Analisis Komunikasi Organisasi Dalam Membangun Loyalitas Mahasiswa Guru Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 2

Authors

  • Muhammad Harun Al-Rosyid Universitas Darussalam Gontor

DOI:

https://doi.org/10.21111/sjic.v2i2.3181

Keywords:

Komunikasi Organisasi, loyalitas, mahasiswa guru, Organizational Communication, loyalty

Abstract

AbstrakLoyalitas mahasiswa guru merupakan salah satu faktor pendukung dalam upaya mencapai tujuan Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 2. Dalam menumbuhkan sikap loyal mahasiswa guru, komunikasi organisasi menjadi salah satu aspek penting yang terapkan dalam setiap aktivitas organisasi yang dijalankan. Penelitian ini memfokuskan permasalahan pada komunikasi organisasi Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 2 dalam  membangun loyalitas mahasiswa guru beserta hambatan-hambatannya. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subyek penelitian delapan orang yang ditetapkan melalui metode purposive sampling. Pengumpulan data melalui wawancara mendalam, observasi serta studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi organisasi dalam meningkatkan loyalitas mahasiswa guru Pondok Modern Darussalam Gontor kampus 2 melalui komunikasi wakil pengasuh kepada staf pengasuhan, komunikasi mahasiswa guru kepada wakil pengasuh secara langsung, dan komunikasi diantara sesama mahasiswa guru. Penelitian ini memberikan kontribusi positif dalam kajian komunikasi organisasi khususnya komunikasi organisasi yang dilakukan oleh Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 2 dalam membangun loyalitas mahasiswa guru. AbstractLoyalty of mahasiswa guru is one of the supporting factors in efforts to achieve the goal of Pondok Modern Darussalam Gontor Campus 2. In fostering a loyal attitude of mahasiswa guru, organizational communication is one of the important aspects that is applied in every organizational activity carried out. This study focuses the problem on organizational communication at Pondok Modern Darussalam Gontor Campus 2 in building loyalty of mahasiswa guru and its obstacles. The study used a qualitative descriptive approach with eight research subjects determined through the purposive sampling method. Data collection through in-depth interviews, observation and documentation study. The results showed that organizational communication in increasing the loyalty of mahasiswa guru at Pondok Modern Darussalam Gontor Campus 2 through communication between the caregiver representatives to the care staff, mahasiswa guru communication to the caregiver representatives directly, and communication between fellow mahasiswa guru. This research gives a positive contribution in the study of organizational communication, especially organizational communication conducted by Pondok Modern Darussalam Gontor Campus 2 in building loyalty of mahasiswa guru. 

References

Muhammad, Arni. 2015. Komunikasi Organisasi. Jakarta: Bumi Aksara.Muhammad, Dr. Arni. 2017. Komunikasi Organisasi. Bumi Aksara.Mulyana, Deddy. 2007. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Edisi Revisi.Musfialdy. 2012. “Organisasi Dan Komunikasi Organisasi.” Jurnal Kutubkhana 15: 87–88.Pace, R. Wane & Don F. Faules. 2015. Komunikasi Organisasi, Stretegi Meningkatkan Kinerja Perusahaan. Rosda.Zufani, Zufani, Belferik Manullang, and Abdul Muin Sibuea. 2017. “Pengaruh Keteladanan Kepala Sekolah, Iklim Kerja Organisasi, Kepuasan Kerja Terhadap Loyalitas Kerja Guru SMP Kecamatan Medan Amplas.” TABULARASA. https://doi.org/10.24114/jt.v14i3.9748.

Downloads

Published

2020-06-30