tersebut
tidak dapat diabaikan.
Untuk itu, dalam konteks pendidikan sekarang, diperlukan segera
desain kurikulum pendidikan Islam yang berasaskan dinamisasi konsep
fardhu ‘ain dan fardhu kifayah. Dinamisasi demikianlah yang akan membentuk
karakter secara kuat terhadap pribadi anak didik.

Keywords


Filsafat Ilmu, Pendidikan Islam, Ilmu Fardhu ‘ain, Ilmu Fardhu Kifayah

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.21111/at-tadib.v9i2.318

Article Metrics

Abstract view : 352 times
PDF - 609 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


At-Ta'dib is indexed in several web indexing, such as:

Creative Commons License

AT TA'DIB by http://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/tadib is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.


StatCounter - Free Web Tracker and Counter View My Stats

Free counters!