PERENCANAAN KOMUNIKASI PENDIDIKAN KARAKTER BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS SEKOLAH DASAR MUHAMMADIYAH KOTA MADIUN

hery nugroho, Nurhana Marantika

Abstract

SD Muhammadiyah Kota Madiun merupakan sekolah inklusi satu-satunya di Kota Madiun. Sekolah inklusi merupakan lembaga pendidikan dengan sistem pelayanan pendidikan yang mensyaratkan anak berkebutuhan khusus belajar di sekolah-sekolah terdekat di kelas biasa bersama teman-teman seusianya. Di sekolah dasar ini peserta didik berkebutuhan khusus belajar, bermain, dan berinteraksi dengan peserta didik biasa pada umumnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan komunikasi pendidikan karakter terhadap peserta didik berkebutuhan khusus di SD Muhammadiyah Kota Madiun dengan menggunakan model perencanaan komunikasi alur tanda “?”. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian kepala sekolah, guru, dan karyawan SD Muhammadiyah Kota Madiun. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini adalah perencanaan komunikasi pendidikan karakter untuk peserta didik berkebutuhan khusus SD Muhammadiyah Kota Madiun sangatlah dibutuhkan untuk mencapai tujuan yang diharapkan yaitu menanamkan kepada peserta didik berkebutuhan khusus mengenai nilai-nilai luhur sebagai bekal dalam berkehidupan bermasyarakat kelak. Pesan yang disampaikan dalam pendidikan karakter adalah nilai-nilai utama yang diintenalisasikan dalam pendidikan karakter adalah  nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, semangat kebangsaan, cinta tanah air, mengargai prestasi, bersahabat, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggung jawab dengan media atau saluran tatap muka. Media atau saluran komunikasi yang digunakan adalah saluran komunikasi tatap muka. Saluran komunikasi ini dianggap paling efektif saat ini dalam rangka menginternalisasikan nilai-nilai luhur dalam pembentukan karakter pada peserta didik. Evalusi hasil pendidikan karakter dilakukan tiap akhir semester untuk mengetahui sejauh mana peserta didik berkebutuhan khusus mampu menerima dan mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung dalam pendidikan karakter

Keywords

perencanaan komunikasi; pendidikan karakter; anak berkebutuhan khusus.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 5 times
PDF - 4 times

References

Changara, Hafied.(2013). Perencanaan dan Strategi Komunikasi. Jakarta: Rajawali Press.

Desiningrum, Dinie Ratri. (2016). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus. Yogyakarta: Psikosain

Hidayati, N. (2011). Dukungan sosial bagi keluarga anak berkebutuhan khusus. INSAN, 13(1), 12-20.

Iriantara, Yosal dan Usep Syaripudin. (2013). Komunikasi Pendidikan. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Jamaris, M. (2013). Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan. Jakarta: Ghalia Indonesia

Jamilah Candra Pratiwi. Sekolah Inklusi Untuk Anak Berkebutuhan Khusus: Tanggapan Terhadap Tantangan Kedepannya. Prosiding Seminar nasional Pendidikan. ISBN: 978-979-3456-52-2

Maftuhatin, L. (2014). Evaluasi Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Kelas Inklusif di SD Plus Darul ‘Ulum Jombang. Religi: Jurnal Studi Islam, 5(2), 201-227.

Nuryani, SP. (2016). Pola Komunikasi Guru Pada Siswa Anak Berkebutuhan Khusus Di Sekolah Menengah Kejuruan Inklusi. Jurnal Kajian Komunikasi, 4 (2).

Pujileksono, Sugeng. (2016). Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif. Malang: Intrans Publishing.

Riswandi, (2009). Ilmu Komunikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu

Suwardi, S., & Samino, S. (2014). Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pengembangan Lembaga Pendidikan Islam Sekolah Kreatif SD Muhammadiyah Kota Madiun. Manajemen Pendidikan, 9 (2), 186-195.

Wibowo, Agus. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter Di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

_____________. (2010). Buku Induk Pembangunan Karakter. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.