Apakah harga menjadi penentu utama pembelian jajanan ayam goreng Crispy Kaki Lima?

Authors

  • Muhammad Fadli Al Hawari Sekolah Tinggi Manajemen (PPM School of Management)
  • Rike Penta Sitio Sekolah Tinggi Manajemen PPM

DOI:

https://doi.org/10.21111/tijarah.v6i2.5184

Keywords:

Produk, harga, tempat, promosi, keputusan pembelian

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian costumer dalam membeli ayam goreng crispy pada pedagang kaki lima. Khususnya ayam goreng crispy kaki lima dinilai penting karena dapat dipengaruhi oleh bauran pemasaran yang terdiri dari produk, harga, tempat, dan promosi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan melakukan pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah costumer yang membeli ayam goreng crispy kaki lima di JABODETABEK. pengambilan sampel dilakukan menggunakan purposive sampling yang merupakan bagian dari teknik nonprobability sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah melakukan survey dengan kuesioner online kepada sampel yang berjumlah sebanyak 385. Metode analisis data yang digunakan untuk menguji pengaruh adalah analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk, harga, tempat, dan promosi berpengaruh positif dan signifikan secara simultan dan partial terhadap keputusan pembelian ayam goreng crispy kaki lima di JABODETABEK. Variabel tempat adalah variabel yang paling berpengaruh terhadap keputusan pembelian, sehingga pelaku UMKM sangat disarankan untuk menambah booth atau gerai di lokasi yang memiliki kemudahan akses bagi para konsumen.

References

Aristo, S. F. (2016). Pengaruh Produk, Harga dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Woles Chips. Jurnal Performa, 1(4), 441–447. diambil dari https://journal.uc.ac.id/index.php/performa/article/view/220Fitri, D., Bambang, A. N., & Utami, H. D. (2014). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Dalam Membeli Telur Asin “Chozin” Dan “Rahayu” Di Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan. Jurnal Ternak, 1(1), 25–35. diambil dari https://fapet.ub.ac.id/wp-content/uploads/2014/06/Jurnal-Baru-1-Kop.pdfHia, Y. D. (2012). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Minyak Goreng Sari Murni. Jurnal Economica, 1(1), 97–102. https://doi.org/https://doi.org/10.22202/economica.2012.v1.i1.109Kadarisman, Widarko, A., & Slamet, A. R. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Kasus di Resto Ayam Goreng Nelongso Cabang Bendungan Sutami Malang).Kotler, P., & Keller, K, 2016. Marketing Management, 15th Edition, New Jersey: Pearson Education Inc.Madani, P. N. (2016). Laporan Tahunan 2016: Berdayakan Ekonomi Kerakyatan Menuju Kemandirian Bangsa. diambil dari https://www.pnm.co.id/attachments/annual-reportsMohamad, A (2013, Juni 9). Survei. Orang Indonesia lebih Suka Jajan daripada Masak Sendiri. Merdeka.com. diambil dari https://www.merdeka.com/uang/survei-orang-indonesia-lebih-suka-jajan-daripada-masak-sendiri.htmlRiyono, R., & Budiraharja, G. E. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Promosi dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Produk AQUA. Jurnal STIE Semarang, 8(2), 92–121. diambil dari http://jurnal3.stiesemarang.ac.id/index.php/jurnal/article/view/42/74Sekaran, U., & Bougie, R. (2013). Research Methods For Business: A Skill Building Approach Research Methods For Business: A Skill Building Approach (6th ed.). Chichester West Sussex: Wiley.Setiawan, N. (2007). Penentuan Ukuran Sampel memakai Rumus Slovin dan Tabel Krejcie-Morgan: Telaah Konsep dan Aplikasinya. Retrieved from http://pustaka.unpad.ac.id/wp-content/uploads/2009/03/penentuan_ukuran_sampel_memakai_rumus_slovin.pdfSupriyanto, M., & Taali, M. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran (Marketing Mix) terhadap Pengambilan Keputusan Menginap di Hotel The Sun Madiun. Epicheirisi: Jurnal Manajemen, Administrasi, Pemasaran Dan Kesekretariatan, 2(1), 13–21. Retrieved from http://journal.pnm.ac.id/index.php/epicheirisi/article/view/201/91Tjiptono, F. (2009). Service Marketing: Esensi dan Aplikasi. Yogyakarta: Marknesis.Yasmin, P. A. (2018, April 23). Memperin: Industri Makanan dan Minuman Tumbuh 9.23%. Diambil kembali dari detikFinance: https://finance.detik.comZoel, F. K. (2014). Pengaruh Harga, Produk, Lokasi dan Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian pada Soto Angkring “Mas Boed” Spesial Ayam Kampung Semarang (Dian Nuswantoro University). Retrieved from http://eprints.dinus.ac.id/8806/

Downloads

Published

2021-01-04

How to Cite

Al Hawari, M. F., & Sitio, R. P. (2021). Apakah harga menjadi penentu utama pembelian jajanan ayam goreng Crispy Kaki Lima?. Al Tijarah, 6(2), 130–139. https://doi.org/10.21111/tijarah.v6i2.5184