Implementation of Experiential Learning Methods to Improve the Academic Performance of Islamic Boarding School Students
DOI:
https://doi.org/10.21111/attadib.v18i2.11162Keywords:
Experiental Learning, Santri, PesantrenAbstract
References
Alim, Muhammad. 2011 Pendidikan Agama Islam Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim. Bandung: Remaja Rosdakarya, https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=494208#
Amir, Musadalifa, Muris dan Muhammad Arsyad. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pengalaman Pada Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri 9 Pinrang. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika (JSPF) Vol.11. No.3, https://doi.org/10.35580/jspf.v11i3.1756
Anwar, Rosihon, Badruzzaman M.Yunus dan Saehudin. 2009. Pengantar Studi Islam. Bandung: Pustaka Setia, http://eprints.uniska-bjm.ac.id/10667/1/buku%20pengantar%20studi%20islam.pdf
Aprilia, S., Sutisnawati, A., & Amalia, A. R. (2019). Pengaruh model Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis di sekolah dasar. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 2(1), 24–39. https://doi.org/10.33603/.v2i1.2245
Aprilia, Septi. 2018. Penerapan Pembelajaran Experiential Learning untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Premiere Educandum Vol. 5 No.1, 2015. Arifin, Yanuar. Pemikiran-Pemikiran Emas Para Tokoh Pendidikan Islam dari Klasik Hingga Modern. Yogyakarta: IRCiSoD, http://doi.org/10.25273/pe.v5i01.322
Arifin, Zainal. 2011. Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya, https://pustaka.unm.ac.id/opac/detail-opac?id=37645
Azizah, Nur.2016 Perilaku Moral dan Religiusitas Siswa Berlatar Belakang Pendidikan Umum dan Agama. Jurnal Psikologi Vol 33 No.2, DOI: 10.22146/jpsi.7078
Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=550462
Budiman, Haris. 2015. Kesadaran Beragama Pada Remaja Islam. Jurnal Pendidikan Islam Vol.6, https://media.neliti.com/media/publications/56894-ID-kesadaran-beragama-pada-remaja-islam.pdf
Cahyo, Agus N. 2013. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Jogjakarta: Diva Press, https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1006172
F, Indira Sandrawati. 2016. Pengaruh Lingkungan Sosial Siswa dan Kondisi Ekonomi Orangtua Terhadap Prestasi Belajar Siswa di SMP Negeri 9 Kota Probolinggo. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS (JPPI) Vol.10 No.2, 2016. https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI/article/view/1719
Fathurrohman, Muhammad. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif: Alternatif Desain Pembelajaran yang Menyengangkan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, http://library.fmipa.uny.ac.id/opac/index.php?p=show_detail&id=7721&keywords=
Fatnar, Virgia Ningrum dan Choirul Anam. 2014. Kemampuan Interaksi Sosial Antara Remaja yang Tinggal di Pondok Pesantren dengan yang Tinggal Bersama Keluarga. Jurnal Fakultas Psikologi Vol.2, http://dx.doi.org/10.12928/empathy.v2i2.3032
Fauziah, F., Winarti, W., & Kartono, K. (2017). Keefektifan pembelajaran SAVI pada pencapaian kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa kelas VIII. Unnes Journal of Mathematics Education, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.15294/ujme.v6i1.9579
Fitrianawati, M., & Hartono, H. (2016). Perbandingan keefektifan PBL berseting TGT dan GI ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan berpikir kreatif dan toleransi. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 3(1), 55–65. https://doi.org/10.21831/jrpm.v3i1.9684
Fitriyaningsih, F., Jamzuri, J., & Rahardjo, D. T. (2019). Penerapan pendekatan Somatic, Auditory, Visual, Intellecualy (SAVI) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika siswa kelas XI di SMA Negeri 3 Boyolali tahun pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(2), 30–34. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pfisika/article/view/4674/3213
