Pengaruh Iklim Komunikasi Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai di Toko Bangunan KUK Latansa Gontor Ponorogo

Penulis

  • Rahmat Riyansyah Universitas Darussalam Gontor
  • M. Rifai Universitas Darussalam Gontor

DOI:

https://doi.org/10.21111/sjic.v3i2.5407

Kata Kunci:

Iklim komunikasi, Iklim Komunikasi Organisasi, Kinerja Pegawai, Toko Bangunan KUK Latansa, Organizational Communication, Organizational Communication Climate, Employee Performance, KUK Latansa Building Stores.

Abstrak

AbstrakTujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh iklim komunikasi organisasi terhadap kinerja pegawai di Toko Bangunan KUK Latansa Gontor Ponorogo. Metode Penelitian ini merupakan jenis penelitian Kuantitatif Asosiatif. Dalam pelaksanaanya menggunakan metode penelitian survey dan data dikumpulkan melalui kuisioner dengan skala likert. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 20 orang pegawai yang terdiri dari 13 orang guru pengabdian dan 7 orang karyawan dari masyarakat sekitar. Hasil penelitian ini adalah terdapat hubungan positif dan signifikan antara iklim komunikasi organisasi dengan kinerja pegawai dengan koefisien korelasi rhitung>rtabel sebesar (0,452 > 0,4438). Uji koefisien dengan koefisien determinasi (r2) sebesar 0,204 pada taraf signifikansi α=0,05. Dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebesar 20,4% kinerja karyawan dipengaruhi oleh variabel iklim komunikasi orgnisasi, sedangkan sisanya sebesar 79,6% dipengaruhi oleh variabel lain.AbstractThe purpose of this study was to find out how much influence the organization's communication climate has on the performance of employees in the Latansa Gontor Ponorogo Kuk Building Store. This research method is a type of Associative Quantitative research. In its implementation using survey research methods and data collected through questionnaires with Likert scale. The number of samples in this study was 20 employees consisting of 13 service teachers and 7 employees from the surrounding community. The result of this study is that there is a positive and significant relationship between the communication climate of the organization and the performance of employees with a coefficient of rcount>rtable correlation of (0.452 > 0.4438). Test the coefficient with a coefficient of determination (R2) of 0.204 at a α=0.05. This study showed that 20.4% of employee performance is influenced by variables of organizational communication climate, while the remaining 79.6% is influenced by other variables.

Referensi

Arni, muhammad. (2005). Komunikasi Organisasi. Bumi Aksara.Faizal, aan, N. (2019). Aan Faizal, Nahdiana, “Pengaruh Iklim Komunikasi Organisasi terhadap Kinerja Karyawan pada PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Unit Toddopuli Makassar”, Jurnal of Communication Sciences (JCoS) Vol 1 No 2, 2019. Jurnal of Communication Sciences, 1(2).Halim, Y. (2016). Pengaruh Iklim Komunikasi Dalam Organisasi Terhadap Kinerja Karyawan di RSUP Fatmawati. Universitas Islam Negri Jakarta.Maknunah, L. (2016). Pengaruh Iklim Komunikasi Terhadap Kinerja Organisasi di Unit Kegiatan Mahasiswa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Universitas Islam Negri Yogyakarta.Pace, W. dan D. F. (2018a). Komunikasi Organisasi: Strategi Meningkatkan Kinerja perusahaan. PT Remaja Rosdakarya.Pace, W. dan D. F. (2018b). Komunikasi Organisasi: Strategi Meningkatkan Kinerja perusahaan. PT Remaja Rosdakarya.Ruliana, P. (2016). Komunikasi Organisasi Teori dan Studi Kasus. Rajawali Press.Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.Suranto, A. (2018). Komunikasi Organisasi. PT Remaja Rosdakarya.Suwatno. (2018). Komunikasi Organisasi Kontemporer. Simbiosa Rekatama Media.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-01-31