Penggunaan Media Sosial Likee Menurut Perspektif Islam

Authors

  • Fathimatuz Zuhro UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Muhammad Faishol UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.21111/sjic.v3i2.5463

Keywords:

Media Sosial, Likee, Perspektif Islam, Social Media, Islamic Perspective

Abstract

Abstrak            Interaksi sosial dalam kehidupan di dunia ini antara media massa dengan masyarakat telah berlangsung sejak lama. Perkembangan teknologi dalam komunikasi pun semakin maju dan pesat. Media komunikasi yang berkembang ini membuat masyarakat semakin mudah dalam mendapatkan informasi dan menyampaikan pesan walau dalam jarak yang cukup jauh sekalipun. Kemudahan media komunikasi online membuat banyak masyarakat tertarik untuk selalu menggunakannya. Salah satunya dengan adanya aplikasi media sosial likee. Aplikasi ini bisa menjadi media social popular di komunitas yang dicintai dan digunakan oleh berbagai kelompok. Media social like merupakan aplikasi berbagi video yang menyediakan berbagai fasilitas menarik dari efek video dan music, dapat juga menghilangkan beban fikiran/stress dan kebosanan. Selain itu pengguna juga dapat mengembangkan bakat dan kreativitas yang mereka miliki. Dari fenomena ini peneliti tertarik untuk mengulas likee dari perspektif Islam. Tujuan dari kajian ini yakni untuk menganalisis bagaimana pandangan Islam tentang penggunaan dan pemanfaatan media sosial pada umunya dan khususnya pada penggunaan media sosial likee. Penelitian ini menggunakan studi literasi dengan merujuk pada beberapa sumber referensi baik sumber primer maupun sumber sekunder yang berasal dari Al-Qur’an, beberapa buku, Al Hadits, maupun jurnal-jurnal ilmiah terkait. Hasil penelitian ini mengklarifikasi bahwasanya aplikasi likee menurut perspektif Islam ialah media sosial yang baik digunakan untuk menjalin silaturrahmi dan memperluas jaringan pertemanan, memberikan informasi dan sosialiasi, serta dapat bermanfaat sebagai media hiburan. Namun selain itu aplikasi likee ini juga memiliki dampak negative, termasuk kecanduan dalam menggunakan aplikasi likee ini, perilaku lebih dekat pada seks dan pornografi yang dapat melemahkan moral para penggunanya. Karena itulah para pengguna aplikasi likee ini harus lebih bijaksana dalam menggunakan media social ini. AbstractSocial interaction in life in this world between mass media and society has been going on for a long time. The development of technology in communication is also progressing and rapidly. This growing communication media makes it easier for people to get information and convey messages even though they are quite far away. The ease of online communication media has attracted many people to always use it. One of them is the social media application Likee. This application can be a popular social media in a community that is loved and used by various groups. Social media like is a video sharing application that provides various interesting facilities from video and music effects, it can also eliminate the burden of thoughts / stress and boredom. In addition, users can also develop their talents and creativity. From this phenomenon, researchers are interested in reviewing likes from an Islamic perspective. This research uses descriptive literature study. The results of this study clarify that the Likee application according to an Islamic perspective is a good social media used to establish friendship and expand friendship networks, provide information and socialization, and can be useful as a medium of entertainment. But besides that the Likee application also has a negative impact, including addiction to using the Likee application, closer behavior to sex and pornography which can weaken the morale of its users. That's why users of this Likee application must be wiser in using this social media.

Author Biographies

Fathimatuz Zuhro, UIN Sunan Ampel Surabaya

Mahasiswa Magister Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Sunan Ampel Surabaya

