Model Komunikasi Radio Suara Gontor Fm dalam Menyiarkan Program Dakwah Islam

Authors

  • Hadyan Janitra Universitas Darussalam Gontor
  • Mohammad Luthfi Universitas Darussalam Gontor

DOI:

https://doi.org/10.21111/sjic.v2i1.3186

Keywords:

Model Komunikasi, Suara Gontor FM, Program Dakwah Islam, Communication Model, Gontor FM Voice, Islamic Da’wah Program

Abstract

AbstrakSuara Gontor FM merupakan radio yang dimiliki oleh pondok modern Darussalam Gontor dan memiliki program dakwah lebih besar dari program siar lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model komunikasi radio suara Gontor FM dalam menyiarkan program Dakwah Islam serta hambatan-hambatannya.Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian dilakukan di PT. Radio Suara Gontor FM dengan subyek penelitian CEO, penyiar dan pendengar. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa komunikator radio Suargo fm adalah guru yang dipilih berdasarkan kriteria kredibiltas, daya tarik, dan kemampuan penyiar. Penyampaian pesan dakwah bersifat informatif, persuasif dan edukatif. Media yang digunakan sebagai saluran adalah radio dan internet yang mencakup media social seperti whatsapp, facebook, twitter, dan instagram. Pemetaan komunikan dilakukan dengan pendekatan sosiodemografik, psikologis dan karakteristik perilaku penyiar. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif terhadap radio Suargo fm dalam menyiarkan program dakwah Islam dan memiliki sumbangsih pemikiran dalam kajian ilmu komunikasi khususnya bidang broadcasting radio.AbstractSuara Gontor FM is a radio owned by the modern Darussalam Gontor cottage and has a da’wah program greater than other broadcast programs. This study aims to determine the Gontor FM voice radio communication model in broadcasting the Islamic Da’wah program and its obstacles. This research was conducted with a qualitative descriptive approach. The location of the study was conducted at PT. Radio Suara Gontor FM with research subjects as CEOs, broadcasters and listeners. Data collection techniques are done through observation, documentation and interviews. The results of this study indicate that Suargo FM radio communicators are teachers who are selected based on credibility criteria, attractiveness, and the ability of broadcasters. The delivery of da’wah messages is informative, persuasive and educative. The media used as channels are radio and internet which includes social media such as WhatsApp, Facebook, Twitter, and Instagram. The communicant mapping was carried out using a sociodemographic, psychological and behavioral characteristics of the announcer. This research is expected to make a positive contribution to the radio Suargo FM in broadcasting Islamic da’wah programs and to contribute ideas in the study of communication science, especially in the field of radio broadcasting.

References

Changara, H. (2017). Perencanaan & Strategi Komunikasi. Jakarta: Rajawali Press.Effendy, O. U. (2016). Ilmu Komunikasi; Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.Franciscus, T. junior L. (2013). Pengantar Ilmu Broacasting & Cinematography. Jakarta: In Media.Gontor FM, S. (2007). Proposal Pt. Radio Suara Gontor Fm .Mulyana, Dedy. (2015). Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya.Ramadhan, Z. Y., Maruta, I. A., & Satvikadewi, A. A. . P. (2019). KREDIBILITAS PENYIAR JEJE RADIO 105.1 FM SURABAYA DALAM PROGRAM MARATHON HITS MALAM. Retrieved from https://jurnal.untag-sby.ac.id/ index.php/representamen/article/ download/1404/1175Santi Indra Astuti. (n.d.). PEMANFAATAN RADIO SEBAGAI MEDIA DAKWAH, JAWABAN ATAS TANTANGAN BERDAKWAH DI ERA GLOBALISASI. Retrieved from https://media.neliti. com/media/publications/155867-IDpemanfaatan-radio-sebagai-mediadakwah-j.pdfSugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.Vardiansyah, D. (2014). Pengantar Ilmu Komunikasi. Bogor: Ghalia Indonesia.

Downloads

Published

2019-07-07