Dampak Transformasi Sistem Pendidikan Pesantren terhadap Penanaman Jiwa Keikhlasan Santri

Authors

  • Ahmad Suradi IAIN BENGKULU

DOI:

https://doi.org/10.21111/at-tadib.v13i1.2129

Keywords:

Education system, Islamic education, pesantren, sincerity, transformasi.

Abstract

This article discusses that contemporary pesantren education, not only changes the socio-cultural base and knowledge of santri, but also affects Muslims as a whole. Therefore, major changes made by kyai to pesantren institutions today are not an alternative choice that is crossed the road, but is an accumulation of the values of life of pesantren whose history, without leaving the soul of sincerity or typical traditions. The impact of the transformation of pesantren on the inculcation of the spirit of sincerity in pesantren has shifted. This type of research is field research. That is using the object of research as a source of data acquisition or information. This study found that the impact of the transformation of pesantren on the inculcation of the soul of sincerity in pesantren has shifted. currently pesantren in bengkulu province began to shift in modern cultures are synonymous with luxury and consumptive. Pesantren in instilling Five Spirit (ruh) need to be open and flexible to the demands and developments of world, but still provide filter for its basic value do not fade (Islamic value). Pesantren does not only transform the outside (purpose, curriculum, method, management system and management of pesantren) but also need to wisely transform the depth as well (sincere values in pesantren).

References

Ainurrafiq. “Pesantren dan Pembaharuan: Arah dan Implikasi”, dalam Abuddin Nata, Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga-Lembaga Islam di Indonesia. (Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia. 2001).

Al-Ba’dani, Faishal Bin ali. Ikhlas, Sulitkah?. (Solo: Aqwam. 2007).

Arief, Armai. Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga Pendidikan Islam Klasik. (Bandung: Angkasa. 2004).

Arif, Mahmud. Pendidikan Islam Transformatif. (Yogyakarta: LkiS. 2008).

Berger, Peter L dan Tomas Luckmann. Tafsir Sosial Atas Kenyataan: Risalah Tentang Sosiologi Pengetahuan, Terj. Hasan Basari. (Jakarta: LP3ES. 1990).

Bawani, Imam, Tradisionalisme dalam Pendidikan Islam, (Surabaya: Al-Ikhlas, 1998).

Bruinessen, Martin Van, Kitab Kuning, Pesantren, dan Tarekat :Tradisi-Tradisi Islam di Indonesia, (Bandung: Mizan Anggta IKAPI, 1995).

Darwoko, J, Dwi dan Bagong Suyanto, Sosiologi Teks Pengantar Dan Terapan, (Jakarta: Kencana Pranada Media Group, 2007).

Departemen Agama RI. Pola Pengembangan Pondok Pesantren. (Jakarta; LKIS. 2006).

Dhofier, Zamakhsyari, Tradisi Pesantren: Studi Tentang Pandangan Hidup Kyai, (Jakarta: LP3ES, 2000).

Fananie, Zainuddin dan M, Thoyibi, Studi Islam Asia Tenggara, (Surakarta: UMS, 1999).

Harvey, David, The Condition of Postmodernity, An Enquiry into the

Origins of Cultural Change, (USA: Blackwell Publishers, 2000).

Madjid, Nurcholis. Bilik-bilik Pesantren: Sebuah Potret Perjalanan,

(Jakarta: Paramadina, 1997).

Mastuhu, Dinamika Sistem Pendidikan Pesantren, Suatu Kajian Tentang

Unsur Dan Nilai Sistem Pendidikan Pesantren, (Jakarta: INIS,

.

Masyhud, M, Shulthon, dkk, Manajemen Pondok Pesantren, (Jakarta:

Diva Pustaka, 2003).

Moleong, Lexy J. Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Remaja

Rosdakarya, 2014).

Rofiq, M Nasir. Mencari Tipologi Format Pendidikan Ideal, Pondok

Pesantren di Tengah Arus Perubahan, (Yogyakarta: Pustaka

Pelajar, 2005).

Rukiat , Enung K dan Fenti Hikmawati. Sejarah Pendidikan Islam di

Indonesia. (Bandung: Pustaka Setia. Tt).

Salim, Agus. Perubahan Sosial: Sketsa Teori dan Refleksi Metodologi Kasus

Indonesia. (Yogyakarta: PT Tiara Wacana. 2002).

Subagja, Soleh. Gagasan Libralisasi Pendidikan Islam: Konsepsi

Pembebasan dalam Pendidikan Islam. (Malang: Madani. 2010).

Wahid, Abdurrahman, Pondok Pesantren Masa Depan, dalam Pesantren

Masa Depan: Wacana Pemberdayaan dan Tansformasi Pesantren,

(Jakarta: Pustaka Hidayah, 1999).

Zarkasyi, Abdullah Syukri, Pondok Pesantren Sebagai Alternatif

Kelembagaan untuk Program Pengembangan Studi Islam di Asia

Tenggara, dalam Zainuddin Fananie dan M, Thoyibi, Studi

Islam Asia Tenggara, (Surakarta: UMS, 1999).

----------------------------, Langkah Pengembangan Pesantren, dalam

“Religiusitas Iptek”, (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1998).

Zarkasyi, Imam, dalam ttp://www,voa-islam,com/read/

citizens-jurnalism/2016/07/ 31/pondok-pesantren-moderndarussalam-

gontor-tetap-mempertahankan-panca-jiwa-danmotto/#

sthash,BXMfPQCb,dpuf

Zuhri, Saefuddin, Pendidikan Pesantren di Persimpangan Jalan, Dalam

Marzuki Wahid dkk, (Ed), Pesantren Masa Depan, Wacana

Transformasi dan Pemberdayaan Pesantren, (Bandung: Pustaka

Hidayah, 1999).

Downloads

Published

2018-06-20

How to Cite

Suradi, A. (2018). Dampak Transformasi Sistem Pendidikan Pesantren terhadap Penanaman Jiwa Keikhlasan Santri. At-Ta’dib, 13(1), 49–66. https://doi.org/10.21111/at-tadib.v13i1.2129