Prospektif Kepemimpinan Pelayanan dan Budaya Organisasi dalam Mewujudkan Birokrasi Pertanahan yang Berkinerja (Studi di Kantor Pertanahan Kabupaten Madiun)

Authors

  • M.Nur Kamila Amrullah Universitas Sebelas Maret Surakarta
  • Asri Laksmi Riani Universitas Sebelas Maret Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.21111/tijarah.v4i1.2369

Keywords:

Kepemimpinan pelayanan, budaya organisasi, kinerja, birokrasi, pertanahan.

Abstract

tudi tentang birokrasi berkinerja merupakan studi yang urgen dan aktual, birokrasi berkinerja erat kaitannya dengan aspek kepemimpinan dan budaya organisasi, penelitian ini mengkhususkan pada isu kepemimpinan pelayanan dan budaya organisasi. Tujuan pada pelaksanaan penelitian ini adalah untuk menjelaskan ada atau tidaknya pengaruh substansial kepemimpinan pelayanan dan budaya organisasi pada kinerja di Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional satuan kerja Kantor Pertanahan Kabupaten Madiun. Penelitian menggunakan teknik populasi dengan melibatkan semua aparatur sipil negara/PNS dan pegawai non-PNS sejumlah 85 orang. Penganalisaan data pada penelitian mengunakan deskriptif variabel dan analisis inferensi berbasis pada model persamaan struktural/ Structural Equation Model (SEM) dengan memanfaatkan aplikasi perangkat lunak Smart PLS (Partial Least Square), pengujian instrumen menggunakan uji convergent validity, discriminant validity, dari indikator pembentuk konstruk dan composite validity yang menunjukkan instrumen yang digunakan valid dan reliabel. Hasil penelitian memaparkan temuan bahwa indeks persepsi responden menghasilkan nilai yang tinggi pada semua variabel, sedangkan pengujian hipotesis menyatakan kepemimpinan pelayanan berpengaruh signifikan pada budaya organisasi, kemudian kepemimpinan pelayanan juga berpengaruh signifikan pada upaya mewujudkan birokrasi berkinerja, serta budaya organisasi berpengaruh signifikan pada kinerja, serta ditemukan hubungan langsung antar variabel. Saran penelitian, agar dilakukan peningkatan pada aspek kepemimpinan pelayanan dan budaya organisasi yang kuat untuk mendapatkan birokrasi yang semakin berkinerja.

References

Akinola, Olumide.(2011). Evaluation of Leadership and Employee Commitment to Work in Nigeria Bottling Company. Studies in Sociology of Science, Vol. 2, No. 2, 2011, pp. 62-68

Ambali, A.R.,Suleiman, G.E.,Bakar, A.N.,Hashim, R.&Tariq,Z.(2010). Servant leadership’s values and staff’s commitment: policy implementation focus. American Journal of Scientific Research.Issue 13 (2011) pp. 18 - 40

Armanu Thoyib. (2005). Hubungan Kepemimpinan, Budaya, Strategi, dan Kinerja:Pendekatan Konsep. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan Vol. 7, No. 1, Maret 2005, h. 60- 73

Baah, Tawiah, Abankwa.(2011). Leadership And Organisational Culture: Relevance In Public Sector Organisations In Ghana. Business and Management Review Vol. 1(4) pp. 59 – 65, June, 2011

Barbuto, J.E., and Wheeler, D.W.(2006). Scale Development and Construct Clarifcation of Servant Leadership. Published in Group & Organization Management 31: 3, pp. 300–326.

Chen, Li Yueh.(2004). Examining The Effect Of Organization Culture And Leadership Behaviors On Organizational Commitment, Job Satisfaction, Adan Job Performance At Small And Middle-Sized Firma Of Taiwan. Journal of American Academy of Business. Sep 2004. 5, 1/2, 432-438.