Muhammad Faishol, UIN Sunan Ampel Surabaya

Mahasiswa Magister Program Studi Ekonomi Syariah UIN Sunan Ampel Surabaya

References

Akbar, F. (2018). Pandangan fikih terkait Tik Tok dan aplikasi sejenis. Www.Datdut.Com.Asy’ari, M. (2007). Islam dan Seni. Hunafa, 4(2), 1–6.Atmoko, B. D. (2020). 7 Fakta Likee, Aplikasi Berbagi Video Pendek Kekinian. Gizmologi.Id. https://www.google.com/amp/s/gizmologi.id/news/7-fakta-likee/amp/Bagas, F. (2019). Likee si Aplikasi Saingan Tik Tok yang Bisa Diawasi Orang Tua. Nextren.Grid.Id. https://nextren.grid.id/amp/011943709/likee-si-aplikasi-saingan-tiktok-yang-bisa-diawasi-orang-tua?page=2DalamIslam, R. (2019). Media Sosial Menurut Islam dan Dalilnya. Dalamislam.Com. https://dalamislam.com/info-islami/media-sosial-menurut-islamDamar, A. M. (2019). Aplikasi Asal Singapura ini Beri Penghargaan ke-67 Kreator Konten Indonesia. Liputan6.Com. https://m.liputan6.com/tekno/read/4039431/aplikasi-asal-singapura-ini-beri-penghargaan-ke-67-kreator-konten-indonesiaEditor. (2020). Likee, Salah Satu Aplikasi Terpopuler di Q4 2019: Bakal Jadi Fenomena Selanjutnya? Mediasulsel.Com. https://www.mediasulses.com/likee-salah-satu-aplikasi-terpopuler-di-q4-2019-bakal-jadi-fenomena-selanjutnya/Faridah. (2019). Semiotika Tabarruj dalam Al- Quran: Penafsiran QS. Al-AHZ ĀB [33]: 33 dan QS. AN-N Ū R [24]: 31 Perspektif Ferdinand de Saussure. UIN Syarif Hidayatullah.Fatriadi, A. (2004). Perspektif Dakwah Islam Dalam Penggunaan Aplikasi Tiktok Di masa Pandemi COVID-19. 1–11.Fazrin, A. (2021). 5 Fakta Menarik Likee Usai Empat Tahun Dirilis. Selular.Id. https://www.google.com/amp/s/selular.id/2021/01/5-fakta-menarik-likee-usai-empat-tahun-dirilis/amp/Fikri, S. (2014). Seni musik dalam perspektif islam. Studi Multidisipliner, 1(2), 1–25.Hakim, A. R. (2021). 5 Fakta Likee, Platform berbagi Video Pendek Kompetitor Tik Tok. Liputan6.Com. https;//m.liputan6.com/tekno/read/4456192/5-fakta-likee-platform-berbagi-video-pendek-kompetitor-tiktokHaryanto. (2015). Pemanfaatan media sosial sebagai media komunikasi komunitas pustakawan homogen dalam rangka pemanfaatan bersama koleksi antar perguruan tinggi. Edulib, 5(1), 83–89.Iffatin Nur, M. N. M. (2020). Bermedia Sosial Dalam Perspektif Maqashid Syari ’ ah ( Membangun Komunikasi Di Media Sosial Berdasarkan Etika ). Palita, 5(1), 1–14. https://doi.org/http://10.24256/pal.v5i1.1090Izzah, I. (2019). Media Sosial, Antara Peluang dan Ancaman dalam Pembentukan Karakter Anak Didik Ditinjau dari Sudut Pandang Pendidikan Islam. At Ta’lim, 5. https://doi.org/https://doi.org/10.36835/attalim.v5i1.63Jati, M. (2018). Like, Aplikasi Video yang (Katanya) Bersih dari Konten Negatif. Skyegrid Media. https://media.skyegrid.id/like-aplikasi-video-pendek-yang-aman-dari-konten-negatif/Kosasih, E. (2019). Literasi Media Sosial dalam Pemasyarakatan Sikap Moderasi Beragama Social Media Literacy on Socializing Religous Moderate Action. Bimas I Islam, 12(1).Lukmanul Hakim, Zulkifli, R. (2014). Hiburan: muzik, nyanyian, nasyid menurut perspektif fiqh dan fatwa. Infad, 2, 83–108.Malihah, N. (2019). Tiktok dalam Perspektif Al-qur’an. At Tahfizh, 1(01), 40–57.Meodia, A. (2020). 5 Media Sosial Paling Populer di Dunia pada Q2 2020. Antaranews.Com. https://www.google.com/amp/s/m.antaranews.com/amp/berita/1678882/5-media-sosial-paling-populer-di-dunia-pada-q2-2020Muttaqin, A. (2011). Praktik Dzikir Sufi Tarekat Maulawiyyah dalam Perspektif Hukum Islam. UIN Syarif Hidayatullah.Nasrullah, R. (2015). Media Sosial: perspektif komunikasi, budaya, dan sosioteknologi. Simbiosa Rekatama Media. https://pustaka.pu.go.id/biblio/media-sosial-perspektif-komunikasi-budaya-dan-sositeknologi/E2K85Redaksi3. (2020). Aplikasi Tiktok dalam Pandangan Islam. Ibadah.Co.Id. https://ibadah.co.id/islamika/aplikasi-tiktok-dalam-pandangan-islam/Setiadi, A. (2016). Pemanfaatan media sosial untuk efektifitas komunikasi. Humaniora, 16(1).Sudirman, M. (2016). Aurat Wanita Dan Hukum Menutupnya Menurut Hukum Islam ‘. Al Maiyyah, 9(2), 315–331.Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.Trie Damayanti, I. G. (2019). KAJIAN DAMPAK NEGATIF APLIKASI BERBAGI VIDEO BAGI ANAK-ANAK DI BAWAH UMUR DI INDONESIA. Communication 10, April, 1–15.Wandi. (2020). Social Media Tik Tok in Islamic Perspective. Palakka, 1(1), 13–22.Watie, E. D. S. (2011). Komunikasi dan Media Sosial ( Communications and Social Media ). The Messenger, III, 69–75.Zuchdi, D. (1995). Pembentukan Sikap. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3), 51–63.

Downloads

Published

2021-01-31