KAJIAN LITERASI MEDIA DALAM KIPRAH PERTELEVISIAN PASCA ORDE BARU (PRESPEKTIF KOMUNIKASI ISLAM)

Authors

  • Imam Kurniady Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Hasan Sazali Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.21111/sjic.v5i1.8368

Keywords:

Literasi Media, Televisi, Media Massa, komunikasi islam

Abstract

Televisi sebagai media informasi yang massif digunakan oleh masyarakat dalam lingkup keluarga di rumah. Televisi turut menjadi media informasi yang paling dipercaya  keabsahannya oleh masyarakat saat ini yang terbukti pada data yang dikeluarkan oleh Katadata Insight Center (KIC) dan Kemenkominfo bahwa 47% responden yang menyatakan televisi sebagai media yang lebih dipercaya daripada media lain, hal ini harus disikapi secara tepat oleh masyarakat agar lebih kritis dalam menilai dan menggunakan informasi dari media apapun, termasuk televisi. Oleh karena itu, artikel ini memaparkan terkait pentingnya pemahaman dan praktik literasi media pada masyarakat spesifik pada media massa informasi dalam medium televisi pada masa pasca orde baru dan pandangan islam terhadap hal itu. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur. Penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa masyarakat diharapkan memiliki kompetensi literasi media yang komprehensif sehingga masyarakat mampu menilai dan menggunakan informasi secara tepat dan objektif.

References

AB, S. (2018). Peran Stasiun Televisi dalam Pengembangan Demokrasi, Ekonomi dan Politik di Indonesia. JURNAL SIMBOLIKA: Research and Learning in Communication Study, 3(2), 97. https://doi.org/10.31289/simbollika.v3i2.1455

Abdullah, A., & Puspitasari, L. (2018). Media Televisi Di Era Internet. ProTVF, 2(1), 101. https://doi.org/10.24198/ptvf.v2i1.19880

Arief, Y. (2015). Orde Media: Kajian Televisi dan Media Pasca Orde Bar. INSISTPress.

Bachmair, B., & Bazalgette, C. (2007). The European Charter for Media Literacy: Meaning and Potential. Research in Comparative and International Education, 2(1), 80–87. https://doi.org/10.2304/rcie.2007.2.1.80

Celot, P., & Pérez Tornero, J. M. (2009). Study on Assessment Criteria for Media Literacy Levels: A comprehensive view of the concept of media literacy and an understanding of how media literacy levels in Europe should be assessed. European Association for Viewers’ Interests, October, 1–92.

Center, K. I., & Informatika, K. K. dan. (2022). Survei KIC: Masyarakat Lebih Percaya Televisi dan Media Sosial Ketimbang Situs Resmi Pemerintah | Databoks. Databoks Katadata.Co.Id. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/01/21/survei-kic-masyarakat-lebih-percaya-televisi-dan-media-sosial-ketimbang-situs-resmi-pemerintah

Habibie, D. K. (2018). Dwi Fungsi Media Massa. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 7(2), 79. https://doi.org/10.14710/interaksi.7.2.79-86

Hermanto, B. (2007). Televisi Komunitas: Media Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Komunikasi, 2. https://journal.uii.ac.id/jurnal-komunikasi/article/view/5627/5054

Hobbs, R. (2010). Digital and Media Literacy | KnightComm. http://www.knightcomm.org/digital-and-media-literacy/

Indonesia. (2007). PERATURAN KOMISI PENYIARAN INDONESIA NOMOR 03 TAHUN 2007 TENTANG STANDAR PROGRAM SIARAN. In Ятыатат: Vol. вы12у (Issue 235). http://digilib.unila.ac.id/4949/15/BAB II.pdf

J, S. B. (2010). Pengantar Komunikasi Massa: Literasi Media dan Budaya. Salemba Humanika.

Jusoff, K., & Sahimi, N. N. (2009). Television and Media Literacy in Young Children: Issues and Effects in Early Childhood. International Education Studies, 2(3), 151–157. https://doi.org/10.5539/ies.v2n3p151

Kahfi, A. S. (2005). Informasi dalam Perspektif Islam. 56, 321–328.

Koltay, T. (2011). The media and the literacies: Media literacy, information literacy, digital literacy. Media, Culture and Society, 33(2), 211–221. https://doi.org/10.1177/0163443710393382

LaRosa, R., Davevort, L., & Starubart, J. (2018). Media Now, Understanding Media, Culture and Technology. Thomson Wadsworth.

Mallon, M. (2018). Media Literacy. Public Services Quarterly, 14(4), 329–341. https://doi.org/10.1080/15228959.2018.1519405

Respati, W. (2014). Era Masyarakat Informasi di Indonesia. Humaniora, 5(1), 39.

Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104(July), 333–339. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039

Solmaz, B., & Gokemli, H. N. (2018). Media Literacy and Television Viewing Habits in Media Consumption Process.

Sudibyo, A. (2004). Ekonomi Politik Media Penyiaran. LKIS.

Surbakti. (2008). Tayangan Talevisi Tayangan Misteri dan Kekerasan Mengancam anak anda. Gramedia.

Suwarno. (2014). dan Wujud Kekuasaan Media. 14(3), 239–246.

Webster, J., & Watson, R. T. (2002). Analyzing the Past to Prepare for the Future: Writing a Literature Review. MIS Quarterly, 26(2), xiii–xxiii. https://doi.org/10.1.1.104.6570

Wibisono, B. (2008). Stasiun Televisi Swasta Lokal di Yogyakarta. Universitas Atmajaya Yogyakarta, 2(September 2008), 1–12.

YÖRDEM, A. (2013). Pre-Service ELT Teachers’ Perceptions of Media Literacy in Turkey. 1, 3–23.

Downloads

Published

2022-08-15