Dennis, R. S.(2004). Servant Leadership Theory: Development of the Servant Leadership Assessment Instrument. Unpublished doctoral dissertation, Regent University, Virginia Beach,VA

Earnhardt, M. P.(2008). Testing a servant leadership theory among United States military members. Emerging Leadership Journeys, Vol. 1 Iss. 2, 2008, pp. 14-24

Ferdinant.(2006). Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro

Ghozali, Imam.(2005). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gibson, James L et al.(2006). Organizations (Behavior, Structure, Processes), Twelfth Edition. New York: McGrow Hill.

Greenleaf, R. (1970). The servant as leader. Newton Centre: The Robert K. Greenleaf Center. Greenleaf, R. 1977. Servent Leadership: A Journey into The Nature of Legitimate Power & Greatness (25th Anniversary Ed). Mahway: Paulist Press.

Hale, J. R. & Fields, D.(2007). Exploring servant leadership across cultures: A study of followers in Ghana and the USA. Leadership 2007, 3(4), 397 – 417

Handoko, Hani.(2000). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia.Yogyakarta: BPFE UGM

Hassel N Tangkalisan.(2007). Manajamen Publik. Jakarta: Grasindo.

Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No. 63/KEP/M.PAN/7/2003 Tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik

Luthans, Fred.(2006). Perilaku Organisasi Edisi Sepuluh. Yogyakarta: Andi

Liden, R. C., Wayne, S. J., Zhao, H., & Henderson, D. (2008). Servant leadership: Development of a multidimensional measure and mulit-level assessment. The Leadership Quarterly, 19, 161-177.

Laub, J. (1999). Organisational Leadership Assesment. Wellington FL: Organizational Leadership Assess (OLA)

Mahsun Muhammad. (2006). Pengukuran Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta:BPFE

Makmuri Muchlas. (2005). Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada

Masyhudi. (2005). Kinerja Birokrasi Pemerintah Dalam Pelayanan Kepada Publik. Jurnal Aplikasia Vol VI, No.I: 47-66

Mc Kenna dan Beech. (2000). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Andi

Mittal, R., &Dorfman, P. W.(2012). Servant leadership across cultures.Journal of World Business, 47 (2012) 555 –570

Moenir.(2006). Pengertian Pelayanan Publik. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Nawawi Hadari. (2005). Manajemen Sumber Daya Manusia (Untuk Bisnis Yang Kompetitif. Yogyakarta: Gajahmada University Press

Oghbana dan Harris.(2000). Leadership Style, Organizational Culture And Performance: Empirical Evidence From UK Companies. International Journal of Human Resource Management, Volume 11, Number 4, 1 August 2000, pp. 766-788(23)

Olesia, Namusong dan Iravo. (2013). Role of Servant Leadership on Organizational Commitment: An Exploratory Survey of State Corporations in Kenya. International Journal of Humanities and Social Science Vol. 3 No. 13; July 2013, p 85-94.

Ogbonna, Emmanuel and Harris, Lloyd C.(2000). Leadership Style, Organizational Culture and Performance: Empirical Evidence From UK Companies. International Journal of Human Resource Management 11:4 August, p. 766-788.

Page, D., and Wong, T. P. (2000). A conceptual framework for measuring servant-leadership.The human factor in shaping the course of history and development. (pp. 69-110). Lanham, MD: University Press of America.

Patterson, K. A. (2003). Servant leadership: A theoretical model. Retreived June 21, 2013

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 96 Tahun 2012 Tentang Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik

Peraturan Presiden Nomor 17 Tahun 2015 tentang Kementerian Agraria dan Tata Ruang Peraturan Presiden Nomor 20 Tahun 2015 tentang Badan Pertanahan Nasional Peraturan Presiden RI Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Design Reformasi Birokrasi 2010-2025

Peraturan Pemerintah Nomor 46 Tahun 2011 tentang Penilaian Prestasi Kerja Pegawai Negeri Sipil

