Analisis Media Richness Theory Dalam Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Laziswaf Unida Gontor Untuk Meningkatkan Filantropi Islam
DOI:
https://doi.org/10.21111/sjic.v6i2.11520Abstract
Perkembangan media digital saat ini sangat pesat, sehingga memudahkan hampir semua pekerjaan manusia, salah satunya dalam aksi kemanusiaan atau yang dikenal dengan filantropi. Filantropi adalah bentuk kepedulian seseorang atau kelompok terhadap orang lain. UNIDA Gontor memiliki LAZISWAF sebagai lembaga untuk berbagi dan memperkuat filantropi Islam, khususnya di lingkungan perguruan tinggi pesantren. Tujuan penilitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Analisis Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi Laziswaf UNIDA Gontor Untuk Meningkatkan Filantropi Islam Dalam Tinjauan Media Richness Theory. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian menggunakan teknik analisis data lapangan Milles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, publikasi konten kurang produktif. Kedua, konten yag diunggah bervariasi. Ketiga, keragaman bahasa. Keempat, tersedianya kontak admin. Kelima, perekaman eksternal belum dilakukan. Keenam, interaksi dengan khalayak telah dilakukan. Penelitian ini diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam pengelolaan instagram khususnya di lingkungan perguruan tinggi pesantren.
Downloads
Published
2024-05-02
Issue
Section
Articles