Upaya Peningkatan Kemampuan Bahasa Arab Bagi Jama’ah Islamic Center “Abdullah Ghanim As-Syamail” Ponorogo Melalui Pelatihan Pembelajaran Bahasa Arab Intensif

Penulis

  • Yoke Suryadarma Universitas Darussalam Gontor
  • Agus Yasin Universitas Darussalam Gontor
  • A Mukti Baiquni Universitas Daontor
  • Herman Herman Universitas Darussalam Gontor
  • Riza Hamid Ramadhani Universitas Darussalam Gontor

DOI:

https://doi.org/10.21111/ku.v1i2.2491

Kata Kunci:

pembelajaran bahasa arab intensive, islamic center, Bahasa Arab, pembelajaran bahasa, komunitas masyarakat.

Abstrak

Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa yang banyak dipakai di dunia, bahkan di Indonesia. Selain itu Bahasa Arab juga mulai diminati oleh banyak masyarakat, termasuk masyarakat Ponorogo. Islamic Center “Abdullah Ghanim As-Syamail” Ponorogo merupakan komunitas masyarakat muslim di Kabupaten Ponorogo yang juga menaruh minat pada bahasa Arab. Namun terdapat kendala, salah satunya tidak adanya pengajar yang mampu mengajar bahasa Arab pada komunitas atau jamaah  Islamic Center “Abdullah Ghanim As-Syamail” Ponorogo tersebut. Untuk itulah, Tim dosen dibantu beberapa mahasiswa PBA melaksanakan pengabdian masyarakat berupa pelatihan pembelajaran bahasa Arab intensive bagi jama’ah tersebut. Setelah pelaksanaan pembelajaran, terlihat adanya peningkatan hasil pembelajaran bahasa Arab para jama’ah. Hal ini terlihat dari hasil perbedaan antara hasil pretest dan postest yang cukup signifikan. Selain itu, dari hasil kuisioner terlihat juga bahwa pembelajaran bahasa Arab yang diterapkan bagi jama’ah ini mendapatkan hasil yang memuaskan atau layak dengan tingkat kepuasan 85,4% .  

Referensi

Alif Cahya Setiyadi dan Yoke Suryadarma. Kitabun fi Al-Qiro’ah Al-Arabiyah. Ponorogo:UNIDA Press. 2017.
Al-Ghulayaini, Musthofa. Jami’u Ad-durus Al-Arabiyah. Beirut: Al-Maktabah Al-Ashriyah. 2005
Chaer, Abdul. Kajian Bahasa Struktur Internal, Pemakaian dan Pembelajaran. Jakarta :Rineka Cipta. 2013
Qismu Al-Manhaj Ad-Dirosi. Tarikhu Al-Adab Al-‘Arabi Al-Juz Al-Awwal. Ponorogo: Darussalam Press. 2004
Masqon, Dihyatun. "نحو مستقبل أفضل تأمّلات في تفعيل عملية تعليم اللغة العربية لأبناء إندونيسيا." LISANUDHAD [Online], 1.1 (2014)
Madkur, Ali Ahmad. Tadris Funun al-Lughah al-‘Arabiyyah. Riyadh: Darussawaf. 1991.
Madkur, Ali Ahmad & Iman Ahmad Hariyadi. Ta’limu al-Lughah al-‘Arabiyyah Lighairinathiqina biha an-Nadhzriyyah Wa al-Tatbiq. Mesir : Darul Fikri Araby. 2006
Muhammad. Metodologi Penelitian Ekonomi Islam Pendekatan Kuantitatif. Jakarta: Rajagrafindo Persada. 2008
Nur, Ifa Rodifa & Fitri Setyo Rini. “ Penerapan Metode Langsung Dalam Pengajaran Bahasa Arab Di Pondok Pesantren Al-Islam Joresan Ponorogo.” KHADIMUL UMMAH [Online], 1.1 (2017).
Nurbayan, Yayan. Metodologi pembelajaran Bahasa Arab. Bandung : Zein Al-Bayan, 2008.
Suryadarma, Yoke. "The Intensive Arab Language Course for Indonesian School Students in The Form of" Arab Camp" Program." Al-Tadris: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 5.2 (2017): 141-152.
Suryadarma, Yoke. "التدريبات اللغوية المشوقات في تعليم اللغة العربية على ضوء المهارة الكتابة." LISANUDHAD [Online], 3.2 (2016)
Setiyadi, Alif, & Agung Prawoto. "(منهج تعليم اللغة اللغة العربية للناطقين بغيرها (دراسة وصفية للدورة التدريبية المكثفة في اللغة العربية بمركز اللغة جامعة دار السلام كونتور." LISANUDHAD [Online], 3.1 (2016)
Zaid, Abdul Hafidz Bin. "تكنولوجيا التعليم المقترحة لتعليم مهارة الكلام لطلاب المستوى المتوسط في إندونيسيا." LISANUDHAD [Online], 1.2 (2014).‎

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-05-10

Terbitan

Bagian

Articles