Fitriyaningsih, F., Jamzuri, J., & Rahardjo, D. T. (2019). Penerapan pendekatan Somatic, Auditory, Visual, Intellecualy (SAVI) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar fisika siswa kelas XI di SMA Negeri 3 Boyolali tahun pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(2), 30–34. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/pfisika/article/view/4674/3213
Fuadi. 2011. Memahami Hakikat Kehidupan Sosial Keagamaan Sebagai Solusi Alternatif Menghindari Konflik. Jurnal Subtantia Vol.12 No.1,
Hadeli. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Ciputat: Quantum Teaching,
Haerudin, H. (2018). Pengaruh pendekatan SAVI terhadap kemampuan komunikasi dan penalaran matematik serta kemandirian belajar siswa SMP. Infinity, 2(2), 183–193. https://doi.org/10.22460/infinity.v2i2.34
Handoko, H. (2017). Pembentukan keterampilan berpikir kreatif pada pembelajaran matematika model SAVI berbasis discovery strategy materi dimensi tiga kelas X. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 6(1), 85–95. https://doi.org/10.24235/eduma.v6i1.1711
Handoko, H. (2017). Pembentukan keterampilan berpikir kreatif pada pembelajaran matematika model SAVI berbasis discovery strategy materi dimensi tiga kelas X. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 6(1), 85–95. https://doi.org/10.24235/eduma.v6i1.1711
Hardiyanti, Puput Tri dan Nanang Nuryanta. 2016. Pengaruh Religiusitas Lingkungan Sekolah Terhadap Konsep Diri Siwa-Siswi di MAN Pakem Sleman. Jurnal Hisbah Vol.13 No.1, https://doi.org/10.14421/hisbah.2016.132-06
Hariri, Citra Apriovilita, dan Erna Yayuk. 2018. Penerapan Model Experiential Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Cahaya dan SifatSifatnya Siswa Kelas 5 SD. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Vol.8 No.1, https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i1.p1-15
Hawi, Akmal. 2014. Seluk Beluk Jiwa Agama. Jakarta: Raja Grafindo Persada, https://repository.radenfatah.ac.id/7421/1/SELUK%20BELUK%20ILMU%20JIWA%20AGAMA.pdf
Jannati, Eidelweis Dewi. 2016. Model Pembelajaran Experiental Kolb Untuk Meningkatkan Kemampuan Menjelaskan Fenomena Fisis Pada Konsep Optik. Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika Vol. 2. No.2, http://dx.doi.org/10.30870/gravity.v2i2.1129
Khaidir, C. (2017). Pembelajaran matematika dengan model SAVI berorientasi PAKEM. Ta’dib, 15(1), 51–60. https://doi.org/10.31958/jt.v15i1.217
Kolb, David. 1984. Experiental Learning, Experience As The Source Of Learning And Development. New York: International Inc Publishing, https://www.researchgate.net/publication/235701029_Experiential_Learning_Experience_As_The_Source_Of_Learning_And_Development
Lumintang, Juliana. 2010. Pengaruh Perubahan Sosial Terhadap Kemajuan Pengembangan Masyarakat di Desa Tara-Tara I. Jurnal Acta Diurna Vol.IV, 2015. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/7256
Mahmud, dkk. 2015. Pendidikan Lingkungan Sosial Budaya. Bandung: Remaja Rosdakarya Offset, https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=941247
Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia, 2011, https://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=12956
Majid, Abdul. 2012. Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya, https://inlislite.uin-suska.ac.id/opac/detail-opac?id=3784
Mastini, dkk., 2016. Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen Melalui Metode Pembelajaran Berbasis Pengalaman dan Media Audiovisual Pada Sekolah Menengah Pertama. Jurnal S2 Pendidikan Bahasa Indonesia Vol.1. No.1,. DOI:10.23887/jear.v2i2.12322
Muhammaddin. 2013. Kebutuhan Manusia Terhadap Agama. Jurnal Raden Fatah Vol 1, https://media.neliti.com/media/publications/99550-ID-kebutuhan-manusia-terhadap-agama.pdf
Munif, I. & Mosik,. (2012). PENERAPAN METODE EXPERIENTIAL LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 5. 10.15294/jpfi.v5i2.1014.
