Strategi Komunikasi Lembaga Pengasuhan Santri dalam Meningkatkan Disiplin Santri Pondok Modern Darussalam Gontor

Authors

  • Rizqi Ridlo Aidil Universitas Darussalam Gontor
  • M. Rifa'i Universitas Darussalam Gontor

DOI:

https://doi.org/10.21111/sjic.v2i2.3370

Keywords:

Strategi komunikasi, lembaga pengasuhan santri, Pondok Modern Darussalam Gontor, kedisiplinan, communication strategy, guidance department, discipline

Abstract

AbstrakJumlah pelanggaran disiplin santri Pondok Modern Darussalam Gontor meningkat pada periode tahun ajaran 2018-2019 yang menandakan bahwa tingkat kedisiplinan santri menurun, padahal Pondok Modern Darussalam Gontor memiliki Lembaga Pengsuhan Santri untuk meningkatkan kedisiplinan santri. Maka strategi komunikasi Lembaga Pengasuhan Santri dalam meningkatkan kedisiplinan merupakan suatu hal yang menarik untuk diteliti. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi Lembaga Pengasuhan Santri Pondok Modern Darussalam Gontor dalam meningkatkan kedisiplinan santri. Penelitian ini menggunakan metode field research (penelitian lapangan) dan library research (penelitian kepustakaan). Adapun  sumber data yang digunakan adalah data-data primer dan sekunder yang disajikan oleh sumber data Pondok Modern Darussalam Gontor dan dari hasil wawancara yang didapatkan melalui beberapa informan yang memenuhi kriteria. Analisis menggunakan analisis deskriptif. Teori yang digunakan adalah teori Harold D. Lasswell mengenai strategi pemilihan komunikator, pesan, media dan komunikan dalam proses komunikasi. Berdasarkan analisa data, diperoleh kesimpulan bahwa Lembaga Pengasuhan Santri melakukan kebijakan pemilihan komunikator dengan memperhatikan faktor kredibilitas dari segi pengalaman santri, daya tarik dari segi kesamaan antar santri dan power dari segi senioritas santri di dalam lingkup pondok; kemudian memilih strategi pemilihan pesan berupa komunikasi verbal dan non verbal yang berbentuk pesan informatif dan persuasif; dan lebih memilih media yang berupa perkumpulan untuk proses penyampaian pesan; serta mengamati faktor sosiodemografik, psikologi dan perilaku komunikan melalui frekuensi jumlah pelanggaran. Penelitian ini diharapkan dapat menambah perkembangan sistem dalam meningkatan kedisiplinan santri dan menjadi dasar acuan informasi tentang kajian strategi komunikasi. AbstractThe number of violations of the disciplines students in Islamic Pondok Modern Darussalam Gontor increased in the period of the 2018-2019 school year, indicating that the level of discipline of students decreased, whereas Pondok Modern Darussalam Gontor had a Guidance Department to increase student discipline. So the communication strategy of the Guidance Department Institution in improving discipline is an interesting thing to study. The purpose of this study was to find out how the communication strategy of Guidance Departmet in improving student discipline. This research uses the field research method and library research. The used source of data are primary data and secondary data presented by Pondok Modern Darussalam Gontor data sources and from interviews obtained through several informants who met the criteria. The analysis of using descriptive analysis. The used theory is Harold D. Lasswell's theory of the selection strategy of communicators, messages, media and communication in the communication process. Based on the data analysis, it was concluded that the Guidance Department carries out the communicator selection policy by taking into account the credibility factor in terms of the santri experience, attractiveness in terms of equality between santri and power in terms of santri seniority within the scope of the hut; then choose the message selection strategy in the form of verbal and non-verbal communication in the form of informative and persuasive messages; and prefers media in the form of associations for the process of delivering messages; and observing sociodemographic factors, psychology and communicant behavior through the frequency of the number of violations. This research is expected to be able to add to the development of the system in increasing the discipline of students and become the basis of reference information on the study of communication strategies.

References

abdullahzaen. (2019). muslim.or.id.Cangara, H. (1998). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Grafindo.Cangara, H. (2006). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: PT. Grafindo.Effendy, O. U. (1993). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.Effendy, O. U. (2003). Ilmu, Teori dan Filsafat Komunikasi. Bandung: Citra Aditya Bakti.maghfiroh. (2018). Al Qur’an al karim. jakarta timur.Mulyana, D. (2007). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Jakarta: Rosdakarya.

Downloads

Published

2020-05-19