Liberalisasi Kurikulum Pendidikan (Studi Kritis Buku-Buku Pelajaran Sekolah)

Authors

  • Muhammad Aqil Azizy Fakultas Tarbiyah Universitas Darussalam Gontor

DOI:

https://doi.org/10.21111/at-tadib.v9i2.317

Keywords:

Kurikulum, Pendidikan Islam, Adab, Liberalisasi, Syariat

Abstract

Kurikulum merupakan faktor yang sangat penting dalam pendidikan. Sebab, manajemen pendidikan dalam suatu lembaga akan menjadi lebih baik apabila diatur dalam suatu sistem kurikulm. Dalam kurikulum tersebut memuat tujuan, proses pembelajaran hingga tata cara evaluasi. Semua mata pelajaran yang harus diketahui dan dihayati oleh anak didik harus ditetapkan dalam kurikulum. Kurikulum merupakan media yang sangat signifikan dalam menanamkan paradigma pada diri siswa, khususnya pada fase-fase pendidikan tingkat pertama. Di samping itu, kurikulum juga merupakan sarana untuk membentuk persepsi generasi muda tentang dunia sekitar. Serta, sarana melahirkan generasi beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa dan Berakhlak Mulia adalah melalui pendidikan yang baik Akan tetapi, dewasa ini dunia pendidikan menghadapi tantangan dari pemikiran-pemikiran Barat. Seperti liberalisme, meterialisme, atheisme, feminisme, dan lain sebagainya. Paham-paham ini bermuara pada satu masalah inti yaitu merusak syariah Islam yang bersumber dari al-Qur’an dan al-Hadits. Paham tersebut berupaya untuk menghapus atau menghilangkan nilai-nilai agama Islam dari dalam diri umat Islam melalui sistem kurikulum pendidikan. Dan untuk menghadapi tantangan tersebut upaya yang dapat dilakukan ialah dengan memperkuat adab/akhlak. Pendidikan adab menjadi penting sebab dengan konsep adab inilah dunia pendidikan seharusnya lebih menekankan aspek pendidikan akhlak daripada sekedar pembelajaran materi-materi tertentu.

Downloads

Published

2016-01-26

How to Cite

Azizy, M. A. (2016). Liberalisasi Kurikulum Pendidikan (Studi Kritis Buku-Buku Pelajaran Sekolah). At-Ta’dib, 9(2). https://doi.org/10.21111/at-tadib.v9i2.317