Nadzir, Ahmad Isham dan Nawang Warsi Wulandari. 2013. Hubungan Religiusitas dengan Penyesuaian Diri Siswa Pondok Pesantren. Jurnal Psikologi Tabularasa Vol.8.https://doi.org/10.26905/jpt.v8i2.213
Poerwandari, E.Kristi. 1998. Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian Psikologi. Jakarta: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologi (LPSP3) UI, https://lontar.ui.ac.id/detail?id=20236976
Prasetya, Benny.2014. Pengembangan Budaya Religius di Sekolah. Jurnal Edukasi Vol.02, https://ejournal.staim-tulungagung.ac.id/index.php/edukasi/article/view/59
Purwanto, Nurtanio Agus. 2007. Pendidikan dan Kehidupan Sosial. Jurnal Manajemen Pendidikan Vol.III No. 02, https://media.neliti.com/media/publications/112592-ID-pendidikan-dan-kehidupan-sosial.pdf
R, M.Dahlan dan Lela Qodriah. 2018. Lingkungan Pendidikan Islami dan Hubungannya dengan Minat Belajar PAI Siswa SMA Negeri 10 Bogor. Jurnal Pendidikan Islam Vol.07 No.2. DOI:10.30868/ei.v7i2.276
Rahmi, W., Fitria, Y., & Daharnis, D. (2019). The effect of SAVI model (somatic, auditory, visualization, intellectual) on crative thinking skills based on student learning in IV class in basic school. International Journal of Science and Research (IJSR), 8(1), 1764–1768. https://www.ijsr.net/archive/v8i1/ART20194623.pdf
Ridwan, Irwan Muhammad dan Rahmat Rizal.2019. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Pengalaman Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Journal Of Teaching and Learning Physics 4 Vol.1. https://doi.org/10.15575/jotalp.v4i1.3697
Rosalina, E., & Pertiwi, H. C. (2018). Pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap kemampuan komunikasi matematika siswa. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 1(2), 119–126. https://doi.org/10.31539/judika.v1i2.313
Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana, https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=327826
Sharlanova, Valentina. 2004. Experiental Learning. Trakia Journal of Sciences, 2http://tru.uni-sz.bg/tsj/Volume2_4/EXPERIENTIAL%20LEARNING.pdf
Soekanto, Soerjono. 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1137651
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.https://elibrary.bsi.ac.id/readbook/204383/metode-penelitian-pendidikan-pendekatan-kuantitatif-kualitatif-dan-r-d
Suhaida, Siti, Jamaludin Hos, dan Ambo Upe.2018. Pergaulan Bebas di Kalangan Pelajar (Studi Kasus di Desa Masaloka Kecamatan Kepulauan Masaloka Raya Kabupaten Bomabana). Jurnal Neo Societal Vol.3 No.2, http://dx.doi.org/10.52423/jns.v3i2.4032
Supadie, Didiek Ahmad. 2015. Pengantar Studi Islam. Jakarta: Rajawali Pers. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=969371
Sutrisno, S., Mardiyana, M., & Usodo, B. (2018). Eksperimentasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan TPS dengan pendekatan SAVI terhadap prestasi dan motivasi belajar ditinjau dari gaya belajar siswa. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 1(7), 661–671. https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/s2math/article/view/3538/2472
Syamsidar. 2015 Dampak Perubahan Sosial Budaya Terhadap Pendidikan. Jurnal Bimbingan dan Penyuluhan Islam Vol.2https://doi.org/10.24252/al-irsyad%20al-nafs.v2i1.2566
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Djone Georges Nicolas, Timothy Amien Rk. , Timothy Amien Rk. , Soneta Sang Surya Siahaan, Iwan Ramadhan, Lilik Huriyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
1. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
2. PROPOSED POLICY FOR JOURNALS THAT OFFER DELAYED OPEN ACCESS
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication, with the work [SPECIFY PERIOD OF TIME] after publication simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).