Komunikasi Interpersonal antara Wali Kelas dengan Santri Kelas 3 dalam Penanaman Nilai-Nilai Akhlak
DOI:
https://doi.org/10.21111/sjic.v3i2.5365Keywords:
Komunikasi interpersonal, Penanaman Nilai-nilai Akhlak, Santri kelas 3, Wali kelas, Interpersonal communication, Cultivation of Moral Values, Students of class 3, academic supervisorAbstract
References
Aminudin, M., & Setyaningsih, R. (2019). Komunikasi Interpersonal Wali Kelas Terhadap Santri Dalam Pendisiplinan Bahasa Resmi Gontor. Sahafa Journal of Islamic Communication, 2(1), 1. https://doi. org/10.21111/sjic.v2i1.2864Andini, T. (2015). Proses Komunikasi Interpersonal Pembina Dalam Mengubah Perilaku Warga Binaan Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas Ii B Anak Pekanbaru. Jom Fisip, 2(2), 1–10.Daryanto dan Rahardjo, M. (2016). Teori Komunikasi (Cetakan Pe). Yogyakarta: Gava Media.Devito, J. A. (2011). Komnunikasi Antar Manusia (Kelima). Tangerang: Karisma Publishing Group.Hidayat, M. (2017). Model Komunikasi Kyai Dengan Santri di Pesantren. Jurnal ASPIKOM, 2(6), 385–395. https://doi.org/10.24329/aspikom. v2i6.89Hidayat, W. (2016). Komunikasi Interpersonal Antara Pembina dengan Santri dalam Penanaman Nilai-Nilai Akhlak Di Madrasah Aliyah( MA) Pondok Pesantren Sultan Hasanuddin. Universitas Alauddin Makassar.Liliweri, A. (2015). Komunikasi AntarPersonal. Jakarta: Prenadamedia Group.Novianti, R., Sondakh, M., & Rembang, M. (2017). Komunikasi Antarpribadi Dalam Menciptakan Harmonisasi (Suami Dan Istri) Keluarga Didesa Sagea Kabupaten Halmahera Tengah. Acta Diurna, VI(2).Nusantara, A. A. P., & Setyaningsih, R. (2018). Strategi Komunikasi Wali Kelas Dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Santri Kelas Lima Di PMDG Sesuai Nilai-Nilai Islam. Sahafa Journal of Islamic Communication, 1(2), 143–156. https://doi.org/10.21111/sjic. v1i2.2147P.Pontoh, W. (2013). Peranan Komunikasi Interpersonal Guru Dalam Meningkatkan Pengetahuan Anak. “Acta Diurna” Vol I.No.I Th.2013, 1(1), 11.Pane, F. (2016). Komunikasi Interpersonal Pengasuh Dalam Membentuk Sikap Positif Anak Didik Dipanti Asuhan Aisyiyah Pekanbaru. Jom Fisip, 3(1), 1–8.Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif R&D (11th ed.). Bandung: CV Alfabeta.Sutarsih, E. (2017). Pendidikan Akhlak: Pembiasaan Sikap Disiplin dan Tanggung Jawab pada Siswa di SMK Negeri 3 Purbalingga. IAIN Purwokerto.Wahyuningtyas, D. (2015). Peran Gesture (Gerak Tubuh) Guru Sebagai Upaya Menumbuhkan Perhatian Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah Menengah Kejuruan Ketintang Surabaya. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.