Penerapan Manajemen Hotel Syariah Dengan Pendekatan Maqasid as-Syariah

Authors

  • Muh. Izza IAIN Pekalongan

DOI:

https://doi.org/10.21111/tijarah.v4i1.2370

Keywords:

Manajemen, Hotel Syariah, Maqasid al-Syariah, identitas agama

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui Penerapan Manajemen pada Hotel Syariah dengan Pendekatan Maqasid al-Syariah. Lokasi penelitian ini di Hotel Syariah Kota Pekalongan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif analitis dengan metode normatif-sosiologis. Hasil penelitian menunjukkan adanya penerapan manajemen berdasarkan prinsip-prinsip syariah muamalah dan penerapan manajemen berdasarkan fungsi manajemen syariah. Terdapat empat hal yang membedakan keunggulan manajemen pendekatan Maqasid al-Syariah dengan yang bukan yaitu sisi pelayanan (service), sisi fasilitas, sisi manfaat dan sisi tujuan.

References

diwarman, K. (2004). Bank Islam: Analisis Fiqih dan Keuangan. Jakarta: PT. Raja Grafindo. Akhtar, S., Aziz, Z. A., Hefner, R. W.,

Thani, N. N., Venardos, A., Vogel, F. E., & Warde, I. (2008). Understanding Islamic finance: Local innovation and global integration. asia policy, 6(1), 1-14.

Anto, M. B. (2003). Hendrie. Pengantar Ekonomika Mikro Islami.

Ayub, M. (2013). Understanding islamic finance. Gramedia Pustaka Utama.

Chapra, M. U. (2016). The future of economics: An Islamic perspective (Vol. 21). Kube Publishing Ltd.

Chapra, M. U. (2000). Islam dan tantangan ekonomi. Gema Insani.

Dzajuli, H. A., & Fikih, K. K. (2007). Kaidah-kaidah hukum Islam dalam menyelesaikan masalah-masalah yang praktis. I, Cet II, Jakarta: Kencana. Ekasari, L. (2015). Proporsi berita keislaman dalam surat kabar Republika (Doctoral dissertation, UIN Walisongo).

Fahrudin, M. A., Kholidiyanti, N. A., & Mois, F. A. (2018). Urgensi Spiritual Marketing Sebagai Media Pemasaran Pariwisata Di Madura (Pendekatan Sharia Tourism And Culture). El Dinar, 5(1), 30-41.

Gusmawati, Y. (2011). Makna Kata Ma’ruf Dan Padanannya dalam al-Qur’an (Suatu Kajian Terhadap Penafsiran Al-Maraghi)(Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).

Hafidudin, D., & Tanjung, H. (2003). Manajemen Pemasaran Syariah dalam Praktik. Jusmaliani, dkk. 2005. Kebijakan Ekonomi dalam Islam. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Karim, A. A., & Islam, B. (2006). Analisis Fiqh dan Keuangan, Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Kerta, J. H., & Sula, M. S. (2006). Syariah Marketing.

Koontz, H., & O'donnell, C. (1976). Management: A systems and contingency analysis of managerial functions. Book World Promotions.

Muhammad, H. M. S. (2004). Manajemen dana bank syariah. Ekonisia.

Perwitasari, M. R., Nurhasanah, N., & Julia, A. (2015). Analisis Kepuasan Pelanggan Terhadap Karakteristik Pemasaran Syariah (Studi Kasus Pelanggan Bunker Rabbani Bandung Raya). Prosiding Keuangan & Perbankan Syariah, 36-43.

Rahadian, D., & Pratomo, A. (2013). Pengaruh Bauran Promosi terhadap Peningkatan Penjualan Kamar di Hotel Benua Bandung. Binus Business Review, 4(2), 776-790.

UII, T. P. M. (2008). Menjawab Keraguan Berekonomi Syari’ah.

Naqvi, S. N. H. (1981). Ethics and economics: An Islamic synthesis (Vol. 2). islamic Foundation

Warde, I. (2000). Islamic finance in the global economy. Edinburgh University Press.

Yafiz, M. (2015). Internalisasi Maqâshid al-Syarî’ah dalam Ekonomi Menurut M. Umer Chapra. AHKAM: Jurnal Ilmu Syariah, 15(1).

Yusanto, I. (2003). Muhammad dan Muhammad Karebet Widjajakusuma. Menggagas Bisnis Islam. Gema Insani Press

Downloads

Published

2018-06-01

How to Cite

Izza, M. (2018). Penerapan Manajemen Hotel Syariah Dengan Pendekatan Maqasid as-Syariah. Al Tijarah, 4(1), 19–34. https://doi.org/10.21111/tijarah.v4i1.2370