Analisis Penetapan Harga untuk Peningkatan Jumlah Penjualan Produk (Studi Kasus Sate Hadori Bandung)

Merita Bernik, Mukiman Dilyaul Haq

Abstract


Persaingan semakin ketat untuk para pelaku bisnis terutama dibidang kuliner. Salah satu cara untuk dapat memenangkan persaingan adalah penetapan harga yang sesuai dengan pangsa pasarnya. Harga merupakan salah satu unsur yang dapat meningkatkan jumlah penjualan. Salah satu kuliner terkenal di kota Bandung adalah sate Hadori. Untuk memenangkan persaingan dengan kuliner sate yang lainnya, adalah dengan menetapkan harga yang sesuai. Oleh karena itu, paper ini mencoba untuk menganalisis penetapan harga yang dapat meningkatkan jumlah penjualan. Hal tersebut bertujuan agar perusahaan dapat menentukan harga yang tepat dan sesuai dengan keinginan konsumen sehingga akan meningkatkan penjualan. Metoda penelitian yang dipergunakan adalah metoda deskriptif dengan menggunakan data primer dan sekunder, serta dilakukannya uji t untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan jumlah penjualan sebelum dan setelah dilakukan kenaikan harga. Hasil yang diperoleh ternyata walaupun telah dilakukannya kenaikan harga sebanyak 2 kali dari tahun 2016-2018 jumlah penjualannya mengalami peningkatan.


Keywords


Penetapan harga; Jumlah penjualan; Kuliner

Full Text:

PDF

References


Batubara, Azmiani, Rahmat Hidayat.(2016).Pengaruh Penetapan Harga dan Promosi Terhadap Tingkat Penjualan Tiket pada PSA Mihin Lanka Airlines. Jurnal Ilmah, 4(1),33-46

Guntur, Effendi M. (2010). Transformasi Manajemen Pemasaran Membangun Citra Negara. Sagung Seto, Jakarta

Hastuti. (2015). Pengaruh Harga, Produk, dan Saluran Distribusi Terhadap Volume Penjualan Pada PT. Industri Marmer Indonesia Tulungagung. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan. 4 (10),105-123.

Karim, Djamaluddin, dkk. (2014). Marketing Mix Pengaruhnya Terhadap Volume Penjualan Pada PT. Manado Sejati Perkasa Group

Kotler, Philip, Gary Armstrong. (2014). Principle of Marketing, 15th edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Kotler, Philip, Gary Armstrong. (2012). Principle of Marketing, 14th edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Kotler, Philip, Kevin Lane Keller. (2016). Marketing Managemen, 15th Edition, Pearson Education, Inc

Lind, Douglas A, Willian G Marchal & Samuel A wathen. (2012). Statistical techniques in Business and Economics. 15th edition, Mc Graw-Hill

Musdilawati. (2013). Pengaruh Harga Jual dan Biaya Promosi Terhadap VolumePenjualan Pada PT. Kertas Padalarang Persero. Jurnal Manajemen Bisnis, 2(3), 1-14.

Rahmat, Dea, Leny Muniroh & Syahlan A Sume. (2013). Pengaruh Penetapan Harga Terhadap Volume Penjualan pada CV Yoshiko Bogor (Studi Kasus Sepatu Hak Tinggi kode HM.04). Jurnal Ilmiah Inovator, Edisi Maret 2013

Salindeho. (2014). Pengaruh Saluran Distribusi dan Harga Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada PT. Fastrata Buana, Tbk. Jurnal Ilmu & Rise Manajemen, 3 (9), 1-15.

Saragih, Henri. (2015). Analisis Strategi Penetapan Harga dan Pengaruhnya Terhadap Volume Penjualan pada PT. Nutricia Indonesia Sejahtera Medan. Jurnal Ilmiah Methonomi. 1(2), 46-54

Tjiptono, Fandy. (2008). Strategi Pemasaran Edisi 3. Yogyakarta: ANDI 2000

Windri. (2012). Pengaruh Saluran Distribusi dan Harga Jual Terhadap Volume Penjualan Sandal Pada UKM Sandal di Mojokerto. Jurnal Kewirausahaan. 1(1), 1-9.




DOI: http://dx.doi.org/10.21111/tijarah.v5i1.3323

Article Metrics

Abstract view : 4 times
PDF - 1 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


AL TIJARAH (p-ISSN: 2460-4089; e-ISSN: 2528-2948), is a scientific journal semiannually published by Department of Management, Faculty of Economics and Management, University of Darussalam Gontor, Jln. Raya Siman KM. 5, Ponorogo, Jawa Timur; Telp. (0352)48762, Fax: (0352)488182, E-mail: altijarah@unida.gontor.ac.id

Creative Commons License
Al Tijarah (p-ISSN: 2460-4089; e-ISSN: 2528-2948) by http://ejournal.unida.gontor.ac.id/index.php/altijarah is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats