Pengaruh Iklim Komunikasi Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Dosen di Universitas Darussalam Gontor
DOI:
https://doi.org/10.21111/sjic.v5i2.9036Keywords:
iklim komunikasi organisasi, kepuasan kerja, dan dosen UNIDA GontorAbstract
Iklim komunikasi yang baik diperlukan dalam mencapai tujuan suatu organisasi agar dapat menghubungkan, mengatur, dan membina lingkungan organisasi. Iklim Komunikasi organisasi berperan penting dalam organisasi sehingga dapat berpengaruh pada kepuasan kerja. Kepuasan kerja merupakan perasaan puas yang dialami pegawai dalam bekerja yang berhubungan dengan kondisi karyawan dan organisasi.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara iklim komunikasi terhadap kepuasan kerja dosen di UNIDA Gontor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Populasi pada penelitian ini adalah dosen tetap di UNIDA Gontor dengan jumlah sampel sebanyak 145 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan proportionate stratified random sampling. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa adanya hubungan yang sangat kuat antara iklim komunikasi dan kepuasan kerja, dan adanya pengaruh yang signifikan antara iklim komunikasi terhadap kepuasan kerja. Hal ini dibuktikan dengan uji korelasi yang memperoleh nilai sebesar 0,834 dengan kategori sangat tinggi. Iklim komunikasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan kerja dengan besar pengaruh sebesar 69,6% sedangkan 30,4% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.
Downloads
Published
2023-03-07
Issue
Section
Articles