Peraturan Presiden Nomor 81 Tahun 2010 tentang Grand Desain Reformasi Birokrasi 2010-2025

Robbins, Stephen P.(1994). Teori Organisasi: Struktur, Desain & Aplikasi, Edisi 3. Jakarta:Arcan

__________________ (2006). Perilaku Organisasi. Jakarta: PT Indeks

Russell, R. F. & Stone, A. G. (2002). A Review of Servant Leadership Attributes: Developing a Practical Model. Leadership and Organization Development Journal 23(3), 145 – 157

Sekaran, Uma.(2006). Research Methods For Business. Jakarta: Salemba Empat

Sendjaya, S. dan Sarros, J.C. 2002. Servant Leadership: Its Origin, Development and Application in Organizations.Journal of Leadership and Organizational Studies: 9(2) 57 – 64

Sendjaya, S.(2005). Servant Leadership : A Quiet Revolution in the Workplace. Newsletter of the MLQ Network. Volume 7 Issue 3. Article. Leadership Assessment & Development Service

Setiawan, Sumantri, Iskandar, Sulastiana. 2015. Pengaruh Kepemimpinan Pelayanan terhadap Kinerja Pelayanan Publik PNS pada Pemerintah Kota Bekasi. Seminar Psikologi dan Kemanusiaan. ISBN 978-979-796-324-8

Shahzad, Luqman, Khan.(2012). Impact of Organizational Culture on Organizational Performance: An Overview. Interdisciplinary Journal Of Contemporary Research In Business. January 2012 Vol 3, No 9, p 975-985.

Siagian, Sondang.(2002). Kiat Meningkatkan Produktifitas Kerja. Jakarta: PT.Rineka Cipta

Spears, Larry. C. (1995). Reflection on Leadership : How Robbert K. Green Leaf’s Theory of Servant –leadership Influenced Today’s Top Management Thinkers. New York : John Wiley and Sons.

______________.(2005). Practicing Servant-Leadership. Hesselbein & Company. Fall. UK: Regent University

Stoner, James A.F; Freeman, R. Edward; Gilbert JR, Daniel. R. (1996). Manajemen Jilid I. Jakarta: PT Bhuana Ilmu Populer.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RD. Bandung: Alfabeta

Suhana. (2007). Relationship Analysis of Leadership Style, HRM Practices, Organizational Culture, Commitment and Performance (Study in People Crediting Bank (BPR) in Central Java). Usahawan No. 10, TH XXXVI, Oktober 2007, h. 47- 53

Suharyo. (2011).Extensive Bureaucracy Causes Complicated Public Service. Disertasi

Sulaiman, Abubakar M.T.(2002). Is It Really A Mediating Construct? The Mediating Role Of Organizational Commitment In Work Climate-Performance Relationship. Journal of Management Development. Vol.21 , No. 3, March 2002, p. 170-183

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah

Van Dierendonck, D. (2011). Servant leadership: A review and synthesis. Journal of Management, 37(4), 1228–1261.

Veithzal, Rivai.(2005). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Wicaksono.(2002), Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia, Yogyakarta: Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan UGM, Galang Printika.

Wibowo.(2007). Manajemen Kinerja. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Wong, P. and Page, D. (2003). Servant ledeship: An Apponent Process Model and Revised Servant Leadership Profile. Journal Regent University, School of Leadership Studies,Servant Leadership Roundtable.

Yukl, Gary. (2015). Kepemimpinan dalam Organisasi, edisi Ketujuh. Jakarta: Indeks

Downloads

Published

2018-06-01

How to Cite

Amrullah, M. K., & Riani, A. L. (2018). Prospektif Kepemimpinan Pelayanan dan Budaya Organisasi dalam Mewujudkan Birokrasi Pertanahan yang Berkinerja (Studi di Kantor Pertanahan Kabupaten Madiun). Al Tijarah, 4(1), 1–18. https://doi.org/10.21111/tijarah.v4i1.2369