PENGARUH PENGETAHUAN HALAL, KESADARAN HALAL (HALAL AWARENESS) DAN LABEL HALAL TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK JAMU MADURA

Authors

  • Muhammad Munir Universitas Trunojoyo Madura
  • Khoirul Hidayat Universitas Trunojoyo Madura
  • Muhammad Fakhry Universitas Trunojoyo Madura
  • M Fuad Fauzul Mu’tamar Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.21111/atj.v3i2.3858

Keywords:

jamu Madura, keputusan pembelian, produk halal

Abstract

Produk berbasis pertanian menjadi salah satu sektor yang terpengaruh akan adanya isu halal di masyarakat. Hal tersebut menjadi tantangan sekaligus peluang yang sangat besar untuk meningkatkan nilai tambah bagi pelaku usaha dalam memproduksi dan memasarkan produk halal. Pada tahun 2015, produk jamu menjadi bagian dari ketetapan produk yang harus bersertifikat halal yang ditetapkan oleh pemerintah. Jamu Madura merupakan produk khas yang menjadi kearifan lokal masyarakat Madura dan diwariskan turun-temurun. Jamu Madura tidak hanya dikenal di wilayah Jawa Timur, tetapi telah dikenal luas ke berbagai kota di Indonesia bahkan hingga pasar mancanegara. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan halal, kesadaran halal (halal awareness) dan label halal terhadap keputusan pembelian produk Jamu Madura. Penelitian ini dilakukan terhadap 50 responden yang berasal dari empat kabupaten di Pulau Madura. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner dan selanjutnya dilakukan uji-t dan uji-F menggunakan software SPSS Statistics versi 25. Hasil uji-t menunjukkan bahwa pengetahuan halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Jamu Madura, kesadaran halal berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan pembelian produk Jamu Madura dan label halal berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk Jamu Madura. Sedangkan hasil uji-F menunjukkan bahwa pengetahuan halal, kesadaran halal dan label halal secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kaputusan pembelian produk Jamu Madura.

References

Aulia, N. A. 2018. Pengaruh Pengetahuan Produk Halal, Religiusitas dan Halal Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pangan Kemasan Berlabel Halal. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Fithriana, A., Kusuma, P. R. Implementasi Kebijakan Pangan Halal Indonesia: Keunggulan Kompetitif dalam Tren Pangan Halal di Asia Tenggara. Global Insught Journal, Vol. 03 (01): 1 – 18.
Gunawan, I. 2016. Pengantar Statistika Inferensial. Jakarta: Rajawali Pers.
Hidayat, K., Mu’tamar, M.F.F., Hartono., Prasnowo, M.A., Azis, A., 2019. The Influence of Halal Product Assurance Laws on Product Development in Indonesia. International Conference on Green Agro_Industry and Bioeconomy. Brawijaya University.
Izzuddin, A. 2018. Pengaruh Label Halal, Kesadaran Halal dan Bahan Makanan Terhadap Minat Beli Makanan Kuliner Jember. Prosiding 4th Seminar Nasional dan Call for Papers, hal 287 – 294. Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember.
Karim, Hadi, S. 2007. Analisis Regresi Berganda dan Analisis Faktor. Banjarmasin: Program Studi Magister Manajemen Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat.
Lindung, P ., Rizal, M. 2016. Pengaruh Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Sosis di Kuala Simpang Kabupaten Aceh Tamiang. Jurnal Manajemen dan Keuangan , Vol. 5 (1): 430-439.
Sakti, M., Dwi, A., Yuliana, Y. 2015. Perlindungan Konsumen Terhadap Beredarnya Makanan yang Tidak Bersertifikat Halal. Jurnal Yuridis, Vol. 2 (1): 62-77.
Sunyoto, D. 2014. Konsep Dasar Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Center for Academic Publishing Service.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal.

Downloads

Published

2019-11-20