PENGARUH SOAL BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTS AL-KHAIRIYAH KELAPIAN BANTEN

Penulis

  • Ihwan Mahmudi (SINTA ID: 6689190) Universitas Darussalam Gontor
  • Neni Naqiyah Universitas Darussalam Gontor
  • Alif Cahya Setiyadi Leipzig University

DOI:

https://doi.org/10.21111/attadib.v18i2.10547

Kata Kunci:

HOTS Based Questions , Arabic Learning Results, HOTS

Abstrak

Rendahnya kemampuan berbahasa Arab siswa MTs Al-Khairiyah Kelapian Banten diantaranya dipengaruhi oleh penggunaan soal yang cenderung mengukur kemampuan berpikir tingkat rendah atau Low Order Thinking Skill (LOTS). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan soal berbasis High Order Thinking Skill (HOTS) terhadap hasil belajar bahasa arab siswa kelas VIII di MTs Al-Khairiyah Kelapian Banten. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian True Experimental Design dengan pendekatan Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa yang terbagi mejadi dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas control. Data penelitian diambil menggunakan tes. Analisis data menggunakan uji perbedaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh soal berbasis HOTS terhaap hasil belajar Bahasa Arab siswa.

Referensi

Ariyana, Yoki. et al. 2018. Buku Pegangan Pembelajaran Berbasis pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Baderiah. 2018. Buku Ajar Pengembangan Kurikulum. Palopo: Lembaga Penerbit Kampus IAIN Palopo.

Darmadi. et al. 2022. Pengaruh Penerapan Soal HOTS Sebgai Bagian Dari Kurikulum 2013 Teradap Pemahaman Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Vol. 4, No. 1, 2022.

Dinni, Husna Nur. 2018. HOTS (High Order Thinking Skill) Dan Kaitannya Dengan Kemampuan Literasi Matematika, PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 2018.

Fauziah, Indah Rahmi Nur. Dkk. 2020. Analisis Kualitas Tes Bahasa Arab Berbasis High Order Thinking Skill (HOTS). Lisanuna. Vol. 10, No. 1, 2020.

Fanani, Moh. Zainal. 2018. Strategi Pengembangan Soal High Order Thinking Skill (HOTS) dalam Kurikulum 2013. Edudeena. Vol. 2, No. 1, 2018.

Hamalik, Oemar. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hardani. et al. 2020. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu.

Hidayat, Ujang Bahrul. 2019. Modul Penyusunan Soal Keterampilan Beroikir Tingkat Tinggi (High Order Thinking Skill) Bahasa dan Sastra Arab. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Hidayatullah, Mochammad Shofwan. & Mardiyah. 2022. Studi Komparatif KMA No. 183 Tahun 2019 Dengan KMA No. 165 Tahun 2014 Tentang Pedoman Kurikulum 2013 Materi PAI dan Bahasa Arab. CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan. Vol. 2, No. 1, 2022.

Hikmawati, Sholihatul Atik. 2019. Pendekatan dan Model-Model Pengambangan Kurikulum Bahasa Arab Pada Madrasah/Sekolah di Indonesia. Muhadasah: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, Vol. 2, 2019.

Mahmudi, Ihwan. 2020. Evaluasi Pendidikan. Sleman: Lintang Books.

Mardiyah, Tika. Machmudah, Umi. & Rosyidi, Abdul Wahab. 2021. فعالية التدريبات على أساس مهارات التفكير العليا في تعليم القراءة العربية, Arabiyatuna: Jurnal Bahasa Arab, Vol. 5, No. 2, 2021.

Muradi, Ahmad. Dkk. 2020. Higher Order Thinking Skills dalam Kompetensi Dasar Bahasa Arab, Arabi: Journal of Arabic Studies. Vol. 5, No. 2, 2020.

Mustain, Moch Ali. 2019. Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS), Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa III tahun 2019.

Nurhawani. 2019. Eksistensi Bahasa Arab dan Problematika Pembelajarannya di Era Revolusi 4.0, Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu, Aceh: Universitas Serambi Mekkah.

Prihantoro, Wahyu Kholis. & Suyadi. 2021. Islamic Education Based on Higher Order Thinking Skills (HOTS) The Perspective of Neuroscience. AL-MISBAH (Jurnal Islamic Studies), Vol. 9, No. 1, 2021.

Ritonga, Apri Wardana. 2021. Implementasi HOTS Dalam Pembelajaran Bahasa Arab: Peluang dan Tantangannya di Era Digital. PINBA Palangkarya, 2021.

Sassi, Komaruddin. 2020. Peradaban Islam dan Renaissance Barat: Al-Qur’an dan Bahasa Kunci Terdepan Ilmu Pengetahuan. Jurnal At-tahfizh: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir. Vol. 1. No. 2. 2020.

Sofyan, Fuaiddilah Ali. 2019. Implementasi HOTS Pada Kurikulum 2013. Jurnal Inventa. Vol. 3, No. 1, 2019.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suja, Aidillah. 2019. أهمية دراسة اللغة العربية فى فهم معاني القرآن (دراسة عن الفعل العربي). Perada: Jurnal Studi Islam Kawasan Melayu. Vol. 2, No. 2, 2019.

Tim Penulis. 2019. Keputusan Menteri Agama Nomor 183 Tahun 2019 Tentang Kurikulum PAI dan Bahasa Arab Pada Madrasah. Jakarta: Direktorat KSKK Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama Republik Indonesia.

الأمة، سيتي تعمير. 2019. إعداد كراسة التدريبات لمادة تعليم اللغة العربية باستخدام مهارة عمليات التفكير العليا(High Order Thinking Skill) لترقية إنجاز العربية لتلاميذ الصف السابع من المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية 1 سيدوارجوا. رسالة الماجستير. سورابايا: جامعة سونان أمبيل الإسلامية الحكومية.

النعمة، ليلة. 2021. تطوير كراسة التدريبات لتعليم مهارة الكلام المبنية على مهارات التفكير العليا HOTS)) فى المدرسة المتوسطة الإسلامية الحكومية 1 باطي. رسالة الماجستر. مالانح: جامعة مولانا مالك إبراهيم الإسلامية الحكومية مالانج.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2025-02-04

Cara Mengutip

Mahmudi, I., Naqiyah, N., & Setiyadi, A. C. . (2025). PENGARUH SOAL BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII MTS AL-KHAIRIYAH KELAPIAN BANTEN . At-Ta’dib, 18(2), 49–70. https://doi.org/10.21111/attadib.v18i2.10547