ANALISIS PENERAPAN MARKETING SYARIAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA PEMASARAN PRODUK (STUDI PADA: SWALAYAN ISMART, PONOROGO)

Authors

  • Muhammad Burhanuddin UNIDA
  • Azidni Rofiqo UNIDA

DOI:

https://doi.org/10.21111/jiep.v3i03.4804

Abstract

Dalam penelitian ini peneliti membahas Analisis penerapan Marketing Syariah dalam meningkatkan kinerja pemasaran produk di Swalayan Ismart. Tujuannya  untuk mengetahui proses marketing syariah yang berada di Swalayan Ismart. Penelitian ini adalah penelitian lapangan. Pengambilan data dengan triangulasi yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Swalayan Ismart dalam pengelolaan dan manajemennya adalah menjadikan marketing syariah sebagai acuan dan pedoman yang dijalankannya. Hal itu diwujudkan dari seluruh kegiatan yang dijalankan didalamnya dan dari beberapa kegiatan kemasyarakatan yang digalang langsung oleh Swalayan Ismart seperti Jum’at berkah, kajian agama dan santunan anak yatim dan lainnya. Setelah dikaji kesesuaiannya dengan marketing syariah, hasilnya sesuai dengan konsep tersebut yang meliputi bauran marketing dan beberapa strategi marketing yang dicontohkan oleh Rasulullah sesuai dengan karakteristik yang ada dalam marteting syariah yang meliputi 4 unsur utama yaitu, Rabbaniyah, Akhlaqiyah, waqi’iyah, dan Insaniyah.Kata Kunci : Marketing Syariah, Marketing Mix,  Nilai Islam

References

Ahmad, Muhtadi, 2010, Peran Lembaga Perekonomian Nahdatul Ulama (LPNU) dalam perkembangan UMKM berbasis syariah, Jurnal Al-Iqtishod, Vol. 2 No.1 Januari.
Al-Qardhawi, Dr. Yusuf, 1990, Madkhal Li Dirasah Al-Syariah Al-Islamiyyah, Kairo: Maktabah.
Alma, Buchari. 2014 Manajemen Bisnis Syariah: Menanamkan Nilai dan Praktik Syariah dalam Bisnis Kontemporer, Bandung: Alfabeta,.
Andika, Ferry, 2012, Analisa Strategi Marketing Gumati Café dalam Meningkatkan Konsumen Menurut Prespektif Islam, Jurnal Ekonomi Islam Al-Infaq, Vol. 3, No. 1, Maret.
Arham, Muhammad, 2010, Islamic Prespective of Marketing, Journal of Islamic Marketing, Vol. 1, No. 2.
Arifin, Johan, 2009, Etika Bisnis Islami, Semarang: Walisongo Press.
Arikunto, Suharsini. 2002 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.
Echol, Jhon M dan Hassan Shadily, 1976, Kamus Inggris-Indonesia, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Fuad, Muhammad, dkk, Pengantar Bisnis, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Ghani, Muhammad Abdul, The Spirituality of Bussines, Jakarta: Pena Pundi Aksara.
Ibrahim, 2015, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: ALFABETA.
Kertajaya, Hermawan dan M. Syakir Sula, 2006, Syariah Marketing, Cet. III; Bandung : Mizan.
Lexi, J. Moelong, 2002, Metodologi Penelitian Kulitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Luntajo, Moh. Muzwir R. Dasar filosofi Marketing Syariah.
Miftah, Ahmad, 2015, Mengenal Marketing dan marketers Syariah, Jurnal Ekonomi Islam, Vol. 6, No. 2, Juli-Desember.
Mubarak, Nurul dan Eriza Yolanda Maldina, 2017, Strategi Pemasaran Islami dalam Meningkatkan Penjualan Pada Butik Calista, I-Economic Vol.3, Juni.
Musa, Sitti Hardianti. 2013, Evaluasi sistem pengendalian manajemen untuk meningkatkan kinerja ,manajaer penjualan, Jurnal EMBA,Vol.1No.4 Desember.
Mu’jam Alfazh Al-Quran Al-Karim, Kairo: Majma’ Al-Lughah Al-‘Arabiyyah, Juz. 2.
Nurhisam, Luqman. 2017, Etika Marketing Syariah, Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, Vol. 4, No. 2, Desember.
Poerwadarminta. 2004, Kamus Umum Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.
Rofiqo, Azidni. Rahmani Timorita Yulianti, Strategi Bersaing Hotel Syari’ah, Pendekatan Manajemen Bisnis Syari’ah: Studi Pada Syari’ah Hotel Solo, Islamic Economics Journal, Volume 5, No. 1, 2019
Rofiqo, Azidni. “Manajemen Pemasaran Hotel Syariah Dengan Pendekatan Maqashid Syariah (Studi Pada Hotel Syariah di Solo)”, AL-INTAJ, Vol.5, No.2, September 2019
Saeed, mohammad, dkk, 2001, International Marketing Ethics from an Islamic Perspective: A Value- Maximization Approach, Journal of business ethics, No.32.
Soerjono, Soekamto. 1986, Pengaruh Penelitian Hukum, Jakarta: UII Press.
Soenjoto, Arie Rachmat, 2011, Startegi Pemasaran Pamella dalam Prespektif Islam, Jurnal Ekonomi Syariah Indonesia, vol. 1, No. 2 Desember.
Sugiyono, 2015, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung : Penerbit Alfabeta, Cetakan ke-22, Desember.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, 2002, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.
Tresnati, Ratih dan Nina Maharani, 2014, Kajian Tentang Strategi Pemasaran Syariah dalam Penguatan Daya Saing UKM Menghadapi AEC 2015 Di Indonesia, SNEB.
Yahya, Muh. Agus, 2017, dkk. Draft Usulan Pendirian PT. ISMART Mulia Sejahtera (IMS), Ponorogo, 1 Februari.
Wawancara dengan bapak Fajrul Aryadi, General Manager Swalayan ISMART Ponorogo 10 September 2019
Wawancara dengan bapak Fajrul Aryadi, General Manager Swalayan ISMART Ponorogo 9 Maret 2019
Wawancara dengan Ibu Mytha, Sekretaris Swalayan ISMART Ponorogo 6 November 2019
Wawancara dengan Ibu Anindyra Sukmaretta Putri Dana, Kepala Toko Swalayan ISMART Ponorogo 11 Maret 2020
Wawancara dengan Ibu Novya Reyna Eksa Anggraiyana, Admin Swalayan ISMART Ponorogo 11 Maret 2020
Wawancara dengan Ibu May Lana Mustika Jannah, Admin Swalayan ISMART Ponorogo 13 Maret 2020

Downloads

Published

2020-08-29

Issue

Section

Articles