Maudhui's Tafsir Method in the Qur'an and Hadith on Maqasid Syariah for Economic Welfare in Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.21111/jiep.v5i4.8289Abstract
References
Al-Zarkasyi, I. B. M. bin A. (n.d.). Al-Burhan fi ‘Ulum Al-Qur’an. Dar Kitab Al-‘Alamiyah.Arif, K. M. (2020). Pengaruh Maqashid Syariah Terhadap Fiqh Muamalah Dan Fatwa Dalam Mewujudkan Moderasi Islam. El-Arbah: Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Perbankan Syariah, 4(01), 1–16. https://doi.org/10.34005/elarbah.v4i01.1054Asy-syatibi, S. P., Fuad, F., Syari, D., & Lampung, S. D. (2013). MAQA Ṣ ID AL-SYAR Ī ’ AH DALAM AYAT-AYAT. 3(1).At-Tirmidzi. (1382). Sunan Tirmidzi.Badudu, J. . (1994). kamus Bahasa Indoensia. Pustaka Sinar Harapan.Bakri, A. J. (1996). Konsep Maqāṣid al-Syarī‟ah Menurut al-Shatibi. Pt. Raja Grafindo Persada.Fadlan. (2014). Konsep Kesejahteraan dalam Ekonomi Islam: Perspektif Maqashid al-Syariah Oleh. Antimicrobial Agents and Chemotherapy, 58(12), 7250–7257. www.policy.huHallaq, W. B. (2000). sejarah teori Hukum Islam, Pengantar Untuk Ushul Fiqih Madzhab Sunni, Terj E Kusnadiningrat (1st ed.). Raja Grafindo Persada.Ibrahim, D. (2008). Metode Penetapan Hukum islam, Membongkar Konsep Istiqra’ Ma’nawi asy-Syatibi. ar-Ruzz.Ishak, K. (2016). Maqosid Syari’Ah Sebagai Dasar Sistem Ekonomi Berkeadilan. Neliti, 2(1), 591–606. www.agustiantocenter.com,Jamaa, L. (2011). Maqashid al-Syari’ah. Dimensi Illahi Dan Dimensi Insani Dalam Maqashid Syari’ah, 45(II), 1253–1268.Krippendorf, K. (2004). Content Analysis: An Introduction to its Methodology. Sage Publication.Mawardi, A. I. (2010). Fiqh Minoritas Fiqh Aqalliyât dan Evolusi Maqā ṣid al- Syarīah Dari Konsep ke Pendekatan. LKiS.Muslimin, M. (2019). Kontribusi Tafsir Maudhu’i dalam Memahami al-Quran. Jurnal Pemikiran Keislaman, 30(1), 75–84. https://doi.org/10.33367/tribakti.v30i1.662Narbuko, Clilid, A. A. (2001). Metodologi Penelitian (II). Bumi Aksara.Nasuka, M. (2017). Maq??Id Syar?’Ah Sebagai Sebagai Dasar Pengembangan Sistem, Praktik, Dan Produk Perbankan Syariah. DIKTUM: Jurnal Syariah Dan Hukum, 15(1), 1–10. https://doi.org/10.35905/diktum.v15i1.421Ratna, N. K. (2010). Metode Penelitian: Kajian Budaya dan Sosio Humaniora Pada Umumnya. Pustaka Pelajar.Rokhmadi, R. (2017). Hukuman Pembunuhan Dalam Hukum Pidana Islam Di Era Modern. At-Taqaddum, 8(2), 150. https://doi.org/10.21580/at.v8i2.1169Rukmana, A. (2019). Kedudukan Akal dalam al-Qur’an dan al-Hadis. Mumtaz: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Keislaman, 1(1), 23–34. https://doi.org/10.36671/mumtaz.v1i1.2Sarwat, A. (2019). Maqoshid Syari’ah. 1–62.Setiyati, R. (2017). ( Tinjauan Studi Penafsiran Tematik Al-quran ). Jurnal Ekonomi, 8, 51–65.Shidiq, G. (2009). Teori Maqashid Al-Syari’Ah Dalam Hukum Islam. Majalah Ilmiah Sultan Agung, 44(118), 117–130.Sodiq, A. (2016). Konsep Kesejahteraan Dalam Islam. Equilibrium, 3(2), 380–405. http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/equilibrium/article/view/1268/1127Suhendi, S. (2013). Pandangan Maqashid Syariah Dalam Mencapai Kesempurnaan Konsepsi Ekonomi Islam. IQTISHADUNA: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 2(2), 559–572. http://journal.uin-alauddin.ac.id/index.php/al-qadau/article/view/637/627Syahril, S. (2019). Metode Studi Islam Komprehensif dan Implikasinya Terhadap Corak Pemikiran Aliran-Aliran dalam Islam. Analisis: Jurnal Studi Keislaman, 19(2).Syufa’at, S. (2013). Implementasi Maqāṣid Al-Sharī’Ah Dalam Hukum Ekonomi Islam. Al-Ahkam, 23(2), 143. https://doi.org/10.21580/ahkam.2013.23.2.20