Pengaruh Brand Image Kripik Bakso CintaTerhadap Volume Penjualan UD. Starlight Food

Authors

  • Baiq Pariatul Aeni Department of Economic Education, University of Nahdlatul Wathan, JL. Kaktus 1-3, Mataram, Indonesia
  • Didin Hadi Saputra Department of Public Adminsitration, University of Nahdlatul Wathan, JL. Kaktus 1-3, Mataram, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.21111/tijarah.v4i1.2371

Keywords:

Brand Image, Konsumen, Volume Penjualan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh brand image kripik bakso cinta terhadap volume penjualan UD. Starlight Food. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan dua variable yaitu variable bebas atau independen (brand image) dan variable terikat atau dependen (volume penjualan). Pengambilan koleksi dalam riset ini menggunakan metode wawancara dan kuesioner dengan mengambil 100 sampel dari seluruh populasi. Pengambilan contoh pada penelitian ini menggunakan purposive sampel yang merupakan cara menentukan contoh berbasis pertimbangan sendiri dengan cara sengaja memilih anggota populasi yang dianggap dapat memberikan informasi. Proses penelitian ini diolah menggunakan SPSS Version 16.0 for windows. Untuk analisis data yang telah didapatkan digunakan rumus Regresi linier sederhana serta uji Asumsi Klasik untuk mendaptakn hasil kuantitatif. Hasil analisis menunjukan keterkaitan variable X yang merupakan variable bebas atau independen (Brand image) dan variabel Y yang merupakan variabel terikat atau dependen (volume penjualan) yang ditujukan dengan nilai koefisien determinasi (R2) Pada penelitian ini yaitu 0,460 dan nilai probalitas atau signifikansi yang dihasilkan yaitu 0,000. Wujud dari riset dimaksudkan agar kedepannya UD. Starlight Food lebih menjaga dan mempertahankan citra dimiliki untuk meningkatkan volume penjualan.

References

Aaker (1991). Managing Brand Equity; Capitalizing on the Value of Brand Name. New York: Free Press.

Alfian. (2012). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Terhadap PengambilanKeputusan Pembelian Mobil Toyota Kidjang Inova Pada PT. Hadji Kalla Cabang Polman Makasar. Skripsi. Makasar: Universitas HasanuddinMakasar.

Asmadi. (2004). Pendekatan Kuantitatif & Kualitatif serta Kombinasinya dalamPenelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arikunto. (2002). Metodologi Penelitian. Jakarta: Penerbit PT. Rineka Cipta. Algifari. 1997.

Dewi. (2008). Merek & Psikologi Konsumen.Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu Dasanti. 2012.

Fandy. (2008). Strategi Pemasaran.Yogyakarta: Edisi 3, ANDI.

Kotler. (2000). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Prenhallindo.

Kotler. 1997.Marketing Management: Analysis, Planning, Implementation andControl” (9th eds.). New Jersey: Prentice Hall International, Inc.

Keller. (1998). Strategic Brand Management: Building, Measuring, and Managing Brand Equity. New Jersey: Prentice-Hall, Inc.

Marconi.1994. Beyond Branding. Malaysia: Prentice Hall.

Ridwan. (2006). Aplikasi Statistika dan Metode Penelitian Untuk Administrasi danManajemen. Bandung: Dewa Ruci.

Romy. (2012). Pengaruh Iklan Terhadap Minat Beli Konsumen Melalui CitraMerek dan Sikap pada Minuman Isotonic Mizone di Surabaya. Skripsi. Surabaya: Pascaserjana Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya.

Sutisna. (2001). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Setiadi. (2003). Perilaku Konsumen Konsep dan Implikasi untuk Strategi danPenelitian Pemasaran. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2004). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Penerbit CV. Alfabeta.

Tri. (2013). Pengaruh Citra Merek Terhadap Minat Beli dan Keputusan PembelianKonsumen (Survei pada Mahasiswa Penghuni Ma’had Sunan Ampel Al-Aly UIN Malang Tahun Angkatan 2012/2013 yang Mengkonsumsi Mie Instan Merek Indomie). Skripsi Pascaserjana. Universitas Brawijaya Malang.

Downloads

Published

2018-06-01

How to Cite

Aeni, B. P., & Saputra, D. H. (2018). Pengaruh Brand Image Kripik Bakso CintaTerhadap Volume Penjualan UD. Starlight Food. Al Tijarah, 4(1), 35–41. https://doi.org/10.21111/tijarah.v4i1.2371