Peran Madrasah Sebagai Pendidikan Islam Masa Kini (Studi Tradisi dan Perubahan)

Authors

  • Abdan Rahim Fakultas Tarbiyah Universitas Darussalam Gontor

DOI:

https://doi.org/10.21111/at-tadib.v9i2.312

Keywords:

Madrasah, Pesantren, Pendidikan Islam, Perubahan, Akhlak.

Abstract

Pendidikan Islam memiliki tujuan yang sangat mulia. Secara garis besar tujuan tersebut dapat digambarkan melalui istilah insan kamil atau manusia yang sempurna. Kesempurnaan manusia dapat dilihat dari akhlak yang dimilikinya. Dan akhlak tersebut merupakan pancaran dari ilmu yang ada pada dirinya. Untuk itu, ilmu yang dipelajari di bangku sekolah pada hakekatnya tidak hanya untuk menambah wawasan semata. Lebih dari itu, ilmu diajarkan kepada seseorang agar menjadi lebih baik. Madrasah adalah salah satu model lembaga pendidikan yang ada di Indonesia dengan ciri khas nilai Islam. Dalam tradisi pengajaran agama Islam, madrasah selalu memperhatikan pada penanaman akhlak. Sebab, dalam sistem madrasah terdapat nilai-nilai keislaman yang dituntut untuk selalu dikembangkan. Sehingga nilai tersebut membentuk tradisi sebagian besar masyarakat Indonesia. Dalam perkembangannya, madrasah juga menghadapi tantangan yang begitu besar. Khususnya tantangan dari Barat. Barat dengan model pendidikannya yang tidak bersingggungan dengan Islam tentu menuntut sistem madrasah untuk berubah dan berkembang. Oleh sebab itu, model pendidikan madrasah di Indonesia harus selalu berpegang pada nilai Islam untuk dapat bertahan di dunia global ini

Downloads

Published

2016-01-26

How to Cite

Rahim, A. (2016). Peran Madrasah Sebagai Pendidikan Islam Masa Kini (Studi Tradisi dan Perubahan). At-Ta’dib, 9(2). https://doi.org/10.21111/at-tadib.v9i2.312