Dakwah Sebagai Model Komunikasi Gontor TV Dalam Menanamkan NIlai-Nilai Pendidikan Pesantren

Authors

  • Mohammad Luthfi Universitas Darussalam Gontor
  • Ilham Baheramsyah

DOI:

https://doi.org/10.21111/sjic.v4i1.6048

Keywords:

Kata kunci, Dakwah, Strategi Komunikasi, Gontor TV, Nilai-nilai Pendidikan Pesantren. Keywords, Da’wah, Communication Strategy, Islamic Boarding School Education Values

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi Gontor TV dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan pesantren. Penelitian dilaksanakan menggunakan studi deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di Gontor TV dengan informan pendiri, CEO dan Kepala Bagian Produksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Verifikasi data menggunakan triangulasi metode dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi Gontor TV dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan pesantren melalui konten-konten dakwah yang tersedia di situs Youtube. Para penyiar Gontor TV adalah para asatidz dan santri yang memiliki keterampilan komunikasi. Media yang digunakan dalam menyampaikan konten dakwah adalah Youtube. Seluruh konten Gontor TV bermuatan dakwah yang dikemas dalam nilai-nilai pendidikan pesantren. Audiens Gontor TV adalah masyarakat Islam, khususnya penggelut bidang dakwah dan pendidikan. Penelitian ini memberikan kontribusi positif dalam kajian ilmu komunikasi khususnya Gontor TV dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan pesantren. Da’wah As Communication Model of Gontor TV In Instilling Islamic Boarding School ValuesAbstractThis research aims to determine the communication strategy of Gontor TV in instilling the values of Islamic boarding school education. The research was conducted using a qualitative descriptive study. The research location was conducted in Gontor TV with the founder, the CEO, and the Head of the Production Department as the informants. Data collection techniques are undertaken by observation, documentation, and interviews. Data analysis used Miles and Huberman's model, namely data reduction, data presentation, and conclusion drawing. Data verification used method and source triangulation. The results showed that the communication strategy of Gontor TV in instilling the values of Islamic boarding school education through da'wah content available on the Youtube site. The broadcasters of Gontor TV are asatidz and santri who have communication skills. The media used in delivering da'wah content is Youtube. All Gontor TV content contains da'wah which is packaged in the values of Islamic boarding school education. Gontor TV's audience is an Islamic community, especially those who work in the fields of da'wah and education. This research makes a positive contribution to the study of communication science, especially Gontor TV in instilling the values of Islamic boarding school education.

References

Ahmad, Nur, ‘Komunikasi Sebagai Proses Interaksi Dan Perubahan Sosial Dalam Dakwah’, AT-TABSYIR STAIN Kudus, 2.2 (2014) Aripudin, Acep, Pengembangan Metode Dakwah: Sebuah Pengantar Prof. Dr. Azyumardi Azra, M.A., Cet. 1 (Jakarta: Rajawali Press, 2011) Bungin, Burhan, Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, Dan Ilmu Sosial Lainnya (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2011) Cangara, Hafied, Pengantar Ilmu Komunikasi, Edisi II, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2016) ———, ‘Ilmu Komunikasi Teori Dan Praktek Cetakan Ke-23’, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011 ———, Pengantar Ilmu Komunikasi (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012) Gunawan, Imam, Metode Penelitian Kualitatif: Teori Dan Praktik (Jakarta: Bumi Aksara, 2016) Hanafi, Mochammad, ‘Model Komunikasi Dakwah Dalam Video Klip Salam’alaikum-Haris Jung’ (UIN Sunan Ampel Surabaya, 2018) Harjani, Hefni, Komunikasi Islam (Jakarta: Prenadamedia Group, 2015) Hijaziah, Duratul, ‘Model Komunikasi Dakwah Islamiyah Di Desa Sungai Tuan Kecamatan Astambul’, 2018 Mulyana, Deddy, Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar, Cet. 1 (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2015) Murtadlo, Ali, Gontor Masa Lampau Dan K.H. Imam Zarkasyi Sebagai Figur Pengajarnya (Ponorogo: Gontor Press, 1996) Panuju, Redi, Pengantar Studi (Ilmu) Komunikasi: Komunikasi Sebagai Kegiatan, Komunikasi Sebagai Ilmu (Kencana, 2018) Rakhmawati, Farida Nurul, S Surokim, and Netty Diah Kurniasari, ‘Model Komunikasi Pembelajaran Transferable Skill Sebagai Upaya Meminimalisasi Pengangguran Intelektual Melalui Bengkel Kerja Komunikasi’, Jurnal Komunikasi, 9.2 (2015), 141–58 Suharto, Ahmad, PROFIL PONDOK MODERN DARUSSALAM GONTOR (Ponorogo: Pondok Modern Darussalam Gontor, 2016) Ahmad, Nur, ‘Komunikasi Sebagai Proses Interaksi Dan Perubahan Sosial Dalam Dakwah’, AT-TABSYIR STAIN Kudus, 2.2 (2014) Bakti, Andi Faisal, and Venny Eka Meidasari, ‘Trendsetter Komunikasi Di Era Digital: Tantangan Dan Peluang Pendidikan Komunikasi Dan Penyiaran Islam’, Jurnal Komunikasi Islam, 4.1 (2014) Janitra, Hadyan, ‘Model Komunikasi Radio Suara Gontor Fm Dalam Menyiarkan Program Dakwah Islam’, Sahafa, 2019 Rakhmawati, Farida Nurul, S Surokim, and Netty Diah Kurniasari, ‘Model Komunikasi Pembelajaran Transferable Skill Sebagai Upaya Meminimalisasi Pengangguran Intelektual Melalui Bengkel Kerja Komunikasi’, Jurnal Komunikasi, 9.2 (2015), 141–58

Downloads

Published

2022-04-14