Komunikasi Interpersonal antara Ibu Single Parent dengan anak remaja

chaidirrullah chaidirrullah, Abdullah Abdullah

Abstract

ABSTRAK

Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan komunikasi interpersonal antara ibu (single parent) dengan anak remaja di Kelurahan Kertosari.

Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Kertosari kab. Ponorogo dan berlangsung selama tiga  bulan. Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif mengacu pada penelitian lapangan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara mendalam, dan kepustakaan. Data yang diperoleh diolah secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas, yaitu dengan cara mengumpulkan data, mereduksi data, penyajian data, dan menyimpulkan data untuk memberikan gambaran mengenai masalah yang dibahas dalam penelitian serta dikembangkan berdasarkan teori yang digunakan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi interpersonal antara ibu single parent dengan anak remajanya, belum sepenuhnya berjalan secara efektif sehingga kebersamaan sulit terjalin. Kebersamaan meliputi keterbukaan, Empati, Mendukung, Positif, Kesetaraan. Penelitian ini juga menemukan beberapa faktor yang menghambat komunikasi antara orang tua single parent dan anak yakni sibuk beraktifitas sehari – hari, perasaan tidak nyaman, takut dan canggung yang dirasakan oleh anak, serta emosi orang tua yang kurang terbimbing sehingga tidak terjalin kebersamaan dalam keluarga.

Keywork: Komunikasi Interpersonal, Single Parent, Remaja.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 16 times
PDF - 14 times

References

DAFTAR PUSTAKA

Sumber buku

D. Wisnuwadhani, S. Fatmawati Mashoedi. 2012. Hubungan Interpersonal. Jakarta: Penerbit Salemba Humanika. Hlm:125

Edi, dan Syarwani, “komunikasi Antarpribadi” perilaku insani dalam organisasi pendidikan, PT. Raharja Grafindo Persada, Jakarta, cetakan ke-1, tahun 2014, hlm, vi.

Hamka. 1982 “Tafsir Al Azhar” PT Pustaka Panjimas, Jakarta.

Hasil wawancara dengan ketiga informan di kediamanya kelurahan kertosari Ponorogo pada 14 april 2018.

Gunarsa, Yulia Singgih D. & Singgih D. Gunarsa. 2012. Psikologi untuk Keluarga. Jakarta: Penerbit Libri.

Kamus Bahasa Indonesia (kbbi).

L. Tubbs, Sylvia Moss. (2005). Human Communication: Prinsip-Prinsip Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyana, Deddy. (2000). Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Qiami, Ali. 2003. Single Parent: Peran Ganda Ibu dalam Mendidik Anak. Terjemahan Oleh MJ. Bafaqih. Bogor: Penerbit Cahaya.

Terjemah Al – Qur’an almahira cetakan 2, Juli 2016, hak cipta dilindungi UU.

Sumber jurnal

H. A.W. Widjaya, 1986, Komunikasi Dan Hubungan Masyarakat, (Jakarta: Bina Aksara), Hlm. 26

Sarah Sianturi, Komunikasi Interpersonal Orang Tua Dan Anak Tentang Pendidikan Kesehatan Repdoruksi, Studi Deskriptif Kuantitatif Mengenai Komunikasi Interpersonal Orang Tua Dan Anak Tentang Pendidikan Kesehatan Reproduksi Pada Siswa SMA Negeri 12 Medan, hlm 3.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.