Analisis Iklim Komunikasi Organisasi Asrama Al Azhar Pondok Modern Darussalam Gontor 2

Authors

  • Muhammad Hanif Aditya University of Darussalam

DOI:

https://doi.org/10.21111/sjic.v2i2.4233

Keywords:

Iklim Komunikasi, Asrama Al-Azhar, Pondok Modern Darussalam Gontor, Climate Communication, Al-Azhar Dormitory

Abstract

Abstrak Asrama Al-Azhar merupakan tempat tinggal bagi santri baru Pondok Modern Darusalam Gontor Kampus 2.  Berbagai prestasi banyak diraih oleh santri yang tinggal di asrama ini. Hal ini menunjukan bahwa iklim komunikasi organisasi antara pengurus dan anggota asrama berjalan cukup baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui iklim komunikasi organisasi pada asrama Al-Azhar Pondok Modern Darusalam Gontor Kampus 2. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode survei. Teknik pengambilan sample menggunakan probability sampling dengan teknik simple random sampling. Sampel dalam penilitian ini berjumlah 122 responden. Hasil penelitian menunjukan bahwa tiga indikator iklim komunikasi organisasi pada asrama Al-Azhar lantai 1 Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 2 bernilai positif atau memuaskan karena berhasil mencapai hasil koefisien yang dibutuhkan yaitu 0,8. Indikator tersebut adalah  keputusan bersama, keterbukaan dalam konteks komunikasi ke bawah dan indikator perhatian pada tujuan berkinerja tinggi. Sedangkan tiga indikator yang lainnya perlu   ditingkatkan karena menunjukkan hasil yang kurang memuaskan. Indikator tersebut adalah indikator kepercayaan, indikator kejujuran dan mendengarkan dalam konteks komunikasi ke atas. AbstractAl Azhar Dormitory is a residence for new students of Darussalam Gontor Islamic Institution Campus 2. Many achievements were achieved by students who were in this hostel. This shows that the organizational communication climate between the board and boarding members runs quite well. The purpose of this study was to determine the climate of organizational communication at the Al Azhar Dormitory in Darussalam Gontor Islamic Institution Campus 2. This study used a quantitative descriptive approach with survey methods. The sampling technique uses Probability Sampling with a simple random sampling technique. The sample in this study was 122 respondents. The results this study showed that the three indicators of organizational communication climate in the Al-Azhar dormitory 1st floor Pondok Modern Darussalam Gontor Campus 2 were positive or satisfying because they succeeded in achieving the required coefficient results of 0.8. These indicators are joint decisions, openness in the context of downward communication and indicators of attention to high-performance goals. While the other three indicators need to be improved because they show unsatisfactory results. These indicators are indicators of trust, honesty and listening indicators in the context of upward communication 

References

Benedicta, Y. . (2013). Pengaruh Iklim Komunikasi Organisasi Pt. Djatim Super Cooking Oil Surabaya Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal E-Komunikasi, 1.Effendy, O. U. (2003). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. PT. Citra Aditya Bakti.Liliweri, A. (2004). Wacana Komunikasi Organisasi. Mandar Maju.Musfialdy. (2012). Organisasi dan Komunikasi Organisasi. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Ria.Newstrom, D. K. & J. W. (2004). Perilaku dalam Organisasi. Alih Bahasa Agus Darma. Erlangga.Pace, W. & D. F. F. (2013). Komunikasi Organisasi-Strategi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. PT Remaja Rosdakarya Offset.Robbins, Stephen P. & Judge, T. A. (n.d.). Perilaku Organisasi, alih bahasa oleh Diana Angelica, Ria Cahyani, dan Abdul Rosyid. Salemba Empat.Romli, K. (2015). Komunikasi Organisasi Lengkap. Grasindos.Susilawati. (2010). Komunikasi Organisasi dalam Kepemimpinan pada PT Tempo Inti Media. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.Syuhada. (2010). Iklim Komunikasi Organisasi (Studi Deskriptif Iklim Komunikasi Organisasi pada Club Motor Yamaha Mio Surabaya). Universitas Pembangunan Nasional “VETERAN” Jawa Timur.Tibyan. (2014). Peran Komunikasi Organisasi Pada Loyalitas Kariyawan (Studi Kualitatif PO. Blue Star Salatiga). UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.Umar, H. (2003). Metode Riset Bisnis. Gramedia Pustaka Utama.

Downloads

Published

2020-01-18