Transaksi Pembiayaan Qardhul Hasan: Impact Keuangan Islam dalam Ekonomi Ril

Authors

  • Farid Fathony Ashal Universitas Islam Negeri (UIN) Ar Raniry
  • Teuku Syifa Fadrizha Nanda Universitas Islam Negeri (UIN) Ar Raniry

DOI:

https://doi.org/10.21111/tijarah.v4i1.2431

Keywords:

Qardhul Hasan, Kesejahteraan, Ekonomi Islam

Abstract

Kajian ini mempelajari kesesuaian model Pembiayaan yang dipraktikkan oleh masyarakat Lambaet, Aceh Besar dengan skema akad Qardhul Hasan. Selain itu, kajian ini juga menguraikan dampak pembiayaan tersebut terhadap kondisi sosial ekonomi masyarakat sekitar. Penelitian di lakukan dengan metode kualitatif dengan pendekatan eksploratif, dimana data diperoleh melalui wawancara mendalam terhadap pengelola dan masyarakat yang menjalani pembiayaan untuk menentukan apakah praktik pembiayaan sesuai dengan skema akad Qardhul Hasan. Pendekatan ini juga digunakan untuk mendapatkan data terkait dampak terhadap peningkatan nilai sosial kemasyarakatan. Disamping itu, penulis juga melakukan observasi terhadap dokumen-dokumen pencatatan pengelola pembiayaan serta kajian literatur terkait aqad Qardhul Hasan untuk memperkuat hasil analisis. Hasil analisis menunjukkan bahwa model pembiayaan yang dijalankan sesuai dengan skema akad Qardhul Hasan. Skema pembiayaan yang dijalankan turut membuka serta meningkatkan lapangan kerja bagi masyarakat, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dalam jangka panjang, terbentuknya iklim tolong-menolong dalam kebaikan, dan terciptanya suatu komunitas masyarakat yang sadar akan bahaya riba serta menolak segala bentuk tawaran pinjaman ribawi. Artikel ini merekomendasikan untuk dilakukan regenerasi pengelolaan Qardhul Hasan, agar sistem pembiayaan ini dijalankan berjalan terus-menerus dan berkesinambungan.

References

Al-Quran dan Terjemahan, Departemen Agama RI.

Abu Bakar Ahmad bin Husain bin ali al-Baihaqi, Sunan Kubra Lil Baihaqi wa Fi Zalilihil Jauhar (Kairo : Darul Hijr

Abu Dawud Sulaiman bin Asy’ats. Kitab Sunan Abi Dawud, Beirut: Darul Kitab, Juz I, Bab Isti’azah, 1927

Abdul Ghofur Ansori.(2009). Perbankan Syariah di Indonesia (Yogyakarta: Gajah Mada University Press)

Ananta, Aris, Ismail Budhiarso dan Turro S. Wongkaren. (1993). Revolusi Demografi dan Peningkatan Sumber Daya Manusia, dalam

Mohammad Arsyad Anwar, Faisal H. Basri, Mohamad Ikhsan (eds.), Prospek Ekonomi Indonesia Jangka Pendek: Sumber Daya, Teknologi dan Pembangunan. Jakarta: Kerja sama Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia dengan penerbit Gramedia Pustaka Utama.

Bank Indonesia. (2015. Kajian Ekonomi dan Keuangan Regional Provinsi Aceh, Triwulan IV 2015, Banda Aceh: Unit Asesmen Ekonomi dan Keuangan - Tim Ekonomi Moneter, Bank Indonesia Provinsi Aceh.

BPS Provinsi Aceh (2016), Angka Kemiskinan di Aceh, https:/www.bps.go.id/linkTabelStatis/ view/id/1489 diakses tanggal 25 Maret 2016

Dahlan Siamat, (2004) Manajemen Lembaga Keuangan (Jakarta: Lembaga Penerbitan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, edisi ke IV)

Ikhwan Abidin Basri. (2008). Pengantar Fiqh Muamalah (Yogyakarta: Pustaka Pelajar)

Keyfitz, N. (1993). Population alarm and demographers’ calm. Paper presented at the Population Associatioin of America Annual Meeting, Cincinnati, April 1993.

McNeill, W.H. (1974). Plagues and Peoples. Garden City: Anchor Press/Doubleday.

Muhammad Nurruddin Ardaniyah. (2010). Al-Qardhul Hasan wa Ahkamuhu fil Fiqhil Islamy (Palestina :Risalah Majister fil Fiqh Tasyri’ : Kulliyyatu Dirasat Ulya Jami’atu Najah al-Wathaniyah)

Salim, Emil (1987). Pembangunan Berwawasan Lingkungan, Jakarta: LP3ES

Sekaran, U. (2003). Research Methods for Business: A. Skill Buiding Approach (4th ed.). New York: John Wiley & Sons Inc.

Sugiyono.(2009). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sutantri, Dwi (2012) Peran Qardhul Hasan terhadap Peningkatan Kinerja Usaha Mikro Kecamatan Rowosari Kabupaten Kendal (Studi Kasus KJKS BMT Muamalat). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Walisongo.

Umar, H. (2007). Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Weeks, J.R. (1992). Population: An Introduction to Concepts and Issues (5th ed.). Belmont, CA: Wadsworth Publishing Co.

Zainuddin Ali. (2008). Hukum Perbankan Syariah (Jakarta: Sinar Grafika)

Downloads

Published

2018-06-01

How to Cite

Ashal, F. F., & Nanda, T. S. F. (2018). Transaksi Pembiayaan Qardhul Hasan: Impact Keuangan Islam dalam Ekonomi Ril. Al Tijarah, 4(1), 54–63. https://doi.org/10.21111/tijarah.v4i1.2431