Peningkatan kualitas SDM Guru SMK dalam penerapan budaya belajar Ergonomis pada masa pandemic COVID-19

Authors

  • Eddy Sutadji Universitas Negeri Malang
  • Riana Nurmalasari Universitas Negeri Malang
  • Annisau Nafiah Universitas Negeri Malang
  • Blima Oktaviastuti Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.21111/tijarah.v6i3.5678

Keywords:

Kualitas SDM, Guru, SMK, Ergonomis, COVID-19

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan salah satu sekolah yang memiliki potensi resiko bahaya kerja lebih tinggi dibandingkan jenis sekolah yang lain. Hal ini diibaratkan bahwa SMK merupakan salah satu wujud pabrik sekolah dimana di dalamnya terdapat laboratorium, bengkel maupun workshop untuk aktivitas praktik siswa. Adapun potensi resiko bahaya yang terdapat di SMK salah satunya yaitu faktor ergonomi. Faktor ergonomi berkaitan dengan kebiasaan kerja oleh masing-masing individu. Oleh karenanya seluruh SDM di SMK sudah seharusnya memiliki pemahaman terkait ergonomi yang benar. Sehingga para SDM di SMK dapat menerapkannya secara tepat. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui pemahaman guru terkait dampak Covid-19 pada pendidikan di SMK, 2) mengetahui pemahaman guru terkait budaya belajar ergonomis untuk pencegahan Covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian yaitu guru SMK di Malang berjumlah 25 orang. Pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa 1) secara garis besar guru memiliki pemahaman terkait dampak Covid-19 bagi pendidikan di SMK yang sangat berpengaruh pada tatanan sistem pembelajaran pada berbagai aspek, 2) guru memiliki pemahaman yang cukup terkait budaya belajar ergonomis untuk pencegahan Covid-19, namun masih diperlukan tindak lanjut secara nyata agar penerapan budaya belajar ergonomis lebih maksimal.

References

Harahap, Patima; Huda, Listiani Nurul; Pujangkoro, Sugih Arto. (2013). Analisis Ergonomi Redesain Meja dan Kursi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Teknik Industri FT USU. 3(2): 38-44.

Mustika, Pande Wayan. (2016). Ergonomi dalam Pembelajaran Menunjang Profesionalisme Guru di Era Global. Jurnal Pendidikan Indonesia. 5(1): 82-96.

Neprializa. (2015). Manajemen Budaya Sekolah. Jurnal Manajer Pendidikan. 9(3): 419-429.

Nilamsari, Neffrety; Soebijanto; SM, Lientje; BR, Setokoesoemo. (2015). Prototype Bangku Ergonomis untuk Memperbaiki Posisi Dududk Sisa SMAN di Kab. Gresik. Jurnal Ners. 10(1): 87-103.

Nugraha, Hafiz & Ambiyar. (2018). Pengaruh Budaya Belajar terhadap Hasil Belajar Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi Siswa SMK Muhammadiyah 1 Padang. Jurnal Inovasi Vokasional dan Teknologi. 18(2): 49-54.

Nugroho, Hery. (2014). Pengaruh Pembelajaran dengan Pendekatan Ergonomi Partisipatori (PEP) Berbasis Asesmen Portofolio Terhadap Kelelahan dan hasil Belajar IPA Siswa Kelas X SMA. Jurnal Bakti Saraswati. 3(2): 53-69.

Praherdhiono, Henry; Degeng, I Nyoman Sudana; Setyosari, Punaji; Sulton. (2016). Instrumen Kenyamanan Lingkungan Belajar Berbasis Ergonomi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 23(1): 38-45.

Setyawan, febri Endra Budi. (2011). Penerapan Ergonomi dalam Konsep Kesehatan. Jurnal UMM. 7(14): 39-50.

Susilo, Adityo dkk. (2020). Corona Virus Disease 2019: Tinjauan Literatur Terkini. Jurnal penyakit Dalam Indonesia. 7(1): 45-68.

Widodo, Wahyu. (2016). Wujud Kenyamanan Belajar Siswa, Pembelajaran Menyenangkan, dan Pembelajaran Bermakna di SD. Jurnal Ar Risalah. 18(2): 22-37.

Yuliana. (2020). Corona Virus Diseases (Covid-19): Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Wellness and Healthy Magazine. 2(1): 187-192.

Yunus, Nur Rohim & Rezki, Annissa. (2020). Kebijakan Pemberlakuan Lockdown Sebagai Antisipasi Penyebaran Covid-19. Jurnal Sosial dan Budaya Syar’i. 7(1): 227-238.

Zadry, Hilma Raimona; Rahmawati, Dina; Rizki, Hayattul; Meilani, Difana; & Susanti, Lusi. (2017). Furnitur Ergonomis untuk Siswa SD Usia 6-10 Tahun. Prosiding SNTI dan SATELIT. 76-81.

Downloads

Published

2020-12-28

How to Cite

Sutadji, E., Nurmalasari, R., Nafiah, A., & Oktaviastuti, B. (2020). Peningkatan kualitas SDM Guru SMK dalam penerapan budaya belajar Ergonomis pada masa pandemic COVID-19. Al Tijarah, 6(3), 130–134. https://doi.org/10.21111/tijarah.v6i3.5678